Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai oleh Seorang Pengusaha

tiga skill yang harus dimiliki seorang pengusaha-pengusaha muda

Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai oleh Seorang Pengusaha – Seorang pengusaha merupakan tipe orang yang mandiri dan mau bekerja keras untuk kesuksesan bisnis dan perusahaannya.

Selain kemandirian dan kemauan bekerja keras, ada hal lainnya yang perlu dilakukan dan dikuasai oleh seorang pengusaha.

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 3 hal lain yang perlu dikuasai oleh seorang pengusaha untuk mendukung kesuksesan mereka.

Apa saja?

Berikut ini penjelasan selangkapnya.

Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai oleh Seorang Pengusaha

Belajar Berkata Tidak

seorang pengusaha belajar berkata tidak

Setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan peluang yang lebih baik untuk mendukung perkembangan bisnis di masa depan.

Hanya saja, seorang pengusaha baru sering salah menafsirkan hal ini dan menerima terlalu banyak peluang, tanpa memikirkan kemampuan yang dimiliki.

Contohnya seperti ini, Anda menerima terlalu banyak klien baru atau terlalu banyak menerima pesanan produk dari pelanggan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mendapat Pelanggan Setia

Hal yang jarang disadari adalah dengan bertambahnya pesanan atau klien baru, Anda membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dari sebelumnya.

Di sisi yang lain, pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan baru atau klien baru tersebut belum tentu datang secara teratur dan tepat waktu.

Masalah di atas tentu saja akan sangat mempengaruhi arus kas dan keuangan perusahaan Anda. Hal inilah yang mendasari tentang pentingnya berkata tidak dan menolak hal yang tidak bisa Anda lakukan.

Belajar Membangun Hubungan dan Bernegosiasi

seorang pengusaha bernegosiasi

Bisnis yang berkembang dengan baik merupakan perpaduan dari produk atau layanan yang berkualitas dan kepiawaian Anda untuk membangun hubungan dengan banyak orang.

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan berhubungan dengan banyak orang seperti pelanggan, pemasok, dan pihak lain yang berkepentingan.

Baca Juga: Tips Negosiasi yang Efektif

Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pemasok agar bisa mendapatkan kemudahan untuk menerima bahan baku produk.

Atau bisa juga dengan menawarkan diskon kepada pelanggan yang membayar faktur lebih cepat dari tanggal jatuh tempo.

Berkomunikasi Secara Terbuka

seorang pengusaha berkomunikasi secara terbuka

Seorang pengusaha yang cenderung tidak membicarakan masalah yang terjadi di dalam perusahaan kepada karyawan dan orang lain.

Hal ini mereka lakukan karena tidak ingin situasi yang dirasakan saat ini diketahui banyak orang dan membuat perusahaan terlihat rentan dan lemah.

Hal yang harus disadari disini adalah semua bisnis yang beroperasi pasti mengalami volatilitas pada kinerja dan arus kas. Dengan demikian, perubahan kinerja di dalam perusahaan merupakan hal yang wajar terjadi.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengontrol Arus Kas Perusahaan

Lakukan komunikasi secara terbuka dengan karyawan dan orang-orang yang terlibat di dalam perusahaan Anda. Sampaikan situasi dan masalah yang sedang Anda hadapi saat ini kepada mereka.

Keterbukaan yang dilakukan kepada karyawan menunjukkan bahwa Anda percaya dengan mereka.

Selanjutnya, Anda bisa mengajak anggota tim untuk bersama-sama mengatasi masalah tersebut dan mencari solusi terbaik untuk setiap masalah yang ada.

Cara seperti ini jauh lebih baik untuk dilakukan daripada Anda menyembunyikan masalah yang sedang dihadapi.

Jika Anda merasa belum memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, maka mulailah dari sekarang untuk belajar dan melatih keterampilan ini agar menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Strategi untuk Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keterampilan berkomunikasi adalah dengan mengikuti sebuah pelatihan, pendidikan, atau workshop yang tersedia.

Pilihlah pendidikan dan pelatihan yang menawarkan keterampilan yang berkualitas dengan guru yang terbaik. Hal yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk mengikuti pelatihan komunikasi.

Bagaimana jika saat ini Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan?

Jangan khawatir, Anda tetap bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diinginkan dengan bantuan pinjaman dana dari KoinWorks. KoinWorks mempunyai sebuah produk pinjaman dana yang khusus membiayai pendidikan yaitu KoinPintar.

Caranya seperti ini, setelah pengajuan dana pinjaman disetujui, maka KoinWorks akan membayarkan dana pendidikan tersebut secara langsung ke lembaga pendidikan yang akan diikuti.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar pinjaman yang sudah diambil dengan cara mencicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara di atas tentu saja jauh lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Hal yang tidak kalah menarik adalah suku bunga yang ditawarkan sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun saja.

Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, setiap beban dan bunga akan diiformasikan secara transparan dan terbuka kepada Anda. Sehingga jumlah cicilan yang akan dibayarkan setiap bulan tidak akan tiba-tiba bertambah atau adanya tambahan biaya di kemudian hari.

Kemudahan yang ditawarkan oleh KoinWorks tersebut bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah untuk membantu masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.