5 Alasan yang Membuat Seseorang Ragu Terhadap Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya – Ada masa di mana Anda mulai mempertanyakan diri sendiri, apakah telah melakukan sesuatu dengan cukup baik atau apakah telah berhasil dalam melakukan yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Atau bisa berupa keraguan terhadap keputusan yang telah dibuat sebelumnya dan merasa tidak cukup baik untuk melakukan itu. Sikap seperti inilah yang dimaksud sebagai keraguan terhadap diri sendiri.

Baca juga: 4 Rahasia Tentang Cara Orang-Orang Sukses Mengelola Waktu Mereka

Sikap ragu bisa terjadi karena Anda kurang percaya diri dan merasa tidak mampu melakukan hal-hal yang perlu dilakukan. Mereka sering merasa takut saat ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pada pembahasan ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 5 alasan yang membuat banyak orang merasa ragu dan cara mengatasinya.

5 Alasan yang Membuat Seseorang Ragu Terhadap Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya

Pengalaman di Masa Lalu

panik pusing stres - 6 Langkah Mudah Ubah Stres Jadi Uang, Coba Bersama Yuk!

Pengalaman yang pernah dirasakan di masa lalu akan sangat mempengaruhi cara Anda memberikan reaksi. Hal ini terutama saat Anda mendapatkan pengalaman buruk yang memberikan dampak yang sangat berat dalam kehidupan.

Baca juga: 5 Perbedaan Orang Sukses dan Gagal, Anda Memiliki Salah Satu Cirinya?

Hal yang perlu Anda pahami disini adalah masa lalu yang pernah dilalui tidak pernah bisa diubah dan diulangi. Fokuslah pada saat ini dan pencapaian di masa depan yang Anda harapkan akan terwujud.


Pendidikan di Masa Kecil

pendidikan - guru mengajar

Pendidikan yang Anda dapatkan di masa kecil akan memainkan peranan besar dalam membentuk kebiasaan dan kepribadian. Jika orangtua membiasakan bahwa Anda tidak cukup baik akan sesuatu, maka bisa jadi ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri.


Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Bukan hal yang aneh saat ada seseorang membandingkan diri mereka dengan orang lain, sebab manusia hidup penuh dengan persaingan.

Contoh sederhananya adalah saat Anda membandingkan kinerja yang dilakukan dengan kinerja rekan kerja atau membandingkan diri melalui media sosial.

Perbandingan yang dilakukan bisa dengan mudah membuat Anda merasa iri dengan kehidupan orang lain dan berpikir bahwa Anda tidak melakukan hal yang sama besar dengan mereka.

Baca juga: 5 Pikiran Beracun yang Mampu Merusak Kehidupan Anda Sendiri

Boleh saja membandingkan diri sendiri dengan orang lain, namun perbandingan tersebut harus memberikan dampak yang positif kepada Anda.

Misalnya saja, Anda melihat ada yang kurang di dalam diri dan ini harus dijadikan sumber untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Ada Tantangan Baru yang Dihadapi

Manajer yang Buruk - marah - emosi - Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Taktik Negosiasi Ini

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak mampu melakukan sesuatu, ambil sebuah kesempatan untuk belajar. Jangan takut menghadapi tantangan baru yang ada di depan mata, hadapi dan belajarlah jika Anda tidak mengetahui cara melakukannya.

Bukanlah sebuah masalah saat Anda membuat kesalahan dalam proses belajar. Kesalahan yang dilakukan merupakan cara Anda belajar agar bisa menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.


Takut Gagal

Lakukan 6 Langkah Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (3) - 4 Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik Lagi

Rasa takut terhadap kegagalan merupakan alasan selanjutnya yang membuat banyak orang ragu terhadap diri mereka sendiri.

Keberhasilan yang pernah diraih membuat Anda berpikir bahwa itulah yang terbaik yang bisa diberikan dan Anda tidak akan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari itu.

Hal inilah yang salah dan harus diperbaiki, dimana Anda harus bisa mengungguli kesuksesan yang pernah diraih. Saat mampu melakukannya, maka itu artinya Anda bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Belajarlah dari kesuksesan yang pernah diraih. Meskipun Anda mengetahui bisa melakukan sesuatu, namun ada cara lebih baik yang bisa dilakukan.

Teruslah berfokus pada perbaikan diri dan memiliki motivasi yang akan mendorong Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.  

Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan cara membaca buku, mendengarkan podcast, mengikuti seminar, dan mengikuti pelatihan di bidang yang Anda minati.

Namun, bagaimana dengan biaya yang harus dibayarkan?

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah di atas, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan. KoinWorks menawarkan produk pinjaman dana khusus pendidikan yang bernama KoinPintar.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh KoinPintar, salah satunya adalah pinjaman dana dengan suku bunga rendah.

Suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan dalam jangka waktu sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Setiap beban dan bunga yang timbul atas pinjaman akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Teruslah meningkatkan keterampilan dan kapasitas diri!

Jangan pernah ragu dengan apa yang Anda miliki.

 


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.