7 Kiat Ini Bisa Dilakukan untuk Memulai Percakapan yang Efektif – Sebagian besar orang mudah merasa canggung saat mengobrol dengan orang baru untuk yang pertama kalinya.

Mereka merasa bingung untuk mengatakan apa saja selanjutnya dengan orang yang baru saja ditemui.  

Sudah saatnya untuk tidak mengulangi masalah seperti contoh di atas. Ada beberapa kiat yang memungkinkan Anda menjadi sosok pembicara yang lebih baik. Hal tersebut pun bisa Anda mulai dengan percakapan yang efektif. 

7 Kiat Ini Bisa Dilakukan untuk Memulai Percakapan yang Efektif

1Membawa Kenangan yang Pernah Dilakukan Bersama

tips-ampuh-negosiasi-gaji-

Saat bertemu dengan seseorang, jangan hanya bertanya tentang kabar saja. Pertanyaan ini sangat membosankan dan Anda pasti sudah mengetahui jawaban yang akan dilontarkan.

Daripada mengajukan pertanyaan dasar, lebih baik Anda membicarakan tentang hal hebat yang pernah dialami dengan orang tersebut untuk memulai percakapan yang efektif.

Baca juga: 6 Kualitas Pemimpin Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Misalnya saja, Anda membicarakan tentang pengalaman saat berlibur bersama atau mengingat momen lucu yang pernah dilalui bersama.

Mulailah untuk memunculkan memori yang lucu dan menyentuh hati. Cara seperti ini akan membuat orang tersebut lebih terbuka dengan Anda.


2Rasa Ingin Tahu

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut Ini

Salah satu cara terbaik agar orang lain terbuka dengan Anda adalah mengajukan pertanyaan kepada mereka.

Miliki hasrat dan rasa ingin tahu yang besar saat memulai percakapan dengan orang lain.  Hal yang paling penting adalah pastikan Anda mendengarkan dengan seksama selama percakapan agar bisa mengajukan pertanyaan yang relevan.


3Miliki Kehidupan yang Menarik

perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memulai percakapan yang efektif adalah menjalani kehidupan yang luar biasa. Setelah melakukannya, maka Anda akan memiliki banyak cerita yang bisa dibagikan dengan orang lain.

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Karyawan yang Luar Biasa, Mau Mencoba?

Misalnya saja dengan pergi ke tempat asing yang belum pernah didatangi sebelumnya atau bisa dengan memulai bisnis yang Anda impikan selama ini.


4Menjadi Diri Sendiri

perempuan-investasi-berhati-hati-risiko

Hidup ini terlalu singkat untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda yang sebenarnya. Bersikaplah nyaman untuk menjadi orang yang unik dan berbeda. Tidak perlu berpura-pura dan menjadi sosok pribadi yang bukan diri sendiri.


5Mengingat Nama Orang

Jangan Ceritakan Tentang Masalah Pribadi

Salah satu cara termudah yang menunjukkan bahwa Anda peduli dengan seseorang adalah mengingat nama mereka. Orang-orang akan merespon lebih baik, saat menunjukkan bahwa Anda mengingat siapa mereka.


6Meniru Gerakan Lawan Bicara

kerja sama kantor nyaman diskusi - 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-orang Produktif

Salah satu cara untuk membuat orang lain merasa nyaman dalam percakapan adalah meniru gaya dan energi yang mereka miliki.

Misalnya saja, Anda bertemu lawan bicara yang bersemangat, maka Anda juga harus menyesuaikan diri dan meniru semangat yang mereka miliki.


7Menceritakan Kisah Kepada Mereka

sisihkan uang main trik sederhana investasi

Hampir sebagian besar orang tidak mengingat data yang disampaikan, tetapi mereka bisa dengan mudah mengingat kisah hebat yang disampaikan.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan percakapan adalah memastikan bahwa Anda memiliki beberapa kisah yang luar biasa untuk disampaikan dengan lawan bicara.

Hal yang paling penting dari itu semua adalah pastikan Anda bisa menceritakannya dengan hebat dan luar biasa. Kisah yang sederhana bisa menjadi luar biasa, jika Anda mampu menceritakannya dengan baik.

Baca juga: 4 Langkah untuk Mengubah Stres Jadi Kesuksesan yang Luar Biasa

Menerapkan teknik komunikasi seperti contoh di atas akan membuat Anda menjadi sosok pembicara dan teman ngobrol yang luar biasa.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk mencari dukungan dari orang lain atau saat akan membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja.

Selain menerapkan 7 kiat di atas, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan cara yang lain.

Misalnya saja dengan mengikuti kursus atau pelatihan di bidang komunikasi dan public speaking. Kursus yang diikuti akan menjadikan Anda sosok pembicara hebat dan luar biasa.

Namun, bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah tersedia pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa dimanfaatkan. KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Ditambah lagi dengan masa pembayaran yang bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Teruslah melatih keterampilan berbicara Anda dan semoga informasi di atas bermanfaat.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.