5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak! Saat ini masyarakat sudah banyak mendapatkan kemudahan dari perbankan terkait dengan opsi pembayaran yang bisa dilakukan.

Salah satu kemudahan tersebut adalah pembayaran menggunakan kartu kredit. Jika Anda bijak dan cerdas dalam menggunakan kartu kredit, fasilitas ini akan sangat mempermudah Anda melakukan pembayaran.

Baca juga: Mudah! Ini 5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Namun, saat Anda terlena dan berlebihan dalam menggunakan kartu kredit, jangan salahkan orang lain jika Anda terlilit utang di masa depan.

Setidaknya ada 5 kesalahan umum pengguna kartu kredit yang perlu diwaspadai. Pada pembahasan kali ini, akan dipaparkan semua kesalahan ]agar Anda bisa mencegah diri sendiri untuk tidak melakukannya.

5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak!

1. Tidak Membayar Tagihan Tepat Waktu

cara mengatur waktu - waktu produktif

Kesalahan pertama ini merupakan jenis kesalahan yang seringkali dilakukan para pengguna kartu kredit. Pembayaran kartu kredit yang telat akan membebani diri Anda sendiri dengan biaya keterlambatan yang nilainya cukup besar.

Tidak hanya itu saja, keterlambatan dalam membayar utang kartu kredit juga bisa mengurangi nilai kredit yang Anda miliki.

Baca juga: Panduan KoinWorks #11: Tutorial Pembayaran Cicilan Bagi Peminjam di KoinWorks

Apa solusinya? Ya, manfaatkan saja pembayaran otomatis dari bank untuk memastikan bahwa Anda setidaknya membayar jumlah minimum yang terhutang.

Jika perbankan menawarkan fasilitas email pengingat pembayaran, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan fasilitas ini.


2. Lebih Memprioritaskan Pembayaran Pinjaman yang Lain

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang

Inilah dia kesalahan umum pengguna kartu kredit lainnya yang bisa bikin utang membengkak. Banyak juga masyarakat yang cenderung lebih dahulu membayar tagihan lain yang dianggap lebih besar, seperti pinjaman KTA atau yang lainnya.

Akibatnya, keterlambatan membayar kartu kredit menjadi hal yang sangat umum dan sering terjadi.

Mereka tidak menyadari bahwa beban bunga pada kartu kredit sangat besar yang mencapai 2 – 3% dalam satu bulan.

Baca juga: 5 Mitos Tentang Investasi Properti, Jangan Lagi Dipercaya!

Semakin lama Anda menunda pembayaran utang kartu kredit, maka akan semakin besar juga bunga yang akan ditanggung.

Belum lagi dengan pembayaran beban keterlambatan yang menjadi beban tambahan yang harus dibayar.


3. Anda Tidak Peduli dan Tidak Melihat Jumlah yang Ditagihkan Setiap Bulan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Mungkin hal ini tidak banyak dilakukan oleh masyarakat yang memiliki kartu kredit karena alasan bosan dan tidak terlalu suka melihat angka yang ditagihkan.

Baca juga: 6 Strategi Menghemat Uang Saat Makan di Restoran, Makan Enak Tidak Perlu Boros!

Padahal dengan memperhatikan dan melihat jumlah yang ditagihkan setiap bulan, Anda bisa mengidentifikasikan kesalahan tagihan yang tidak seharusnya Anda bayar.

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda memiliki hak untuk menyanggah kesalahan penagihan yang dilakukan oleh merchant atau perbankan.

Hal di atas tidak akan bisa Anda lakukan, jika Anda sendiri tidak peduli dengan jumlah tagihan yang diberikan setiap bulan.

Baca juga: 5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak akan menyadari jika ada seseorang yang mencuri kartu kredit dan membuat pembayaran yang harus dilakukan makin menggunung. Wah, waspada utang membengkak!


4. Anda Mengabaikan Skor Kredit yang Dimiliki

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Sebagai pemegang kartu kredit, Anda juga memiliki hak untuk melihat laporan kredit setidaknya satu tahun sekali.

Jika Anda tidak memanfaatkan fasilitas ini, maka Anda tidak akan pernah mengetahui saat terjadi kesalahan laporan kredit yang merugikan skor kredit Anda.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Bisa Merusak Pernikahan

Solusinya Anda bisa mengawasi skor kredit secara gratis dengan cara memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit Anda.


5. Menutup Akun Kartu Kredit yang Lama

kartu kredit

Saat kartu kredit jarang digunakan dan hanya disimpan di dalam dompet, Anda bisa saja berpikiran untuk segera menutup akun tersebut.

Hal yang jarang Anda sadari adalah penutupan kartu kredit bisa saja secara tidak terduga menurunkan nilai kredit, bahkan saat Anda tidak menggunakannya dalam beberapa bulan.

Baca juga: 5 Biaya Kepemilikan Rumah yang Jarang Disadari Masyarakat, Anggarkan dari Sekarang!

Artinya, penutupan akun kartu kredit akan menurunkan jumlah kredit tersedia yang bisa Anda manfaatkan.

Apalagi jika Anda memiliki riwayat pembayaran kartu kredit tepat waktu yang lama. Pihak pemberi pinjaman biasanya sangat mempertimbangkan riwayat pembayaran positif yang terus berjalan dan hal ini tidak bisa Anda dapatkan saat akun tersebut ditutup.

Mayoritas kesalahan yang kami sampaikan berakibat pada pembayaran tagihan yang lebih besar di masa depan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Hal ini tentu saja akan menguras dan mempengaruhi kesehatan keuangan keluarga Anda. Padahal Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk hal lain yang lebih bermanfaat di masa depan yaitu investasi.

Dengan berinvestasi, uang yang Anda tanamkan ke salah satu instrumen investasi mampu bertumbuh di masa depan.

Hasil investasi yang didapatkan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan atau keperluan seperti liburan bersama keluargamembayar DP rumahmembiayai dana pendidikan anak, juga membeli kendaraan sendiri.

Baca juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya

KoinWorks pun menjadi platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula seperti Anda. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000

Imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Berinvestasi di KoinWorks juga semakin menguntungkan karena Anda bisa mengikuti #invite2invest Referral Contest di mana Anda berkesempatan untuk mendapatkan iPhone X, liburan gratis ke Jepang untuk 2 orang, serta hadiah menarik lainnya yang tak boleh dilewatkan. Keterangan lengkap, silakan rujuk di bawah ini.

#invite2invest KoinWorks Referral Contest: Undang Banyak, Menang Banyak, Untung pun Banyak

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.