Mudah! Ini 5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan – Biaya tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran rumah tangga terbesar yang menjadi beban setiap bulannya.

Jika Anda bisa berhemat dan menekan biaya listrik setiap bulan, artinya ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Tidak sulit untuk menekan pengeluaran listrik jika Anda mengetahui caranya.

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan penghematan listrik.

Mudah! Ini 5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

1. Beralih ke Tenaga Surya

cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan

Cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan yang pertama adalah dengan beralik ke tenaga surya. Cara yang satu ini merupakan langkah paling efektif untuk menurunkan biaya tagihan listrik, tetapi masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya.

Baca juga: 7 Ilmu Bisnis dari McDonald yang Bisa Anda Pelajari

Memang saat akan menggunakan tenaga matahari, Anda memerlukan panel surya yang membutuhkan biaya cukup mahal untuk membuatnya.

Meskipun biaya yang harus dikeluarkan di awal cukup mahal, Anda akan merasakan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.


2. Manfaatkan Lampu LED

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Jika saat ini Anda masih menggunakan bola lampu pijar di dalam rumah, maka segeralah beralih untuk menggunakan lampu LED.

Hal ini perlu dilakukan karena LED merupakan pilihan terbaik untuk menerangi rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.


3. Turunkan Konsumsi Pendingin Ruangan atau AC

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Ya, ini adalah salah satu cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan. Pendingin ruangan banyak digunakan masyarakat yang tinggal di iklim panas atau iklim tropis. Hal tersebut mereka lakukan untuk membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Padahal AC yang digunakan tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat  biaya listrik bulanan menjadi membengkak.

Baca Juga: Agar Pengelolaan Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Jangan terlalu sering menggunakan pendingin ruangan, sebab tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar.

Untuk opsi yang lebih hemat biaya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kipas angin, saat cuaca di luar rumah sangat panas.


4. Matikan Listrik Saat Anda Tidak Menggunakannya

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Pasti Anda tidak menyadari dan sering tidak mencabut peralatan elektronik dari sumber listrik, saat sedang tidak digunakan.

Beberapa peralatan elektronik yang biasanya dibiarkan tersambung pada sumber listrik dan tidak digunakan adalah TV, komputer, DVD Player, Xbox, dan oven.

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Tahukah Anda bahwa peralatan elektronik yang masih tersambung pada sumber listrik akan tetap menggunakan daya dan membebani biaya listrik, meskipun Anda tidak sedang menggunakannya.

Biasakan diri Anda dan keluarga untuk segera mencabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dari sumber listrik. Hal yang perlu diprioritaskan adalah pada saat Anda akan pergi keluar dalam waktu yang cukup lama.

Membiasakan hal sederhana ini terbukti mampu menghemat biaya listrik yang perlu Anda keluarkan setiap bulan.

Baca juga: 5 Biaya Kepemilikan Rumah yang Jarang Disadari Masyarakat, Anggarkan dari Sekarang!

Saat pengeluaran untuk biaya listrik menurun, artinya akan ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lain.

Misalnya saja, Anda bisa menyisihkan dana untuk diinvestasikan ke instrumen investasi yang mampu memberikan tingkat imbal hasil yang kompetitif. Bingung mau berinvestasi ke mana?

Nah, KoinWorks merupakan platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula seperti Anda. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Meski modal untuk memulai investasi sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Dengan modal investasi yang rendah, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda berinvestasi dan mulai mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik.

Melalui investasi, Anda bisa mencapai berbagai tujuan keuangan. Sebagai contoh, liburan bersama keluargamembayar DP rumahmembiayai dana pendidikan anakmembeli kendaraan untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Bahkan berinvestasi di KoinWorks juga semakin menguntungkan karena bisa mengikuti #invite2invest Referral Contest di mana Anda dan pasangan berkesempatan untuk mendapatkan iPhone X, liburan gratis ke Singapura dan Jepang untuk 2 orang, serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

Caranya gampang sekali. Setelah mendaftar sebagai investor di KoinWorks, undang rekan/keluarga Anda untuk menjadi investor dengan membagikan Kode Referral pada dashboard Anda.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Jika Anda berhasil mengundang 3 Active Referral yang berinvestasi sebesar Rp1 juta saja, Anda bisa mendapatkan Rp300 ribu di Kas Anda. Keterangan lengkap, silakan rujuk artikel berikut ini.

Bagaimana sangat menarik sekali bukan?


5. Ganti Peralatan Elektronik yang Sudah Tua

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Salah satu sumber pemborosan listrik terbesar yang tidak Anda sadari adalah penggunaan peralatan elektronik tua yang membutuhkan banyak sumber energi.

Salah satunya adalah dengan mengganti lemari es tua ke lemari es yang lebih baru untuk menghemat lebih banyak daya saat digunakan.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Tidak hanya lemari es saja, Anda juga perlu mengganti peralatan elektronik tua lain ke peralatan yang lebih baru untuk mendapatkan penghematan daya listrik.

Beberapa peralatan elektronik yang perlu Anda pertimbangkan untuk diganti adalah TV, lemari es, AC, komputer, dan lain sebagainya.

Saat mengganti peralatan elektronik ke produk yang lebih baru, Anda tidak hanya bisa menghemat biaya listrik, tetapi juga bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang lebih baik saat digunakan.

Baca juga: 5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

Jangan mempertahankan peralatan elektronik tua karena alasan sayang membuangnya. Anda bisa menjual peralatan elektronik tersebut ke toko barang bekas dan selanjutnya tambahkan sedikit uang untuk mendapatkan peralatan elektronik yang lebih baik.

Cara seperti ini terbukti mampu menghemat lebih banyak uang saat akan mendapatkan peralatan elektronik baru.

Nah, itulah dia 5 cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan. Yuk, hemat biaya listrik mulai saat ini! Jangan jadikan tagihan bulanan Anda membengkak karena ketidakmampuan menghemat penggunaan listrik di rumah.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengembangkan Investasi dan Nilai Kekayaan Bersih di Masa Depan

Lima cara di atas kami berikan untuk memberikan solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.