5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru – Saat ini keberadaan smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang dimanfaatkan masyarakat untuk memudahkan kehidupan mereka.

Tidak hanya untuk menelpon dan berkirim pesan saja, lewat smartphone Anda bisa menggunakannya sebagai peta, kamera yang bisa dibawa dengan mudah, mencari informasi dengan cepat melalui browser, dan lain sebagainya.

Dengan adanya manfaat di atas, maka tidak heran permintaan smartphone di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan saat diluncurkan produk baru yang dijual dan produk tersebut langsung habis terjual hanya dalam hitungan detik saja pada event flash sale.

Jangan gegabah dan terburu-buru saat akan membeli smartphone baru yang akan digunakan. Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan saat akan membeli smartphone baru.

5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru

1. Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Smartphone Flagship?

 

Smartphone flagship merupakan produk yang diunggulkan sebuah produsen karena memiliki fitur dan kualitas yang terbaik dibandingkan beberapa produk yang mereka jual.

Untuk mendapatkan smartphone dengan tipe ini, setidaknya Anda harus merogoh kocek sekitar 10 Juta rupiah untuk mendapatkan 1 unitnya.

Pikirkan sekali lagi, apakah Anda benar-benar membutuhkan smartphone tersebut?

Sebab, banyak sekali masyarakat yang membeli smartphone flagship, tetapi hanya menggunakan fitur sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan oleh smartphone dengan harga Rp3 jutaan saja.

Jika hal ini yang terjadi, maka pertimbangkan untuk memilih smartphone dengan harga yang lebih murah saja. Anda bisa menghemat jutaan rupiah untuk digunakan ke berbagai hal lain yang lebih bermanfaat.


2. Apa Fitur yang Anda Butuhkan?

headset - headphone - aksesoris handphone

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru, pikirkan apa yang benar-benar Anda perlukan dari smartphone tersebut. Apakah Anda membutuhkan daya tahan baterai, kualitas kamera, atau fitur lainnya.

Hal di atas sangat penting untuk Anda lakukan karena banyak sekali masyarakat yang membeli smartphone hanya karena gengsi. Sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan fitur-fitur yang ada di dalamnya.


3. Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Ponsel?

internet teknologi smartphone

Jika Anda menggunakan smartphone hanya untuk panggilan suara dan mengirim pesan teks, maka sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkan sebuah smartphone.

Lebih baik Anda menjatuhkan pilihan dan membeli handphone dengan fitur sederhana yang bisa didapatkan hanya dengan 500 ribu rupiah saja untuk 1 unitnya.

Penghematan uang yang Anda dapatkan dari membeli smartphone yang sederhana bisa dialokasikan untuk investasi saja. Saat ini sudah banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dimulai hanya dengan modal  Rp 100.000 saja.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba  KoinWorks yang merupakan salah satu instrumen investasi peer-to-peer lending yang bisa dimulai hanya dengan uang minimal Rp 100.000 saja. Tingkat imbal hasil yang akan didapatkan juga sangatlah kompetitif yaitu mulai dari 18% per tahunnya.

Tertarik mencobanya?


4. Tahu Kapan Harus Membeli

telepon gratis - menelepon gratis

Jangan membeli smartphone pada saat produk tersebut baru dirilis di pasaran, sebab Anda akan membayar harga yang sangat tinggi untuk mendapatkannya. Tahan diri Anda untuk tidak mudah tergoda membeli produk pada awal perilisan.

Sebaiknya, Anda menunggu beberapa bulan sejak smartphone tersebut dirilis. Biasanya harga smartphone tersebut akan mengalami penurunan harga dan lebih terjangkau untuk didapatkan.

Waktu ideal yang kami sarankan adalah menunggu sekitar 6 bulan sejak smartphone tersebut dikeluarkan dan dijual di pasaran.


5. Smartphone dengan Tahun Tua Bukan Berarti Performanya Tidak Optimal

contact - nomor hp - nomor telepon - kontak

Banyak orang yang membeli smartphone baru dengan tujuan untuk mendapatkan performa dan pengalaman penggunaan yang baik. Padahal smartphone keluaran tahun yang lebih lawas terbukti masih mampu memiliki performa yang akan mendukung penggunaan sehari-hari.  

Tidak ada salahnya untuk membeli unit smartphone yang keluar pada 1-2 tahun yang lalu untuk digunakan. Pada rentang tahun tersebut masih banyak produsen smartphone yang mengeluarkan produk dan menjualnya di pasaran.

Mengapa kami menyarankan 5 hal di atas?

Jawabannya sangat sederhana, yaitu untuk membantu Anda membeli smartphone dengan bijak dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan smartphone merupakan perangkat elektronik yang nilai jualnya pasti akan menurun di masa depan.

Dengan demikian tidak seharusnya Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli smartphone yang tidak akan menambah kekayaan bersih di masa depan.

Membeli apa yang dibutuhkan dan tidak terlalu memikirkan gengsi adalah beberapa kunci yang perlu Anda tanamkan, saat akan membeli perangkat smartphone baru.

Artinya jika ada smartphone dengan harga Rp3 jutaan yang sesuai dengan kebutuhan, maka untuk apa membeli smartphone flagship berharga Rp10 jutaan.

Penghematan yang Anda lakukan saat membeli smartphone bisa digunakan untuk berbagai hal lain yang terbukti lebih membawa manfaat di masa depan. Salah satunya adalah dengan menginvestasikannya ke instrumen investasi seperti KoinWorks.

Dengan potensi imbal hasil yang mencapai 18% dalam setahun, KoinWorks bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Dengan berinvestasi, Anda bisa menggunakan hasil investasinya untuk membiayai pernikahan, membayar DP rumah, dana pendidikan anak, bahkan dana untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Cerdaslah dalam melakukan pembelian!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.