5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Bayar Tagihan Anti Telat? Simak Strateginya Berikut Ini!

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif – Pinjaman online berhak dilakukan oleh siapapun dan untuk kebutuhan apapun. Alangkah lebih baiknya, kebutuhan tersebut bersifat produktif, seperti bisnis atau pendidikan.

Sudah banyak platform fintech yang menyediakan jasa pinjaman online. Masing-masing platform tersebut memiliki bunga pinjaman yang berbeda-beda, tergantung platform seperti apa yang Anda pilih.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan pinjaman online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal tentang bagaimana cara menghindari pinjaman online yang konsumtif di era globalisasi ini.


5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Membuat Daftar Anggaran Bulanan

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Pastikan untuk mengatur anggaran pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan membuat rencana anggaran bulanan, Anda akan lebih mudah mengawasi biaya-biaya apa saja yang Anda keluarkan.

Cobalah untuk meminimalisir budget yang sekiranya berlebihan. Anda bisa mengurangi biaya konsumtif yang menurut Anda kurang penting dan tidak mendesak.


Menjalankan Pola Hidup Hemat

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Anda hemat bukan berarti Anda pelit. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya-biaya yang ada di dalam daftar anggaran yang telah Anda rencanakan.

Usahakan pemasukan dari pinjaman online, Anda gunakan untuk kebutuhan-kebutuhan utama Anda, bukan digunakan untuk kebutuhan konsumtif yang tidak masuk di dalam skala prioritas Anda.


Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang KonsumtifIni adalah poin paling penting di antara yang lainnya. Anda harus mampu membedakan mana yang termasuk keinginan dan mana yang termasuk kebutuhan. Maka Anda akan bisa menghindari dari pinjaman online yang konsumtif.

Baca juga: Prinsip Menabung Ini Perlu Ditekankan Untuk Generasi Milenial

Atur skala prioritas kebutuhan dan keinginan Anda. Selain itu, kurangi (kalau perlu, hilangkan saja) pengeluaran yang berbunyi ‘pemborosan’ dan ‘tidak penting’ bagi Anda.


Komitmen Membayar Pinjaman Online

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Sebelum melakukan pinjaman online, Anda harus meyakinkan diri terlebih dahulu apakah Anda siap membayar pengembalian dana di kemudian hari ketika sudah jatuh tempo atau tidak.

Komitmen itu penting adanya. Jika dari awal Anda sudah ada niat dan merasa yakin bahwa Anda tidak akan menyalahgunakan kebutuhan, Anda akan bisa menahan diri untuk tidak bersikap konsumtif.


Jangan Mudah Terpengaruh Orang Lain

5 Cara Menghindari Pinjaman Online yang Konsumtif

Berteman boleh dengan siapa saja, namun Anda harus tetap bisa membatasi diri dari sikap hedonisme teman-teman di sekeliling Anda. Jangan sampai Anda terpengaruh oleh mereka yang sangat konsumtif.

Anda juga harus lebih fokus dan selalu ingat bahwa Anda memiliki cicilan pinjaman online yang harus Anda lunasi saat jatuh tempo.


Terakhir, Anda perlu memilih platform pinjaman online yang tidak mendukung Anda untuk berperilaku konsumtif. Salah satunya, Anda bisa meminjam dana di KoinWorks.

Apa itu KoinWorks?

KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani pendanaan online P2P Lending yang menghubungkan pendana dengan peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir.

Anda dapat mengajukan pinjaman untuk keperluan bisnis dan juga untuk keperluan pendidikan.

Bagi Pinjaman KoinBisnis Anda bisa meminjam mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Sedangkan jika Anda ingin meminjam KoinPintar untuk pendidikan, bunga yang ditawarkan yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Selain itu, pinjaman yang telah Anda ambil juga bisa dibayar dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Yuk, ajukan sekarang!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.