Prinsip Menabung Ini Perlu Ditekankan Untuk Generasi Milenial – Kata orang menabung itu sulit karena banyaknya kebutuhan yang perlu dipenuhi, hingga akhirnya tidak ada budget untuk menabung.

Sebenarnya apa sih yang membuat orang dewasa malas menabung? Khususnya generasi milenial yang mengaku bahwa jumlah kebutuhan tidak seimbang dengan pemasukan yang didapat.

Baca juga: 5 Film yang Bisa Buat Anda Bersemangat Raih Cita-cita

Mungkin Anda perlu menekankan prinsip menabung untuk generasi milenial berikut ini. Simak ya!


Prinsip Menabung Ini Perlu Ditekankan Untuk Generasi Milenial

1Sisihkan 20% dari Gaji Anda

upah karyawan-perhitungan-BPJS-kesehatan-iuran

Pastikan Anda menyisihkan sebagian gaji Anda setiap bulannya untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Pukul rata 20% dari penghasilan, Anda alokasikan untuk tabungan atau pendanaan yang berguna di masa depan.

Namun, jika Anda merasa 20% tidak sesuai dengan kebutuhan yang harus Anda penuhi, Anda bisa menguranginya dan juga menambahkannya.

Porsi tersebut tidak mutlak, tetap harus menyesuaikan dengan penghasilan yang Anda dapatkan.


2Menabung di Awal Bulan

fenomena setelah gajian

Jangan abaikan prinsip menabung berikut ini. Menabung di awal bulan merupakan tindakan yang paling tepat, mengingat penghasilan biasanya didapatkan pada akhir atau awal bulan.

Dengan menetapkan budget khusus di awal bulan untuk dialokasikan ke tabungan, uang Anda tidak akan terpakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak berguna.

Sederhananya, setelah mendapat gaji, Anda bisa langsung memotongnya. Jangan sampai ditunda ya!


3Disiplin dan Konsisten

big bad wolf jakarta 2018 - mengalokasikan gaji untuk hobi

Bisa dikatakan, prinsip menabung yang satu ini adalah harga mati alias tidak bisa ditawar. Anda harus bisa menabung secara rutin dan konsisten setiap bulannya. Hal ini membuat target Anda cepat tercapai.

Biasanya, generasi milenial mengalami kesulitan untuk mempertahankan konsistensi menabung. Jangan sampai Anda semangat di awal, lalu mulai merasa ‘malas’ di bulan-bulan berikutnya.


4Pilih Media yang Tepat

investasi sebagai sumber pendapatan utama-traveling gaji pas-pasan

Ini prinsip menabung yang paling penting. Usahakan Anda memilih media yang tepat untuk menabung. Pertimbangkan segala hal seperti keuntungan dan kelebihan dari menabung di media tersebut.

Kini, media online menjadi salah satu pilihan generasi milenial untuk menabung jangka panjang.

Tabungan pendanaan seringkali dipilih untuk kebutuhan di masa mendatang. Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga akan tertarik mengikuti jejak ini.

Mau tahu apa medianya?

Benar sekali, KoinWorks bisa menjadi alternatif investasi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat jangka panjang. Dengan minimal Rp100.000, Anda sudah bisa melakukan pendanaan.

KoinWorks sendiri menyediakan investasi alternatif Peer-to-Peer Lending (P2P) yang merupakan sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi Pendana di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu investor atau pelaku bisnis dengan hasil imbal mulai dari 18% hingga 21,32% per tahun.

Cukup daftar di website KoinWorks, atau download aplikasi KoinWorks untuk memudahkan proses pendanaan Anda.

Selamat mencoba!



Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.