Home » Blog » Gaya Hidup » 4 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Tidak Kalap

4 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Tidak Kalap

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! (5) - Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian - 4 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Tidak Kalap

4 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Tidak Kalap – Tak dimungkiri, 12 Desember menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang, terutama masyarakat Indonesia. Pasalnya, 12 Desember ditetapkan sebagai puncak Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas.

Ini merupakan ajang di mana ratusan e-commerce berlomba-lomba untuk menyuguhkan berbagai promo menarik. Mulai dari cashback, potongan harga, produk gratis, atau free ongkir!

Produk yang dijual pun bermacam-macam. Mulai dari baju, celana, tas, sepatu, makanan, pernak-pernik, gadget, dan masih banyak lagi. Sudahkah Anda berpartisipasi dalam Harbolnas?

Berikut ini ada 4 tips belanja hemat saat Harbolnas biar tidak kalap.

4 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Tidak Kalap

Ketahui barang apa yang ingin Anda beli

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Sebelum mengikuti Harbolnas, ada baiknya Anda mengetahui barang apa saja yang ingin Anda beli. Buatlah daftar prioritas. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli gadget baru di salah satu e-commerce yang menawarkan free ongkir.

Baca juga: Membeli Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung?

Namun, e-commerce tersebut secara otomatis merekomendasikan Anda beberapa pilihan menarik lain untuk dibeli. Mulai dari earphone, casing, pop socket, dan sebagainya.

Karena Anda merasa, “Toh, ongkirnya gratis ini. Lebih baik beli semuanya sekalian”, maka Anda pun juga membeli berbagai aksesoris yang ditampilkan.

Ketika hendak check out, barulah Anda sadar bahwa pengeluaran membludak lantaran membeli barang-barang lain yang sebenarnya apabila tidak beli, ya tidak apa-apa.


Cari tahu soal syarat dan ketentuan promo

Masing-masing toko online di e-commerce memiliki syarat dan ketentuannya sendiri saat Harbolnas. Misalkan, diskon hanya berlaku untuk produk tertentu saja. Atau, jika ingin mendapatkan gratis ongkir, Anda harus berbelanja dengan minimal pembelian tertentu.

Maka dari itu, cermati soal syarat dan ketentuan promo agar Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik saat Harbolnas!


Riset harga

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Jangan langsung happy ketika melihat produk yang Anda incar hargannya murah bukan kepalang.

Coba cek lagi, siapa tahu toko tersebut menaikkan harga tinggi sekali, lalu memberikan diskon banyak, seolah-olah produk yang diincar memang jadi jauh lebih murah dari harga aslinya.

Coba untuk membandingkan harga antara e-commerce yang satu dengan yang lain. Apabila harganya memang tidak jauh berbeda, bisa jadi harga diskon tersebut memang harga terbaik.


Alokasikan anggaran khusus untuk Harbolnas

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Agar arus kas keuangan Anda tidak terganggu, Anda bisa mengalokasikan anggaran khusus untuk Harbolnas. Misalnya, Anda hanya akan menggunakan 10% pendapatan Anda untuk belanja hemat saat Harbolnas.

Anda juga bisa memanfaatkan uang dari sumber pendapatan sekunder. Entah itu pendapatan dari bekerja sampingan, bonus dari kantor, atau bisa juga dari imbal hasil atas investasi online P2P Lending.

Tahukah Anda, berinvestasi di P2P Lending bisa menjadi pemasukan tambahan, di mana Anda tidak perlu bekerja mati-matian demi melipatgandakan uang yang dimiliki.

Baca juga: Dapatkan Passive Income dengan Pendanaan Online P2P Lending

Dengan memanfaatkan teknologi dan machine learning yang dimiliki, Anda bisa meraup keuntungan mulai dari 21.32% per tahun.

Hanya dengan modal awal Rp100.000 saja, Anda sudah bisa mulai mendanai dan mendanai berbagai pinjaman dari UKM-UKM Indonesia.

Jangan lupa, pilihlah perusahaan investasi online P2P Lending yang terpercaya, seperti KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Nah, dengan adanya sumber pendapatan tersebut, Anda pun bisa membeli berbagai produk yang Anda incar di Harbolnas ini. Tertarik untuk mencoba?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​