8 Mitos Tentang Orang Kaya, Jangan Mudah Percaya – Orang kaya seringkali dipersepsikan oleh masyarakat sebagai orang yang bisa dengan mudah memboroskan uang, tidak perlu memiliki anggaran keuangan untuk membeli sesuatu, atau kekayaan mereka berasal dari turun temurun.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki persepsi demikian, maka Anda salah besar.

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang berbagai persepsi yang salah atau mitos tentang orang kaya.

Apa saja?

8 Mitos Tentang Orang Kaya

1. Orang Kaya Pasti Memiliki Rumah

aset rumah properti - Rumah Sebagai Tempat Usaha

Gambar: Freepik

Dengan pendapatan yang sangat besar tentu mudah bagi para pengusaha atau selebritis dunia untuk membeli rumah yang mereka inginkan.

Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak, Anda Pasti Bisa!

Namun, ada sebagian selebriti seperti Diane Keaton dan Meg Ryan yang lebih memilih untuk membayar sewa tempat tinggal.

Mereka lebih memilih untuk menyewa tempat tinggal karena pekerjaan mereka yang mengharuskan berpindah tempat tinggal secara teratur.

Saat kondisi seperti ini terjadi, maka sewa tempat tinggal menjadi pilihan terbaik dibandingkan harus membeli rumah di tempat tertentu.


2. Mereka Tidak Membutuhkan Ahli Keuangan

arus kas - keuangan bisnis - cashflow perusahaan

Saat anggaran keuangan yang dimiliki tidak terlalu rumit, bisa saja Anda mengelola keuangan sendiri tanpa perlu adanya ahli keuangan yang mendampingi.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Hal ini tentu saja berbeda dengan para pengusaha atau wirausahawan yang bersedia membayar penasihat keuangan untuk memastikan uang yang mereka miliki dialokasikan dengan benar.

Bahkan, Mark Zuckerburg yang merupakan pendiri Facebook menggunakan jasa penasihat keuangan untuk mendapatkan saran keuangan terbaik.


3. Mereka Memiliki Kredit yang Sempurna

rencana keuangan - keuangan keluarga tidak sehat

Skor kredit dimanfaatkan untuk menilai apakah seseorang mampu membayar kembali apa yang sudah dipinjam dengan tepat waktu.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulanan, Terapkan dan Dapatkan Lebih Banyak Dana Untuk Disimpan

Saat seseorang memiliki skor kredit yang buruk, maka hal ini akan berpengaruh terhadap penurunan nilai kredit dan suku bunga pinjaman yang akan diterima akan meningkat saat meminjam di masa depan.

Tidak semua orang kaya pandai mengelola keuangan mereka!

Lindsay Lohan pernah dilaporkan berhutang sebesar USD 600.000 yang membutuhkan pembayaran minimal USD 15.000 setiap bulannya. Utang kartu kredit yang ia miliki disebabkan oleh keputusan belanja yang tidak tepat dan boros.


4. Orang Kaya Senang Berfoya-foya!

pamer - Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja

Saat semakin banyak uang yang dihasilkan, maka semakin tinggi juga kemampuan seseorang untuk membeli barang-barang mewah dan memboroskan uang.

Baca Juga: 8 Jebakan Toko Swalayan yang Membuat Anda Menghabiskan Lebih Banyak Uang, Patut Diwaspadai

Tidak sulit bagi orang-orang kaya untuk membeli berbagai barang-barang mewah seperti mobil keluaran terbaru, jet pribadi, bahkan pulau pribadi.

Benarkah orang kaya pemboros? Tidak!

Anda bisa melihat Mark Zuckerburg yang senantiasa menggunakan kaos abu-abu yang menjadi ciri khasnya.

Atau Warren Buffet yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan penghasilan rata-rata USD 37 Juta setiap harinya yang memilih tetap tinggal di rumah yang ia beli pada tahun 1958 seharga USD 31.500.


5. Orang Kaya Tidak Memiliki Hutang

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang

Tidak peduli seberapa besar penghasilan yang didapatkan, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengelola uang, maka hutang yang besar pasti menjerat.

Baca Juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Kita ambil contoh Mike Tyson yang memiliki kekayaan mencapai USD 300 Juta, namun hutang yang dimilikinya mencapai USD 38 Juta pada tahun 2004 yang lalu.

Sebaliknya, jika saat ini Anda memiliki penghasilan yang rendah, namun mampu mengelola penghasilan tersebut dengan bijak, maka bukan tidak mungkin Anda mampu menjadi salah satu orang kaya selanjutnya.

Cukup sisihkan sebagian kecil dari pendapatan untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi yang bisa membuat uang tersebut terus tumbuh.

Anda bisa berinvestasi di KoinWorks hanya dengan modal minimal Rp 100.000 saja. Potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mulai dari 18% bunga efektif dalam setahun.

Berinvestasi tidak harus menunggu kaya!


6. Mereka Berasal Dari Keluarga Kaya

anak - keluarga - menabung

Tidak semua orang kaya berasal dari keturunan orang kaya, sebab banyak dari mereka yang berusaha keras berjuang mulai dari nol untuk mendapatkan kekayaan seperti saat ini.

Salah satu contohnya adalah Howard Schultz yang merupakan CEO Starbucks yang dibesarkan di perumahan orang miskin di Brooklyn.


7. Orang Kaya Tidak Pernah Bangkrut

Tips Mengatur Modal Usaha agar Tidak Bangkrut - perusahaan besar yang bangkrut

Orang kaya bukan mereka yang tidak pernah mengalami kegagalan, tetapi mereka yang mampu bangkit dan kembali berjuang saat kegagalan menghampiri.

Ada banyak sekali orang-orang terkaya yang pernah merasakan kebangkrutan seperti Henry Ford, Walt Disney, H.J. Heinz, dan Donald Trump.


8. Orang Kaya Tidak Memerlukan Anggaran

Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan - mematuhi anggaran keuangan

Berkat jumlah kekayaan yang tidak terbatas, Anda mungkin berpikiran bahwa orang-orang kaya tidak perlu menganggarkan keuangan yang mereka miliki.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Anda salah jika menilai demikian, sebab orang-orang kaya yang mampu mendapatkan apa yang mereka miliki saat ini, karena kemampuan mereka mengelola keuangan melalui anggaran yang dibuat.

Mereka sangat sadar, tanpa adanya kemampuan mengelola keuangan dengan benar, mereka tidak akan berada dalam posisi yang saat ini didapatkannya.


Kesimpulan

Banyak orang yang salah persepsi terhadap orang-orang kaya dan menganggap bahwa orang kaya sangat pemboros, tidak suka berhemat, mendapatkan kekayaan dari orang tua, dan tidak memiliki hutang sama sekali.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Orang kaya merupakan orang yang mampu mengelola keuangan yang mereka miliki, sehingga ia mampu mendapatkan kekayaan sampai saat ini.

Meskipun ada juga sebagian orang kaya yang tidak mampu mengelola keuangannya dengan benar, sehingga banyak berhutang dan memiliki catatan kredit yang sangat buruk.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


  • 21
    Shares
There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.