Strategi Pemasaran 4P dan Pentingnya untuk Bisnis

·
4 menit
Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P dan Pentingnya untuk Bisnis – Membuat perencanaan yang matang ketika ingin membangun sebuah bisnis adalah hal yang paling wajib dilakukan.

Perencanaan yang kurang matang dapat menjadi bumerang bagi bisnis, dan salah satu hal yang wajib dibuatkan perencanaannya adalah strategi pemasaran.

Sebagus apapun produk yang kamu miliki, tapi kalau kamu tidak pandai dalam mengatur strategi pemasaran maka bisnis kamu bisa saja gagal.

Terapkan strategi pemasaran 4P agar bisnis berjalan dengan baik.


1. Asal Mula Strategi Pemasaran 4P

Pernahkah kamu mendengar tentang gagasan bauran pemasaran?

Jika pernah, Neil Borden merupakan sosok dibalik gagasan tersebut.

Neil Borden mendefinisikan bahwa eksekutif pemasaran sebagai seseorang yang memadukan bahan-bahan untuk membuat resep yang tepat untk memasarkan sebuah produk.

Dari gagasan yang diungkapkan oleh Neil Borden, akhirnya McCarthy merangkumnya menjadi sebuah konsep strategi pemasaran 4P yaitu Produk, Price (Harga), Promosi, dan Place (Tempat).

Jadi, apabila kamu memiliki sebuah bisnis maka 4P menjadi hal yang wajib kamu pertimbangkan dalam melancarkan strategi pemasaran produk.


2. Produk

Sebelum melakukan proses pemasaran tentunya kamu harus memiliki sebuah produk, dan produk yang dimaksud disini adalah produk yang berwujud dan tidak berwujud seperti produk jasa.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada produk diantaranya kualitas, rancangan, fitur, merk, variasi produk, logo, pengemasan dan lain sebagainya.

Kamu harus mampu untuk mempertimbangkan produkmu dari berbagai aspek sehingga bisa menjangkau target yang sesuai dengan yang sudah kamu rencanakan.

Selain itu, kamu juga bisa meminta pendapat kepada calon konsumen terkait produk yang akan kamu jual misalnya saja dengan menyebarkan kuisioner atau membagikan produk sample.

Pada intinya, kamu harus memastikan bahwa produkmu akan mampu bersaing dengan para pendahulunya ketika nanti dilepas ke pasaran.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Logo Halal


3. Price (Harga)

Menentukan harga produk sebenarnya tidak begitu mudah, karena hal ini merupakan suatu hal yang sangat menjadi pertimbangan ketika orang ingin membeli suatu barang.

Kamu harus dapat menyesuaikan harga jual dengan kualitas produk yang kamu tawarkan, selain itu kamu juga harus menyesuaikan harga berdasarkan harga pasaran dari target pasarmu.

Misalnya saja, target pasarmu merupakan golongan menengah berarti kamu tidak bisa memberikan harga yang terlampau mahal dan juga tidak bisa memberikan harga yang terlalu murah.

Apabila harga terlalu mahal maka pasti mereka akan enggan membeli produkmu, tapi jika harga terlalu murah juga pastinya mereka akan meragukan kualitas dari produkmu.

Strategi penetapan harga pada produk harus selaras dengan target pasar dan keuntungan yang kamu tawarkan dari produk kamu.

Strategi pemasaran yang berkaitan dengan harga juga bisa kamu terapkan ketika masa promosi, misalnya saja dengan memberikan potongan harga ketika kamu baru merilis sebuah produk.

Tentunya hal ini ini akan menarik lebih banyak konsumen, bukan?


4. Promosi

Siapa sih yang tidak suka dengan harga promosi?

Kalau kamu sebagai konsumen saja suka dengan kata promosi, makanya sebagai pebisnis kamu juga harus sering memberikan promosi untuk menarik lebih banyak konsumen.

Tujuan dari strategi pemasaran promosi ini adalah untuk memberi tahu calon pelanggan tentang keberadaan produk kamu dan juga upaya untuk meyakinkan mereka agar membeli produk kamu.

Strategi promosi sangat beragam bentuknya, ada yang memberikan potongan harga, ada juga promosi beli 1 gratis 1 ataupun ada yang memberikan potongan harga pada barang ke dua yang dibeli.

Dari sekian banyak strategi promosi yang ada, kamu bisa mencari strategi yang paling cocok untuk bisnis kamu.

Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu supaya strategi promosi yang kamu jalankan bisa tepat sasaran.

Kamu juga bisa mempromosikan produk kamu melalui berbagai platform seperti melalui media sosial, iklan, promosi ke teman dan lain sebagainya.

Intinya, manfaatkan semua platform yang ada untuk mempromosikan produk kamu agar produk kamu cepat dikenal oleh masyarakat.


5. Place (Tempat)

Unsur strategi pemasaran 4P yang berikutnya adalah Place atau tempat.

Pentingnya sebuah tempat usaha juga tidak bisa diremehkan ketika berbicara tentang strategi pemasaran.

Bayangkan saja apabila tempat usaha kamu sangat sulit untuk dijangkau oleh konsumen atau pihak logistik yang akan mengirim barang, tentunya ini akan menghambat proses penjualan produkmu, kan?

Oleh karena itu carilah tempat usaha yang memang mudah untuk di akses oleh siapapun.

Selain itu, kamu juga harus perhatikan lingkungan sekitar tempat usahamu, apakah ada bisnis serupa atau tidak?

Hal ini penting, karena apabila ada bisnis serupa dan nyatanya produk kamu tidak mampu bersaing maka bisnismu akan terancam.

Kecuali apabila kamu yakin bahwa kamu memiliki kualitas produk dan harga yang mampu bersaing, maka hal tersebut tidak jadi masalah.

Yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah kecocokan tempat usaha dengan lingkungan sekitar.

Maksudnya adalah apabila kamu membuka bisnis kopi kekinian yang harganya sangat bersahabat, maka ada baiknya kamu membuka kedai di lingkungan kampus atau perkantoran.

Mahasiswa dan karyawan akhir-akhir ini sangat menggandrungi kopi susu kekinian, jadi pastinya memiliki tempat usaha di sekitar kampus dan kantor akan sangat tepat.


6. Seberapa Penting Strategi Pemasaran 4P?

Strategi pemasaran 4P sangatlah penting, karena apabila unsur produk, harga, promosi dan tempat dikombinasikan dengan baik maka akan menghasilkan koordinasi strategi promosi yang tepat untuk produk.

Perlu diingat, bahwa pada dasarnya memang berbisnis itu bukanlah hal yang mudah, jadi diperlukan kemauan yang kuat dan juga konsisten.

Apabila kamu ingin bisnismu berjalan dengan lancer dan mendatangkan keuntungan sebagaimana yang telah kamu targetkan, maka cobalah untuk menerapkan strategi pemasaran 4P ini.

Hal ini karena strategi pemasaran 4P sudah terbukti berhasil ketika diterapkan oleh para pebisnis terdahulu.

Jadi, terlepas dari seberapa pentingnya strategi 4P ini, yang terpenting adalah kerja keras dari kamu sebagai pebisnis.


Untuk memajukan sebuah bisnis pastinya kamu membutuhkan modal usaha, kan?

Oleh karena itu, untuk kamu yang masih memiliki kendala terkait modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Melalui KoinBisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang rendah yaitu hanya mulai dari 0,75% saja.

Selain itu, seluruh proses mulai dari pengajuan sampai dengan pencairan dana dilakukan secara online sehingga sangat cepat dan efisien.

Yuk, kembangkan bisnismu bersama KoinWorks sekarang juga!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih