6 Tahun KoinWorks: Perjalanan Produk Wealth KoinWorks

6 tahun koinworks: perjalanan produk wealth koinworks

Tidak terasa, 6 tahun sudah KoinWorks membersamai Usaha, Kecil, dan Menengah (UKM) Indonesia dalam mewujudkan mimpi. Dan tentu akan terus berlanjut. Pada artikel kali ini, KoinWorks akan mengajak kamu untuk mengetahui perjalanan produk wealth KoinWorks dari tahun 2016 hingga saat ini.

Terdapat 4 fase perjalanan produk wealth KoinWorks. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Fase 1: Web-Based Peer to Peer Lending

Fase pertama dari perjalanan produk wealth KoinWorks berada pada rentang waktu 27 Agustus 2016 – 12 Desember 2019.

Pada saat itu, KoinWorks hadir dalam format website koinworks.com dan menawarkan dua produk layanan investasi, yaitu KoinP2P dan KoinRobo.

Untuk melakukan investasi pada kedua produk tersebut, lender (pendana) akan diminta untuk melakukan registrasi akun, login , dan akses pendanaan melalui website koinworks.com.

Fase 2: Apps-Based Peer to Peer Lending

Di akhir tahun 2019, tepatnya pada tanggal 15 Desember 2019 KoinWorks memutuskan untuk melakukan migrasi dari website ke KoinWorks apps.

Dan masih dengan dua produk andalan yang ditawarkan, yaitu KoinP2P dan KoinRobo.

User Interface pada awal peluncuran KoinWorks apps masih sangat sederhana. Strukturnya pada saat itu masih sebagai berikut:

  • ROBO 3 bulan
  • ROBO 6 bulan
  • ROBO 12 bulan
  • P2P A
  • P2P B
  • P2P C

Beralihnya platform yang digunakan untuk pendanaan ke KoinWorks apps, menjadikan website KoinWorks beralih fungsi sebagai media informasi mengenai perusahaan.

Namun, hingga kini pendanaan masih bisa dilakukan dengan menggunakan web-based melalui website KoinP2P.

Fase 3: Super Financial Apps

Tahun 2020

Fase ini dimulai pada tanggal 10 Februari 2020, di mana KoinWorks berkeinginan untuk mengembangkan usahanya tidak hanya sebatas pada peer-to-peer lending saja. 

Untuk itu, KoinWorks yang sebelumnya hanya memiliki lisensi Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kegiatan peer-to-peer lending, berhasil mendapatkan lisensi Inovasi Keuangan Digital (IKD) S-87/MS.72/2020.

Hal ini menjadikan KoinWorks bertransformasi menjadi Super Financial Apps terhitung sejak tahun 2020. 

Sebagai Super Financial Apps, KoinWorks menghadirkan dua produk baru, yaitu KoinGold dan KoinBond. 

KoinGold merupakan platform jual-beli atau investasi emas yang menawarkan transaksi secara online tanpa harus beranjak dari rumah. 

Sedangkan, KoinBond adalah produk investasi bagi kamu yang ingin investasi sekaligus membantu negara dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia.

Tahun 2020 – 2021: Era Pandemi

Era pandemi merupakan masa yang berat untuk berbagai industri, tidak terkecuali KoinWorks.

Namun, KoinWorks percaya bahwa setiap kejadian merupakan suatu pembelajaran bahwa akan selalu ada kesempatan untuk bertumbuh.

Hal ini ditunjukkan pada perkembangan pesat produk KoinRobo tenor satu bulan. Produk ini banyak dipilih oleh pendana, karena bisa menjaga nilai uang di tengah ketidakpastian ekonomi. Dan tentunya mudah dicairkan dalam waktu dekat.

Itulah mengapa KoinWorks sampai saat ini konsisten untuk menghadirkan produk KoinRobo tenor satu bulan. 

Fase 4: The Digital Banking Era

Di tahun 2022, KoinWorks mulai memasuki fase 4 sebagai era bank digital.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen KoinWorks terhadap UKM, sehingga KoinWorks menghadirkan inovasi baru berupa Rekening Bisnis yang dikenal dengan KoinWorks NEO.

Tidak hanya itu, dari sisi produk wealth, di tahun 2022 KoinWorks juga akan segera menghadirkan dua produk baru, yaitu KoinDeposito dan KoinReksa.

KoinDeposito merupakan produk investasi yang dihadirkan untuk menawarkan berbagai kemudahan bagi lender (pendana) dan tentunya mengedepankan keamanan transaksi, namun tetap digital savvy. 

Sedangkan KoinReksa, merupakan salah satu produk KoinWorks yang akan menawarkan investasi berupa reksa dana dengan berbagai profil risiko pendanaan.

Nah, itulah perjalanan singkat nan berkesan dari produk wealth KoinWorks. 

Di ulang tahun ke-6 ini, KoinWorks ingin mengucapkan terima kasih kepada Sobat KoinWorks untuk 6 tahun kebersamaan dalam mewujudkan UKM yang lebih kuat. 

Tentunya, KoinWorks akan terus berinovasi untuk terus memberdayakan UKM dan wujudkan mimpi.

One Click to Unlock Your Financial Dream~

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.