Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

nabung-hemat-uang-irit-atur-budget

Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini – Anda sulit mengatur keuangan? Bisa jadi itu karena kurangnya kebiasaan menabung sejak dini. Mungkin Anda dulu dibebaskan untuk mengelola uang sendiri, namun tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menghemat uang.

Dampaknya akan terasa saat Anda sudah dewasa, bekerja, bahkan setelah memiliki anak. Biasanya lingkungan dan kondisi Anda saat ini juga bisa menjadi penyebab perilaku konsumtif Anda.

Baca juga: Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Oleh karena itu, cobalah untuk menularkan kebiasaan menabung kepada anak-anak Anda. Beri pemahaman kepada mereka bahwa betapa pentingnya menabung untuk kehidupan mereka setelah dewasa.


Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Belajar Bertanggung Jawab

Tanggung Jawab, Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Ajarkan anak Anda untuk selalu bertanggung jawab pada segala hal, terutama pada uang jajan yang Anda berikan. Batasi uang jajan per hari atau per minggunya, biarkan anak Anda berusaha keras agar uang tersebut cukup untuk satu hari atau satu minggu ke depan.

Dengan begitu, anak Anda akan memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas uangnya sendiri mau dipakai untuk apa. Anak Anda pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang ia inginkan di kemudian hari.


Belajar Hidup Hemat

Hidup Hemat, Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Ingatkan anak Anda tentang slogan ‘hemat pangkal kaya’, secara tidak langsung itu dapat memotivasi anak untuk lebih rajin menabung. Manfaat menabung yaitu salah satunya adalah menghindari anak Anda untuk berperilaku konsumtif.

Jika sejak dini Anda sudah mengajarkan anak Anda untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai keperluan saja, maka saat dewasa nanti ia akan terbiasa dengan hal itu. Ajarkan juga bahwa di masa depan ia akan menemukan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya.


Belajar Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan, Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Cobalah biarkan anak Anda membeli suatu barang yang ia inginkan dari sisa uang jajan yang telah ia sisihkan. Dengan begitu, anak Anda akan belajar untuk memilah dan menyesuaikan kapan ia bisa membeli barang-barang yang ia inginkan menggunakan hasil tabungannya.

Kebiasaan menabung sejak dini ini dapat membentuk kebiasaan dalam mengatur dan merencanakan keuangan saat anak Anda dewasa nanti. Anda juga bisa mengarahkan anak Anda untuk memiliki target, seperti membeli mainan atau liburan bersama Anda. Tentu saja menggunakan uang hasil tabungan anak Anda sendiri.


Belajar Disiplin

Disiplin, Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Menabung dapat mengajarkan anak Anda lebih disiplin. Anda bisa menetapkan jumlah nominal untuk ditabung setiap harinya. Lalu, Anda juga bisa memberikan sanksi apabila anak Anda tidak menabung di salah satu hari.

Jika Anda merasa cara tersebut cukup kejam, Anda tidak perlu melakukannya. Anda bisa menasihatinya dan memantau kegiatannya saja. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak Anda untuk rajin menabung.


Belajar Menghargai Uang

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Beri pemahaman pada anak Anda bahwa uang tidak mudah dicari jika tanpa usaha. Pemborosan atau membuang uang untuk hal-hal tidak penting termasuk kategori tidak menghargai uang.

Anda bisa menyarankan anak untuk berwirausaha. Melalui cara tersebut, anak Anda akan bisa menghasilkan uang dengan usahanya sendiri. Anak Anda akan merasa bangga dengan dirinya sendiri dan bertekad untuk menabung lebih banyak lagi.


Mulailah memberi penjelasan pada anak Anda yang berusia di atas 17 tahun untuk berbisnis dan melakukan pendanaan di berbagai media online yang sedang marak diperbincangkan.

KoinWorks bisa menjadi salah satu alternatif pendanaan untuk Anda dan si anak. Ajak anak Anda untuk menyisihkan sebagian uang jajannya minimal Rp100.000 untuk mulai pendanaan secara online di KoinWorks, platform P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Kebiasaan investasi atau mendanai sejak dini ini juga sebetulnya bisa menjadi sangat bermanfaat untuk mental si Anak di kemudian hari. Ia akan belajar bagaimana caranya mengembangkan uang yang ia miliki, dan bukan membuatnya malah menjadi seseorang yang konsumtif.

Apalagi jika Anda sudah mengajarkannya mendanai di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahunnya.

Itulah beberapa penjelasan mengapa kebiasaan menabung sejak dini menjadi penting untuk dilakukan, dan Anda juga harus ingat, ini tidak perlu nominal yang besar kok. Cukup ingat saja apa kata pepatah ‘sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit’ agar nantinya anak Anda bisa termotivasi ketika menabung dan berinvestasi untuk masa mendatang.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!


Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih