5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup – Kalau ngomongin gaji sepertinya memang tidak pernah ada habisnya, ada yang merasa gajinya selalu kurang walaupun nominalnya sudah diatas 2 digit, ada juga yang merasa sudah cukup walaupun nominalnya belum menginjak angka puluhan juta.

Padahal, berapa pun gaji Anda, semua itu kembali lagi ke gaya hidup dan seberapa banyak kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Gaji “10 Koma”

Lalu, Anda termasuk orang yang mana? Apakah Anda termasuk yang sering mengalami kehabisan gaji di pertengahan bulan? Jika iya, maka ini sudah saatnya memperbaiki perencanaan keuangan Anda.

Tapi sebelum itu, yuk kita bahas dulu 5 hal yang menandakan bahwa gaji atau penghasilan Anda belum cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup Anda.


5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Uang Habis di Tengah Bulan

uang habis-kosong-miskin-melarat-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Apakah Anda termasuk yang sering merasakan kehabisan gaji di tengah bulan sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok Anda sendiri?

Hal tersebut bisa terjadi karena 2 penyebab, pertama adalah karena memang penghasilan Anda yang tergolong kecil. Lalu yang kedua adalah karena adanya pengeluaran yang lebih besar dari penghasilan.

Tapi hal ini masih bisa Anda atasi dengan cara menambah pemasukan Anda atau mengurangi pengeluaran Anda.


Memakai Layanan Kredit Sebagai Uang Tambahan

penghasian-kartu-kredit-kartu kredi-dana tambahan-boros-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Kartu kredit atau layanan kredit online saat ini memang sedang marak digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan dana tambahan untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan.

Namun Anda perlu ingat bahwa layanan ini adalah salah satu alat pembayaran, bukan sebagai tambahan uang. Saat meggunakan layanan kredit, Anda memiliki kewajiban untuk membayarnya kembali.

Baca Juga: 5 Tujuan Keuangan Anak Zaman Sekarang, Wajib Punya!

Jika Anda masih berpikir bahwa layanan kredit adalah tambahan uang bagi Anda, maka ini tandanya gaji Anda masih belum mencukupi. Hilangkan pemikiran tersebut agar tagihan tidak menumpuk setiap bulannya.


Kesulitan Membayar Tagihan

tagihan-bengkak-banyak-stress-tagih-bon-bill-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Apabila Anda sering merasa bingung saat membayar tagihan bulanan karena dana yang Anda miliki terbatas, itu tandanya gaji Anda tidak mencukupi. Jangan biarkan utang Anda terus menumpuk karena selalu mengalami kesulitan membayar tagihan.

Hindari berutang secara berlebihan, idealnya, satu keluarga hanya boleh memiliki utang yang tak lebih dari 30% penghasilan per bulan.


Sulit Tercapainya Tujuan Finansial

mobil-baru-tujuan finansial-untung-masa depan-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansial. Ada yang ingin membeli rumah mewah, mobil mewah, sejahtera di hari tua, dan masih banyak lagi. Tapi ketika gaji Anda saja kurang, ini menandakan bahwa Anda akan sulit untuk mencapai tujuan finansial itu.

Jika kebutuhan harian saja sudah kurang, bagaimana Anda akan mencapai hal yang lebih besar lagi?


Tidak Memiliki Dana Darurat

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Dana darurat sesungguhnya berfungsi sebagai back up ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi pada Anda atau keluarga. Seharusnya, setiap orang memiliki dana darurat di luar tabungan.

Tapi ketika gaji Anda saja kurang, maka Anda akan sulit untuk memiliki dana darurat dan lebih memilih layanan kredit sebagai jalan pintasnya. Hal ini memang diperbolehkan, tapi jika terus menerus menggunakan layanan kredit ini, tagihan Anda akan semakin membengkak setiap bulan dan menyebabkan kesulitan bayar.

Baca Juga: 5 Keyakinan yang Salah tentang Uang dan Kekayaan, Segera Singkirkan!

Nah, untuk mengakali hal ini, Anda bisa juga untuk mulai melirik alternatif instrumen investasi seperti mendanai di Peer-to-Peer Lending, dan KoinWorks bisa menjadi tempat yang tepat untuk tujuan pendanaan Anda.

Hanya dengan Rp 100.000 saja Anda sudah bisa mulai mendanai di aplikasi yang sudah dipakai oleh lebih dari 300.000 user di Indonesia. Per tahunnya, Anda bisa mendapatkan imbal hasil mulai dari 18%, lho!

Sekarang coba Anda bayangkan, dengan modal yang tidak terlalu besar Anda sudah bisa memiliki dana darurat untuk jangka panjang.

Ya itulah 5 tanda yang biasanya dirasakan ketika gaji yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan per bulannya. Jadi, apakah kalian pernah merasakan salah satu dari 5 tanda tersebut?

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.