Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

bisnis-teman-percaya-transparan

Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut! – Anda sedang membutuhkan uang untuk keperluan dadakan? Solusinya hanya satu, pinjam. Siapa lagi yang akan Anda hubungi selain keluarga dan teman?

Baca juga: Tipe-Tipe Peminjam Uang yang Harus Anda Hindari

Mungkin Anda merasa, kedua pilihan itu termasuk pilihan yang mudah dijangkau. Pada kenyataannya, tidak. Belum tentu keluarga dan teman Anda percaya dengan ucapan Anda ketika meminjam uang. Ditambah lagi, banyak dari mereka yang tidak yakin bahwa Anda bisa mengembalikan uang tersebut dengan tepat waktu.

Dalam meminjam uang (terutama ke teman), ada beberapa etika yang harus Anda pahami lebih dalam.


Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Lihat Kondisi Keuangan Teman

Kondisi Keuangan, Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat akan meminjam uang ke teman yaitu melihat kondisi finansialnya. Jangan sampai Anda meminjam ke teman yang justru sedang membutuhkan uang juga. Tentu itu akan memberatkannya dan membuatnya merasa tambah kesal.

Baca juga: 5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

Alangkah lebih baiknya, Anda bertanya terlebih dahulu sebelum benar-benar meminjam. Pastikan keuangannya dalam kondisi sehat dan tidak ada kesulitan dengan hal itu.


Gunakan Bahasa yang Sopan

Bahasa Sopan, Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Poin kedua ini tidak boleh dilewatkan. Banyak kasus yang terjadi antara peminjam dengan pemberi pinjaman. Hampir seluruh pemberi pinjaman mengeluh dan menolak memberikan pinjaman karena si peminjam tidak memiliki sopan santun.

Baca juga: 3 Alasan Mulut ke Mulut adalah Cara Terbaik untuk Menumbuhkan Bisnis

Dengan menggunakan bahasa yang sopan, kemungkinan besar teman Anda akan bersedia memberi pinjaman uang kepada Anda. Kecuali memang ada alasan-alasan yang membuat ia tidak bisa melakukannya. Semuanya kembali lagi pada keputusan peminjam karena ia tentu berhak menolak.


Beritahu Kapan Uang Dikembalikan

Uang dikembalikan, Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Sebagai peminjam yang baik, usahakan untuk memberitahu teman Anda ‘kapan uang akan dikembalikan’. Jangan sampai, Anda menyalahgunakan kepercayaannya yang sudah diberikan kepada Anda.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Tidak Menghasilkan Banyak Uang Pada Pekerjaan

Jika Anda meminjam uang ke teman dalam jumlah yang kecil, Anda bisa kembalikan dalam bentuk ‘traktir makan’ dan semacamnya. Namun, lain halnya jika nominal yang dipinjam jumlahnya besar. Anda cukup memberitahu tenggat waktu dan cara membayarnya agar teman Anda merasa tenang dan yakin pada Anda.


Buat Bukti Perjanjian

Bukti Perjanjian, Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Sebagai peminjam, bukan tidak mungkin Anda yang membuat bukti perjanjian MoU (hitam di atas putih). Bahkan peminjam seperti ini yang dianggap bisa dipercaya oleh pemberi pinjaman, dan memiliki kemungkinan besar pinjaman Anda diterima oleh teman Anda.

Baca juga: 5 Cara Memotivasi Diri untuk Mematuhi Anggaran Keuangan yang Dibuat

Perjanjian ini bisa dibuat di atas kertas atau dalam bentuk softcopy file. Setidaknya bisa menjadi catatan pinjaman Anda dengan teman Anda dan bisa dipertanggungjawabkan.


Ucapkan Terima Kasih

Ucapan Terima Kasih, Mau Meminjam Uang ke Teman? Perhatikan Etika Berikut!

Hal sepele yang sering diabaikan adalah mengucapkan terima kasih. Jangan lupa untuk berterima kasih saat Anda mendapatkan pinjaman dari teman Anda, maupun saat teman Anda menolak permintaan Anda.

Baca juga: 4 Cara Menjalin Pertemanan dan Menambah Koneksi

Pentingnya bersikap dan berbicara sopan kepada siapapun untuk urusan apapun. Jika Anda bersikap baik pada mereka, maka mereka juga akan bersikap baik pada Anda. Jadi jangan sampai lupa untuk berterima kasih pada teman Anda, ya!


Sudah berusaha meminjam uang ke teman tapi belum ada yang percaya? Yuk, pinjam ke KoinWorks untuk segala keperluan dadakan Anda.

Anda tidak perlu khawatir, ada KoinPintar yang akan memenuhi kebutuhan pendidikan Anda dan KoinBisnis yang dapat menunjang perkembangan bisnis Anda.

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terendah hingga 0,75% flat per bulan. Pastinya, tanpa perlu melampirkan banyak persyaratan yang membuat rumit diri sendiri.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Saat Anda Memiliki Pekerjaan Penuh Waktu Dengan Investasi

Anda juga tidak perlu takut, baik saat meminjam dana atau melakukan pendanaan di KoinWorks. Kami sudah secara resmi terdaftar di OJK sebagai perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani peminjaman dan pendanaan online P2P Lending/

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.