Lakukan 5 Langkah Ini Jika Ingin Mendapatkan Promosi dan Perkembangan Karier – Sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa hanya sekitar 39% karyawan yang meminta promosi atau kenaikan jabatan.

Baca juga: Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mengembangkan Keterampilan Analitis

Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar karyawan merasa tidak pantas untuk melakukan hal tersebut, tidak yakin dengan kapasitas diri, atau melihat tidak adanya peluang.

Hal yang perlu dilakukan adalah Anda bisa menerapkan 5 langkah penting di bawah agar bisa lebih mudah mendapatkan promosi dan perkembangan karir.

Simak pembahasannya di bawah ini.

Lakukan 5 Langkah Ini Jika Ingin Mendapatkan Promosi dan Perkembangan Karier

1Menetapkan Tujuan dengan Benar

5 CaraMemotivasi Tim Anda Agar Mencapai Hasil yang Diinginkan

Langkah pertama untuk menetapkan tujuan adalah menentukan apa yang ingin dilakukan. Dikarenakan Anda ingin mendapatkan promosi, maka tuliskan tujuan tersebut di dalam sebuah jurnal.

Baca juga: 5 Bahasa yang Banyak Dikuasai Para Pemimpin Hebat di Dunia

Selanjutnya, pecah tujuan tersebut menjadi gol-gol kecil yang bisa tercapai dalam jangka waktu lebih cepat.

Mulailah bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan promosi dan perkembangan karir saat ini. Jangan lupa untuk mengevaluasi kemajuan Anda untuk melihat apa yang telah dicapai dan apa saja yang belum.


2Memberikan Nilai Tambah Kepada Perusahaan

Selanjutnya, mulailah untuk menuliskan pencapaian yang telah diraih setiap harinya dan cara Anda dalam mengatasi tantangan pekerjaan. Cara seperti ini akan membuat Anda sadar tentang nilai apa saja yang telah diberikan kepada tim dan perusahaan.


3Manfaatkan Waktu untuk Memperluas Jaringan

kerja sama kantor nyaman diskusi - 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-orang Produktif

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University mengungkapkan bahwa pengacara yang memiliki jaringan, ternyata mendapatkan lebih banyak uang.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Mencoba Sesuatu yang Baru Adalah Baik

Orang-orang seperti ini memiliki pola pikir promosi dan sangat percaya bahwa jaringan yang dimiliki bisa membawa mereka lebih tumbuh dan maju.

Mulai dengan mengambil tindakan kecil setiap hari untuk membangun jaringan yang ada. Biasakan diri Anda untuk memberikan bantuan kepada orang lain dan senantiasa meningkatkan kecerdasan emosi setiap harinya.

Saat fokus untuk memberikan nilai kepada orang lain, maka Anda akan menumbuhkan jaringan dan dukungan yang kuat.


4Bekerja Cerdas

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Mendapatkan promosi mengharuskan Anda untuk bisa bekerja lebih cerdas dari sebelumnya.

Baca juga: 3 Cara Mudah Meningkatkan Kosakata Baru Setiap Hari

Artinya, Anda harus bekerja dengan produktif, mampu memenuhi tenggat waktu pekerjaan, dan kemampuan untuk mengelola stres dengan baik. Latih diri Anda untuk bisa memprioritaskan pekerjaan dan delegasikan pekerjaan yang ada.


5Mengelilingi Diri dengan Orang Hebat dan Luar Biasa

Kutipan yang sangat terkenal dan diucapkan oleh Jim Rohn, ia mengatakan bahwa “Anda adalah rata-rata dari 5 orang yang paling banyak menghabiskan waktu dengan Anda.”

Hal di atas dapat terjadi karena sebagian besar orang akan mengambil kebiasaan dari orang-orang yang paling sering menghabiskan waktu dengan mereka. Oleh karena itu, Anda perlu mengelilingi diri dengan orang –orang hebat dan produktif.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan podcast dari tokoh hebat yang dikagumi, mengikuti seminar, atau bisa juga belajar dari guru dan mentor yang hebat dan sukses.

Baca juga: 7 Kiat Ini Bisa Dilakukan untuk Memulai Percakapan yang Efektif

Belajar keterampilan tidak hanya dengan mengikuti pendidikan formal saja. Anda juga bisa belajar melalui pendidikan non-formal seperti kursus atau pelatihan.

Hanya saja, banyak orang terkendala dengan biaya pendidikan. Sehingga mereka tidak bisa mengikuti pelatihan atau kursus yang bermanfaat. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Saat ini telah tersedia fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan saja. Suku bunga yang rendah membuat Anda tidak perlu merasa berat untuk membayar biaya pendidikan.

Ditambah lagi dengan masa pembayaran yang bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Manfaatkan kemudahan dari KoinPintar untuk mengikuti pelatihan atau kursus di bidang yang sesuai dengan karir dan pekerjaan saat ini. Kursus atau pelatihan yang diikuti membuat Anda akan bertemu dengan guru dan mentor yang kredibel dan bisa mendukung tercapainya kesuksesan dalam karir.

Semoga pembahasan di atas memberikan manfaat untuk Anda semua!

Jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keterampilan diri untuk mendapatkan kesuksesan karir dan pekerjaan.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.