Agar Bisa Tetap Berhemat Hingga Lebaran, Coba 4 Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan Ini

Siapa bilang kalau punya gaji UMR tidak bisa nabung dan investasi - Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan - Tips Menabung Untuk Anak Muda

4 Tips hemat Selama Bulan Ramadhan – Bulan Suci Ramadhan seperti sekarang ini selalu dirayakan dengan penuh suka cita bagi umat Muslim. Seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia sedang menjalankan ibadah puasa.

Bila kita mengaitkan bulan puasa dengan pengeluaran, sejatinya kita bisa berhemat selama Bulan Ramadhan ini. Contohnya saja untuk kepentingan makan, dari yang biasanya minimal tiga kali sehari, di bulan puasa ini cukup dua kali sehari.

Baca Juga: 4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya

Hanya saja dari pengalaman banyak orang, pengeluaran di bulan puasa ini nyatanya justru melonjak, bahkan kamu mungkin mengalami peningkatan dua kali lipat dari biasanya. Padahal, di Bulan Ramadhan justru menjadi kesempatan bagi kamu untuk berhemat.

Pasalnya, kamu harus mempersiapkan dana untuk mudik mulai dari tiket, bensin, dan sebagainya. Kamu juga mungkin perlu memberi THR kepada karyawan atau bagi asisten rumah tangga yang hendak mudik ke kampung halaman. Kue Lebaran pun perlu dipersiapkan. Masih banyak, bukan, pengeluaran yang harus ditanggung hingga Lebaran nanti?

Untuk itu, mari pelajari 4 tips hemat selama Bulan Ramadhan berikut agar kamu bisa lebih terkontrol dalam mengelola keuangan dalam sebulan penuh ini.

Baca Juga: 5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa yang Harus kamu Waspadai

4 Tips hemat Selama Bulan Ramadhan

1. Susun Rencana Keuangan Sebulan Penuh

susun rencana keuangan

Dari sekarang hingga Lebaran nanti, cobalah susun rencana keuangan kamu selama sebulan penuh. Memang akan ada beberapa perubahan dari rencana keuangan kamu yang sebelum-sebelumnya dibandingkan rencana keuangan di Bulan Ramadhan ini.

Baca Juga: Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2023 kamu

Coba pertimbangkan untuk berbelanja selama sebulan penuh, tekan segala pengeluaran, dan hindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu atau menabung selama bulan puasa. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi smartphone untuk membantu kamu mengelola keuangan di Bulan Ramadhan ini.

2. Manfaatkan Diskon Selama Bulan Ramadhan

membeli pada saat diskon

Ada banyak sekali promo diskon yang bisa kamu manfaatkan selama Bulan Ramadhan, mulai dari untuk keperluan dapur, gaya hidup, dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Baca Juga: Kecewa dengan Kondisi Finansial kamu ? Ini Tips Untuk Memperbaikinya

Jika bisa saat kamu berbelanja, manfaatkan diskon semaksimal mungkin dan persiapkan segala keperluan untuk sebulan kecuali untuk bahan-bahan organik seperti sayuran dan daging yang memiliki jangka waktu relatif sebentar.

3. Selektif dalam Mengikuti Acara Buka Bersama (BukBer)

buka bersama

Salah satu yang membuat pengeluaran meroket saat bulan puasa adalah terlalu rutin mengikuti acara Buka Bersama di luar. Memang, acara Buka Bersama menjadi momen yang tepat untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan rekan yang sudah lama tidak bertemu.

Hanya saja, demi hemat selama Bulan Ramadhan, kamu harus selektif dalam memutuskan untuk mengikuti acara Buka Bersama yang mana. Bila memang sangat penting untuk dihadiri, silakan ikuti.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Acara Buka Bersama memang penting dan momennya pun tepat, hanya saja mulailah belajar untuk menguranginya. Perbanyak Buka Bersama di rumah, terutama bersama keluarga, karena selain mampu membuat kamu berhemat, kamu pun bisa menghabiskan waktu bersama keluarga Anda.

4. Atau, Mungkin Kamu Bisa Membawa Bekal Dari Rumah

bekal makanan

Perjalanan dari kantor ke rumah mungkin menghambat kamu untuk segera berbuka di rumah tepat waktu, dan kamu tentunya menghindari berbuka di rumah. Atau, ada kalanya kamu harus lembur di tempat kerja sehingga mau tidak mau harus berbuka di luar.

Agar kamu bisa menghindari untuk berbuka di restoran, yang pastinya tidak murah harganya, kamu bisa mencoba untuk membawa bekal buka puasa dari rumah.

Baca Juga: Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari

Membawa bekal dari rumah menjadi alternatif yang sangat tepat untuk berbuka di luar selain berbuka di restoran dan tempat makan lainnya, dan pastinya akan membuat kamu bisa berhemat.

Nah, itulah tips hemat selama Bulan Ramadhan yang bisa kamu terapkan dengan mudah mulai dari detik ini juga.

Dengan berhemat, kamu bisa berinvestasi yang dihemat untuk berbagai kepentingan lain mulai dari THR karyawan, keperluan mudik, sedekah untuk menambah pahala hingga mendanai di KoinWorks.com untuk meningkatkan nilai uang kamu di masa mendatang.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.