Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda – Menjelang akhir tahun orang-orang sudah mulai sibuk mempersiapkan resolusinya masing-masing, mungkin Anda pun termasuk.

Dari sekian banyak daftar panjang resolusi untuk tahun 2017 kebanyakan orang mungkin menyertakan soal keuangan ke dalamnya.

Walaupun sejauh ini keuangan Anda mungkin masih aman-aman saja, paling tidak Anda harus paham bahwa tahun 2017 mendatang mungkin tidak akan sama dengan tahun 2016.

Maka dari itu, jadikanlah tips keuangan ini sebagai bagian dari resolusi tahun 2017 Anda agar keuangan membaik dan mampu memenuhi segala kebutuhan Anda.

4 Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda

Tips Keuangan Sebagai Resolusi Tahun 2017 KoinWorks Blog

Cobalah mulai mempraktikkan beberapa tips keuangan berikut dan jadikan sebagai bagian dari resolusi utama Anda untuk tahun 2017 mendatang. Paling tidak Anda memiliki tujuan keuangan yang jelas dan berusaha untuk mengelolanya dengan cara yang bijak.

1. Atur Alur Keuangan dengan Cara Mencatat Pemasukan & Pengeluaran

mencatat pengeluaran

Salah satu kesalahan finansial yang banyak dilakukan orang secara berulang adalah tidak tahu ke mana sejumlah uang dialokasikan dan berapa pendapatan yang ia dapatkan untuk menutupi segala kebutuhan. Ini penting, meski disadari tetapi mungkin belum diterapkan dengan baik.

Mulai tahun 2017 nanti cobalah untuk mencatat segala pendapatan dan pengeluaran Anda agar alur keuangan Anda jadi lebih teratur. Anda juga bisa memeriksa untuk keperluan apa uang Anda paling banyak dialokasikan. Anda juga bisa tahu berapa dana segar yang bisa Anda kumpulkan untuk jangka waktu tertentu.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Dengan begitu keuangan Anda jadi lebih gampang dimonitor hingga kemudian Anda bisa memotong pengeluaran dengan mengurangi konsumsi yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Untuk mencapai target Anda soal ini, Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mencatat alur keuangan Anda dengan menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheets, aplikasi smartphone seperti MoneyLover atau aplikasi PC seperti YNAB.

2. Cari Sumber Pendapatan Baru

tujuan keuangan - investasi

Untuk sekarang ini gaji pokok saja mungkin tidak cukup untuk menutupi segala kebutuhan, terutama bila Anda sudah berkeluarga. Keperluan sekolah anak bisa meningkat sepanjang waktu, begitu pun asuransi dan biaya kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

Cobalah untuk mencari sumber pendapatan baru. Anda bisa memulai bisnis atau berinvestasi, atau mencari aset yang mampu memberi penghasilan tetap. Misalnya membeli properti untuk kemudian disewakan.

Baca Juga: 5 Buku Bisnis Terbaik untuk Pengusaha yang Wajib Dibaca Selama Liburan

Berinvestasi juga bisa menjadi jawaban tersendiri apalagi karena jenis investasi sekarang ini sudah banyak jumlahnya.

Cobalah berinvestasi di investasi online Peer to Peer Lending KoinWorks. Fintech Lending KoinWorks ini memungkinkan Anda untuk mulai berinvestasi dengan nominal kecil dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks

Anda juga bisa mencoba memulai bisnis. Salah satunya yang mungkin bisa Anda coba adalah bisnis online.

3. Mulai Berhemat

Investasi di Fintech Lending

Seberapapun besarnya nominal uang yang saat ini Anda miliki tidak akan cukup bila pengeluaran Anda juga mampu mengimbanginya. Oleh karena itu jadikanlah berhemat sebagai salah satu dari resolusi tahun 2017 Anda.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Berkaitan dengan poin #1, Anda bisa memilah keperluan mana yang sebenarnya tidak perlu namun menghabiskan banyak uang.

Dengan begitu Anda bisa memangkas pengeluaran untuk keperluan yang tidak penting dan bisa fokus pada kebutuhan pokok Anda.

4. Persiapkan Dana Darurat

tips mempersiapkan dana darurat

Ini berkaitan dengan menabung. Menabung itu tetap penting. Untuk memotivasi Anda, tabunglah sejumlah uang Anda setiap bulan dengan anggapan bahwa dana itu nantinya untuk digunakan sebagai biaya untuk menutupi berbagai kebutuhan mendesak.

Topik mengenai dana darurat sudah pernah dibahas secara rinci, bisa Anda temukan di sini:

5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

5. Mulailah Berinvestasi

investasi online koinworks

Seperti yang sudah disebutkan di poin #2, berinvestasi bisa dijadikan sumber pendapatan yang rutin memberi Anda penghasilan untuk jangka waktu lama.

Bila Anda belum pernah berinvestasi sebelumnya, maka jadikan pulalah ini sebagai bagian dari resolusi tahun 2017.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Bila pun Anda sudah menjadi investor, cobalah cari peluang baru untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan mencoba investasi online Fintech Lending seperti KoinWorks yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan.

Seperti yang juga sudah disebutkan sebelumnya, di KoinWorks Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp 100.000, yang umumnya terhitung rendah dan bisa dicoba oleh siapa saja.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Apalagi karena investasi online Peer to Peer Lending masih terhitung baru, setiap orang pasti ingin mencoba dan mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu dengan nominal kecil sebelum benar-benar menjadikannya sebagai target investasi utama.

Penutup

Di antara banyak sekali tujuan yang ingin dicapai di tahun 2017 yang memenuhi daftar panjang resolusi tahun 2017 Anda, jadikan jugalah tips keuangan ini menjadi bagiannya. Dengan begitu Anda perlahan bisa mengelola keuangan dengan lebih bijak dan terarah.

Karena kebutuhan pokok kita lebih banyak membutuhkan uang untuk memenuhinya, keuangan yang baik dan kebijakan Anda dalam mengelolanya tentu sangat dibutuhkan.

Khusus untuk berinvestasi di investasi online KoinWorks, cobalah mulai berinvestasi sekarang. Selain mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan bunga efektif mulai dari 18% hingga 38% setiap tahunnya, Anda juga bisa sembari membantu para peminjam dengan beragam kebutuhannya.

Investasi Sekarang




  • 12
    Shares
There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?