Resolusi Keuangan di Tahun 2023, Menuju Financial Freedom

Resolusi Keuangan

Masalah keuangan merupakan masalah yang paling banyak diperbincangkan, tidak heran jika resolusi keuangan menjadi topik yang selalu hangat.

Bersyukurlah apabila di tahun yang sangat sulit ini keadaan keuanganmu masih aman-aman saja, tapi paling tidak kamu harus paham bahwa kondisi keuangan di tahun mendatang mungkin tidak akan sama dengan tahun sebelumnya.

Maka dari itu, jadikanlah tips resolusi keuangan ini sebagai langkah bijak agar keuangan membaik dan mampu memenuhi segala kebutuhanmu.


Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Salah satu kesalahan finansial yang banyak dilakukan orang secara berulang adalah tidak tahu ke mana sejumlah uang dialokasikan dan berapa pendapatan yang ia dapatkan untuk menutupi segala kebutuhan.

Ini penting, meski disadari tetapi mungkin belum diterapkan dengan baik.

Mulai tahun 2023 ini, cobalah untuk mencatat segala pendapatan dan pengeluaran kamu agar alur keuanganmu jadi lebih teratur.

Kamu juga bisa memeriksa untuk keperluan apa uangmu paling banyak dialokasikan.

Kamu juga bisa tahu berapa dana segar yang bisa dikumpulkan untuk jangka waktu tertentu.

Dengan begitu keuanganmu jadi lebih gampang dimonitor hingga kemudian kamu bisa memotong pengeluaran dengan mengurangi konsumsi yang sebenarnya tidak terlalu penting.


Tambah Sumber Pendapatan 

Untuk sekarang ini gaji pokok saja mungkin tidak cukup untuk menutupi segala kebutuhan, terutama bila kamu sudah berkeluarga. Keperluan sekolah anak bisa meningkat sepanjang waktu, begitu pun asuransi dan biaya kebutuhan pokok lainnya.

Cobalah untuk mencari sumber pendapatan baru. Kamu bisa memulai bisnis, mencari uang dari internet, atau dengan kegiatan mendanai, mencari aset yang mampu memberi penghasilan tetap. Misalnya membeli properti untuk kemudian disewakan.

Kegiatan mendanai atau berinvestasi bisa menjadi jawaban tersendiri.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak tersedianya platform untuk mendanai. 

Salah satunya, kamu bisa mencoba mendanai melalui P2P Lending di KoinP2P dari KoinWorks.

Di KoinP2P kamu bisa mendanai serta turut membantu pergerakan ekonomi nasional.

Kamu bisa memulainya hanya Rp100.000(berlaku kelipatan) dan tentunya dengan imbal hasil mulai dari 18% p.a.


Lunasi Utang Konsumtif

Percayalah menjalani kehidupan tanpa utang itu sama dengan mengurangi beban pikiran.

Untuk itu, apabila kamu masih memiliki utang terlebih lagi utang konsumtif, maka ada baiknya untuk menyelesaikannya di tahun ini.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak terus menambah utang konsumtif baik dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit, paylater dan lain sebagainya.


Mulai Berhemat

Seberapapun besarnya nominal uang yang saat ini kamu miliki tidak akan cukup bila pengeluaranmu juga mampu mengimbanginya.

Oleh karena itu jadikanlah berhemat sebagai resolusi keuangan di 2023.

Berkaitan dengan poin #1, kamu bisa memilah keperluan mana yang sebenarnya tidak perlu namun menghabiskan banyak uang.

Dengan begitu kamu bisa memangkas pengeluaran untuk keperluan yang tidak penting dan bisa fokus pada kebutuhan pokok.


Persiapkan Dana Darurat

Ini berkaitan dengan menabung.

Menabung itu tetap penting. Untuk memotivasi kamu, tabunglah beberapa persen pemasukkan kamu setiap bulan dengan anggapan bahwa dana itu nantinya untuk digunakan sebagai biaya untuk menutupi berbagai kebutuhan mendesak.


Terapkan Formula Alokasi Keuangan

Tahukah kamu?

Bahwa ada beberapa formula yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Contoh paling sederhana adalah dengan membaginya ke dalam 3 pos penting dengan persentase 50-30-20.

Untuk lebih lengkapnya, pelajari tips alokasi keuangan di sini.


Mulailah Berinvestasi

Seperti yang sudah disebutkan di poin #2, berinvestasi bisa dijadikan sumber pendapatan yang rutin memberi kamu penghasilan untuk jangka waktu lama.

Jika kamu belum pernah berinvestasi sebelumnya, maka jadikan ini sebagai tips keuangan yang akan membantu kondisi keuangan kamu semakin membaik di tahun ini.

Seperti yang juga sudah disebutkan sebelumnya, di KoinP2P dari KoinWorks kamu bisa mulai mendanai dengan nominal Rp 100.000, yang umumnya terhitung rendah dan bisa dicoba oleh siapa saja.


Di antara banyak sekali tujuan yang ingin dicapai di tahun 2023 yang memenuhi daftar panjang resolusi tahun 2023, kamu bisa memasukkan tips keuangan ini menjadi bagiannya. Dengan begitu, secara perlahan kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih bijak dan terarah.

Karena kebutuhan pokok kita lebih banyak membutuhkan uang untuk memenuhinya, keuangan yang baik dan kebijakan kamu dalam mengelolanya tentu sangat dibutuhkan.

Semoga resolusi baru kamu segera terwujud, ya!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.