7 Kesalahan yang Mampu Menghancurkan Efektivitas Kepemimpinan Anda

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda - 5 Cara Terbaik Untuk Melibatkan Karyawan dalam Pelatihan yang Berkelanjutan

7 Kesalahan yang Mampu Menghancurkan Efektivitas Kepemimpinan Anda – Tidak ada seseorang yang dilahirkan sebagai seorang pemimpin, sebab pemimpin yang hebat berasal dari praktik dan latihan yang berulang.

Seorang pemimpin cenderung mengambil resiko yang telah lebih dahulu mereka perhitungkan dampaknya. Dibutuhkan keterampilan yang mumpuni agar Anda mampu mengemban tugas dan peran sebagai seorang pemimpin.

Agar bisa menjadi seorang pemimpin yang efektif, setidaknya Anda harus mencegah diri melakukan 7 kesalahan berikut.

7 Kesalahan yang Mampu Menghancurkan Efektivitas Kepemimpinan Anda

Tidak Mau Mengakui Kesalahan

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (5) - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa

Penting untuk dicatat bahwa kesalahan merupakan bagian dari kepemimpinan dan hal itu pasti akan terjadi.

Pemimpin harus sadar bahwa setiap kesalahan yang mereka lakukan bisa menghancurkan reputasi dan kesuksesan mereka.

Hanya saja, jangan sampai Anda tidak mau mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Sebab, kesalahan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman dan menjadi sosok yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Kesalahan yang pernah Anda lakukan dijadikan batu loncatan agar bisa berhasil dalam segala hal yang dilakukan selanjutnya.


Kehilangan Kontrol di Depan Publik

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (22) - 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Hal yang harus diingat adalah saat membiarkan temperamen tidak terkontrol, maka konsekuensinya adalah bisa menderita dalam jangka panjang.

Bisa berupa hubungan yang memburuk dengan seseorang atau kehilangan peluang yang ada di depan mata.


Tidak Menetapkan Tujuan

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha - 5 Sikap Pemimpin Perusahaan yang Dapat Meningkatkan Penjualan Secara Efektif

Pemimpin harus bisa menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, bisa tercapai, relevan, dan ada tenggat waktu pencapaian.

Saat tidak mampu menetapkan tujuan, maka bisa dipastikan Anda akan membawa anggota tim yang lain ke jurang kegagalan.


Tidak Mau Menerima Nasihat

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut - Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri - 5 Gaya Kepemimpinan Para Leader Sukses, Apakah Anda Menerapkannya?

Tidak ada orang yang sempurna dalam segala hal, sehingga Anda membutuhkan orang lain untuk memberikan saran atau nasihat.

Sebagai seorang pemimpin, Anda tidak hanya memberikan saran kepada anggota tim yang lain saja. Tetapi juga bersedia untuk menerima nasihat dan saran yang diberikan oleh orang lain.


Tidak Peduli dengan Komposisi Tim

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri (8) - 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja - 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Melakukan Hal yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya - 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Para Karyawan Betah Bekerja

Kualifikasi, keterampilan dan kepribadian seseorang pasti berubah sepanjang waktu. Hal inilah yang mendasari mengapa seorang pemimpin perlu mengevaluasinya sepanjang waktu.

Dengan mengevaluasi, seorang pemimpin bisa mengetahui dan memastikan bahwa komposisi tim masih ideal.


Tidak Mendelegasikan Pekerjaan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Sebagai seorang pemimpin mungkin saja Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan baik karena kompetensi yang dimiliki.

Hanya saja, Anda juga harus bisa membuat rekan tim yang lain untuk melakukan tugas dan pekerjaan dengan baik.

Baca juga: 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Tugas seorang pemimpin adalah mampu menunjuk orang yang tepat untuk tugas yang benar.


Tidak Berinovasi

konten - kolaborasi karyawan - kantor (1)

Kepemimpinan yang hebat membutuhkan seseorang yang mampu mengantisipasi perubahan, membuat rencana yang bisa mengatasi perubahan, dan mengambil tindakan dengan segera sebelum hal terjadi.

Efektivitas kepemimpinan sangat bergantung pada pemimpin itu sendiri dan ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi cara pemimpin mengelola tim dan organisasi yang dijalankannya.

Baca juga: 5 Kualitas Pemimpin yang Perlu Dimiliki Untuk Meraih Keberhasilan Dalam Perusahaan dan Organisasi

Pemimpin harus mengetahui beberapa strategi dalam menjalankan kepemimpinan dan berusaha untuk menghindari 7 kesalahan yang telah dibahas di atas.

Anda harus mengetahui tujuan yang ada di masa depan, sebab Anda tidak akan bisa memimpin orang lain, jika tidak mengetahui apa yang sedang diperjuangkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki visi dan misi yang akan dijalankan.

Agar bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi sebagai seorang pemimpin, Anda bisa mengasah diri dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berhubungan.

Hanya saja banyak orang yang tidak bersedia melakukan langkah ini, karena mereka terkendala biaya pendidikan yang mahal.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal di atas?

Tidak perlu khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal atau non-formal.

KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana pendidikan dari KoinWorks yang menawarkan suku bunga pinjaman rendah.

Baca juga: Apakah Pemimpin Hanya Identik dengan Kekuasaan dan Kekuatan?

Suku bunga pinjaman yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

KoinPintar akan menginformasikan setiap beban dan bunga yang timbul atas pinjaman. Dengan begitu, tidak akan ada bunga yang berubah atau jumlah cicilan yang bertambah selama masa pembayaran.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.