5 Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi, Pemimpin Perlu Tahu! – Semua orang yang berada dalam posisi otoritas pasti mengetahui bahwa melepaskan kendali dan mendelegasikan tugas kepada orang lain merupakan hal yang sulit.

Hal inilah yang membuat para pemimpin perusahaan lebih memilih untuk melakukan pekerjaan sendiri dan tidak mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Perbedaan Antara Pendidikan dan Sekolah

Padahal mendelegasikan tugas merupakan salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan produktivitas, mengelola beban kerja yang besar, dan bertujuan agar bisa mencapai sasaran dengan tepat waktu.

Kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 5 teknik delegasi yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin perusahaan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.


5 Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi

1Berikan Tugas dan Kepercayaan Sepenuhnya

kerja sama kantor pemimpin - 5 Kiat untuk Menjadi Pemimpin yang Persuasif- digital marketing

Agar bisa berhasil mendelegasikan tugas, maka Anda harus mengambil resiko besar yaitu melepaskan kendali kepada karyawan.

Anda harus berhenti berpikir bahwa hanya Anda yang mempunyai ide bagus dan mulailah memberikan kepercayaan kepada anggota tim.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Tidak Ada Program Pelatihan Kerja di Perusahaan Adalah Kesalahan Besar

Mendelegasikan tugas bukan berarti membuat keputusan untuk anggota tim Anda. Berikan mereka ruang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sehingga mereka bisa menghasilkan ide dan solusi terbaik.

Mulailah mendelegasikan tugas dengan melepaskan tugas-tugas ringan kepada para karyawan.

Jika mereka sudah bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik, maka berikan pekerjaan dengan prioritas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan menggunakan pendekatan di atas secara bertahap, maka Anda bisa meningkatkan kompetensi karyawan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.


2Delegasikan Tugas Kepada Orang yang Tepat

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis saham

Saat akan mendelegasikan tugas, Anda membutuhkan pertimbangan yang matang. Artinya, jangan sampai Anda mendelegasikan tugas kepada orang yang salah.

Baca Juga: 5 Prinsip Kepemimpinan yang Diadopsi dari Dunia Militer

Sebelum mendelegasikan sebuah tugas, Anda harus benar-benar mengamati kekuatan, kelemahan, dan keterampilan yang dimiliki oleh anggota tim.

Pengetahuan ini memunginkan Anda untuk menyesuaikan orang yang tepat dengan pekerjaan yang akan diberikan.


3Sampaikan Instruksi Dengan Jelas

5 CaraMemotivasi Tim Anda Agar Mencapai Hasil yang Diinginkan

Tidak bisa menyampaikan instruksi dengan benar akan berperan terhadap kegagalan tugas atau pekerjaan yang dilakukan karyawan.

Agar meningkatkan peluang tugas dilakukan dengan baik, Anda harus memberikan instruksi dengan jelas kepada mereka.

Baca Juga: 5 Kiat Untuk Menjadi Pemimpin yang Persuasif

Jangan sampai anggota tim Anda menebak apa yang harus mereka lakukan, kerena merasa bingung dengan instruksi yang diberikan.

Sebagai tahap awal Anda bisa memberikan panduan kepada karyawan untuk melakukan tugas, jika mereka bisa melakukannya dengan benar, silahkan melepaskan kendali untuk mereka.


4Delegasikan Pekerjaan Berdasarkan Minat dan Ketertarikan

pemimpin-pensiun-online - Cerdas Berbahasa Asing dengan Menerapkan 7 Cara Ini-mempersiapkan dana pensiun-2

Selain menyesuaikan keterampilan dengan tugas yang akan diberikan, Anda harus mampu mendorong anggota tim untuk melakukan tugas yang menarik minat mereka.

Anda harus membangun alasan apa yang membuat karyawan bersedia untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang diberikan.

Baca Juga: 5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda

Minat dan ketertarikan akan sesuatu hal merupakan salah satu alasan yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi karyawan melakukan apa yang menjadi tugas mereka.


5Tetapkan Tenggat Waktu dan Lakukan Evaluasi

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Saat Anda mendelegasikan tugas kepada karyawan, pastikan untuk menyampaikan kapan tenggat waktu pekerjaan tersebut harus selesai.

Anda juga harus melakukan evaluasi atas pekerjaan dan tugas agar sasaran yang diinginkan berjalan sesuai dengan tujuan.

Jadwalkan evaluasi pekerjaan setiap minggu sekali atau Anda bisa memeriksa hasil pekerjaan setelah mereka menjalankan setengah dari tugas yang diberikan.

Baca Juga: 7 Pemikiran dari Milarder Tentang Uang yang Perlu Anda Terapkan Dalam Kehidupan

Jangan sampai Anda tidak peduli dengan pekerjaan dan tugas yang sudah diberikan kepada karyawan.

Tujuan utamanya adalah memastikan setiap pekerjaan yang didelegasikan berjalan dengan benar dan tidak ada penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Dengan menerapkan 5 hal di atas, Anda bisa meningkatkan keterampilan mendelegasikan tugas dan pekerjaan dengan lebih baik.

Anda juga bisa menjadi seorang pemimpin atau manajer yang lebih efektif dan bisa melakukan pekerjaan lain yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Kemampuan mendelegasikan tugas sangat erat berhubungan dengan kemampuan leadership yang baik.

Jika memungkinkan, Anda bisa mengikuti pendidikan non-formal untuk mempelajari keterampilan leadership.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Berkomunikasi Dalam Tim Kerja

Sisihkan sebagian waktu dalam seminggu untuk belajar dan meningkatkan keterampilan leadership agar Anda bisa menjadi pemimpin yang efektif.

Jangan khawatir dengan biaya pendidikan yang tinggi dan bisa memberatkan keuangan keluarga Anda.

Saat ini sudah ada solusi yang bisa membantu Anda membayar biaya pendidikan tersebut. KoinPintar menawarkan solusi pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal yang bisa digunakan semua kalangan.

Saat menggunakan fasilitas ini, KoinPintar akan terlebih dahulu membayarkan biaya pendidikan kepada lembaga pendidikan terkait.

Selanjutnya, Anda bisa membayar cicilan pinjaman tersebut selama 12 bulan ke depan. Hal ini lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Tidak hanya itu saja, suku bunga pinjaman yang ditawarkan KoinPintar juga sangat rendah yaitu mulai dari 9% per tahun atau sekitar 0,75% per bulan saja.

Suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lain.

Dengan kemudahan di atas tidak ada lagi masalah biaya untuk mendapatkan pendidikan dan keterampilan kerja yang berkualitas. Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.