Home » Blog » Gaya Hidup » 9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - 9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan – Setiap perusahaan atau bisnis pasti memiliki seseorang yang bertugas untuk menjalankan tim, tetapi bukan berarti menjadikan mereka sebagai seorang pemimpin.

Lebih dari itu, seorang pemimpin adalah mereka yang bisa menginspirasi dan memotivasi orang untuk melakukan yang terbaik serta menciptakan ikatan kepercayaan dengan anggota tim mereka.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda semua tentang 9 prinsip yang membedakan seorang pemimpin dan tidak.

9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

Pemimpin Akan Membangun Sikap Saling Pengertian dengan Tim Mereka

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah!

Pemimpin sejati adalah orang yang mempercayai anggota tim mereka dan jangan pernah menahan informasi dan menjadikannya rahasia.

Menyimpan rahasia dan bersikap tidak transparan akan merusak kepercayaan anggota tim dengan Anda.


Pemimpin Berada di Garis Terdepan

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Jika Anda memberikan sebuah aturan dan kebijakan yang harus dijalankan, maka pastikan Anda yang terlebih dahulu menjalankannya.

Seorang pemimpin adalah mereka yang berada di garis depan untuk memberikan contoh agar ditiru oleh anggota tim yang lain.

Saat anggota tim melihat Anda bertindak dan tidak hanya memberikan perintah, maka anggota tim akan merasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik.


Pemimpin Adalah Komunikator dan Pendengar yang Handal

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri (8) - 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja - 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Melakukan Hal yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya - 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Para Karyawan Betah Bekerja

Setiap karyawan ingin suara mereka didengarkan dan bisa secara terbuka untuk mengekspresikan wawasan yang diketahui.

Anda bisa duduk bersama anggota tim yang lain untuk meminta umpan balik dan mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Ciptakan lingkungan yang aman untuk membagikan pendapat dan memberikan saran di dalam perusahaan atau organisasi.


Anda Harus Konsisten dengan Arahan yang Telah Ditetapkan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Seorang pemimpin harus berusaha keras agar selalu konsisten dalam setiap aspek, karena anggota tim perlu mengetahui apa yang bisa mereka harapkan dari Anda.

Baca juga: 5 Kiat yang Diperlukan Manajer Baru Agar Membuat Keputusan Lebih Efektif

Jika Anda terus mengubah cara melakukan sesuatu, maka anggota tim yang lain akan merasa frustasi dan stres.

Sikap konsisten yang Anda lakukan akan menciptakan ikatan dan kepercayaan, karena anggota tim mengenal dan tahu bahwa Anda bisa diandalkan.

Selain itu, Anda juga harus secara konsisten memperlakukan seseorang dengan cara yang sama, aturan harus berlaku bagi semua orang, dan adil dalam memperlakukan orang lain.


Tahu Menempatkan Anggota Tim di Posisi yang Tepat

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 4 Langkah Agar Mendapatkan Bantuan dari Orang Lain dengan Mudah

Menjadi pemimpin bukan berarti Anda harus mengetahui cara melakukan semua hal dengan baik.

Baca juga: Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Itulah alasan mengapa Anda perlu memiliki anggota tim yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memotivasi mereka dan menuntun mereka ke arah yang benar.

Berikan kebebasan kepada anggota tim untuk melakukan apa yang dikuasainya, biarkan mereka mengetahui bahwa mereka diperlukan, dan mereka merasa dihargai dengan sikap Anda.


Pemimpin Memenuhi Setiap Perkataan dan Ucapan

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak?

Anda tidak bisa mengharapkan orang lain untuk percaya dengan Anda, jika tidak mampu memenuhi janji dan perkataan yang diucapkan.

Anda harus berpikir dengan hati-hati sebelum menjanjikan sesuatu dan harus berpegang teguh dengan kata yang telah diucapkan.


Pemimpin Tidak Pernah Berbicara di Belakang Orang Lain

Manajer yang Buruk - marah - emosi 4

Tidak ada yang bisa merusak reputasi sebagai seorang pemimpin daripada bergosip tentang orang lain di belakang.

Jika Anda memiliki masalah dengan anggota tim yang lain atau ada orang yang berbuat kesalahan, maka duduklah dan lakukan diskusi tentang apa masalah dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: 5 Keputusan yang Menghancurkan Karier Anda Sebagai Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin membutuhkan keterampilan yang mumpuni agar mampu menjalankan perusahaan atau organisasi dengan baik.

Tidak hanya 7 keterampilan di atas saja, Anda juga bisa mengasah keterampilan leadership dengan mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan non-formal.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang memberatkan keuangan, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang bisa Anda gunakan untuk membiayai pendidikan tersebut.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana yang bisa digunakan untuk membiayai pendidikan formal dan non-formal.

Hal yang paling penting adalah pinjaman dari KoinPintar memiliki suku bunga yang sangat rendah dibandingkan dengan suku bunga dari lembaga keuangan yang lain yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per bulan.

Tidak hanya itu saja, pinjaman tersebut bisa Anda angsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara lengsung di muka.

Tertarik untuk mengikuti program tersebut demi menempa diri menjadi seorang pemimpin yang ideal?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG