Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Keterampilan komunikasi tips - Apakah Pemimpin Hanya Identik dengan Kekuasaan dan Kekuatan?

Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja – Saat Anda tidak bisa membangun kepercayaan pada tim, maka ini bisa menjadi penyebab perselisihan, stres, dan hasil kerja yang tidak optimal.

Manajer yang efektif dan pemimpin yang hebat pasti sadar bahwa membangun kepercayaan merupakan proses yang menyeluruh dan harus dilakukan di dalam organisasi.

Baca Juga: 6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Dalam penjelasan kali ini, kami akan membahas tentang 15 cara efektif untuk membangun kepercayaan pada tim kerja.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.


15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Lakukan Terlebih Dahulu

Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Jika Anda ingin membangun kepercayaan pada tim, maka mulailah dengan terlebih dahulu memberikan kepercayaan Anda untuk mereka.

Baca Juga: 9 Manfaat Keterampilan Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Prospek Karier Anda

Karyawan yang mendapatkan kepercayaan dari pemimpin akan melakukan kinerja yang optimal untuk membalas sikap hormat yang Anda berikan.


Jelaskan Tujuan Perusahaan

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional (5) - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Setiap karyawan bisa berkembang dengan baik saat mereka memiliki gambaran yang lebih besar tentang sasaran dan tujuan perusahaan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang

Penting bagi seorang pemimpin untuk menghubungkan pekerjaan setiap karyawan dengan tujuan yang akan dicapai perusahaan.


Sampaikan Hasil Keuangan Kepada Tim

3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

 

Membicarakan masalah keuangan dengan anggota tim sepertinya menjadi hal yang sangat jarang dilakukan oleh pemimpin perusahaan.

Baca Juga: Menulis CV Tanpa Pengalaman, 5 Langkah Ini Akan Memudahkan Anda Diterima Bekerja

Namun, Anda tetap perlu untuk menjelaskan tentang hasil keuangan dan hasil aktual yang didapatkan saat ini. Transparansi tentang hasil keuangan perusahaan menunjukkan bahwa Anda percaya dengan anggota tim.


Berikan Kepedulian dan Kepercayaan Anda

Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Sikap peduli seorang pemimpin bisa ditunjukkan dengan menginvestasikan waktu dan upaya dalam membantu karyawan mencapai tujuan.

Baca Juga: 5 Perubahan Sederhana yang Bisa Membuat Anda Menjadi Sosok Manajer Inspiratif, Terapkan Sekarang Juga!

Berikan dukungan terkait dengan karir anggota tim Anda. Kepedulian yang Anda berikan kepada mereka akan melahirkan kepercayaan.


Akui Kesalahan dan Kekurangan Anda

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! (2) - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Tidak ada orang yang sempurna dan lepas dari kesalahan. Jika Anda berbuat hal yang salah, maka akuilah hal tersebut.

Baca Juga: 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah!

Mintalah umpan balik dan masukan yang positif dari anggota tim Anda agar bisa menjadi lebih baik. Sampaikan terima kasih kepada anggota tim yang memberikan masukan yang membangun.


Delegasikan Pekerjaan

Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Mulai secara teratur untuk memberikan otoritas Anda dan delegasikan pengembilan keputusan kepada anggota tim yang lain.

Baca Juga: Tingkatkan Komunikasi Internal di Dalam Perusahaan Dengan 7 Cara dan Kiat Berikut

Setiap tindakan yang menunjukkan kepercayaan dan mengizinkan orang lain untuk bertindak dan memutuskan akan memperkuat kepercayaan mereka kepada Anda.


Berikan Apresiasi Kepada Anggota Tim

seorang pengusaha berkomunikasi secara terbuka - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Setiap anggota tim yang berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan harus diberikan apresiasi.

Baca Juga: Apakah Pemimpin Hanya Identik dengan Kekuasaan dan Kekuatan?

Jangan pernah mengambil sorotan dan berkata bahwa pencapaian yang terjadi disebabkan oleh kinerja Anda sendiri.


Tahu Cara Menegur Anggota Tim Anda

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Setiap karyawan pasti pernah melakukan kesalahan di dalam pekerjaan yang dilakukannya. Jika Anda harus menegur kesalahan mereka, maka sebaiknya lakukan di tempat yang jauh dari pandangan banyak orang.


Pemimpin Memiliki Integritas

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Integritas artinya setiap kalimat yang Anda ucapkan sejalan dengan tindakan yang dilakukan. Jika tidak melakukan hal ini, maka bukan tidak mungkin setiap karyawan akan kehilangan kepercayaan kepada Anda.


Bertanggung Jawab

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Pemimpin harus bertanggung jawab atas setiap tindakan dan hasil yang terjadi. Melepaskan tanggung jawab kepada orang lain akan menggagalkan upaya Anda untuk membangun kepercayaan.


Segera Mengatasi Masalah yang Terjadi

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Jangan pernah membiarkan masalah yang rumit dan sulit berlama-lama dan tidak terselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Tidak Minat Membaca Buku Bermanfaat? Terapkan 3 Solusi Jitu Ini

Setiap anggota tim memiliki harapan agar pemimpin mereka bisa mengatasi masalah besar yang terjadi dan membangun kepercayaan pada tim.


Pemimpin Memberikan Contoh

7 Alasan Mengapa Anda Perlu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Ada Banyak Manfaatnya!

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus mengajarkan anggota tim tentang standar atau nilai yang Anda pegang dan lakukan. Anggota tim merupakan gambaran langsung pemimpin yang ada di dalamnya.


Ajarkan Hal yang Penting

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Penting juga untuk mengajarkan anggota tim untuk berbicara dan mengambil keputusan dengan baik. Ajarkan mereka tentang pendekatan yang lebih baik agar bisa melakukan sesuatu hal dengan lebih mudah.


Biarkan Mereka Mendapatkan Pelajaran Atas Kesalahan yang Dilakukan

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Untuk dapat membangun kepercayaan pada tim, saat seorang karyawan berbuat kesalahan, dorong mereka untuk bisa berbagi pelajaran yang didapatkan. Jika diperlukan Anda juga bisa menjelaskan kepada anggota tim tentang kesalahan yang pernah Anda lakukan untuk dijadikan pelajaran.


Miliki Nilai yang Jelas

berikan penekanan pada tiap kalimat presentasi yang baik - Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Perusahaan yang baik selalu beroperasi dengan seperangkat nilai yang jelas. Jika saat ini perusahan Anda tidak memiliki nilai yang jelas, mulailah menentukan nilai-nilai yang menggambarkan hal yang bisa diterima di dalam tim.

Baca Juga: Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini

Melakukan 15 hal di atas akan membangun kepercayaan pada tim dan membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang bisa dipercaya oleh anggota tim yang lain.

Jika memungkinkan, Anda bisa meningkatkan lagi keterampilan kepemimpinan dengan membaca buku atau mengikuti pelatihan dan workshop. Persiapkan dana yang cukup untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Jika saat ini tidak memiliki dana yang memadai, Anda bisa mengambil pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Diri Menjadi Calon Karyawan Menarik

Suku bunga pinjaman dari KoinPintar sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% pj   er bulan atau hanya sekitar 9% per tahun. Pinjaman yang Anda ambil bisa juga dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Dengan adanya bantuan dana pendidikan dari KoinPintar, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat dan dapat membangun kepercayaan pada tim!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.