8 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial - fenomena setelah gajian

8 Hal Yang Harus Dilakukan Millenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini – Bicara soal keuangan memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali yang bisa dikulik, tetapi tujuannya tetap satu, setiap orang ingin mencapai kebebasan finansial.

Namun, bagaimana bisa mencapai kebebasan finansial apabila Anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik? Belum lagi, Anda selalu melakukan pengeluaran berlebih untuk hal-hal yang semestinya bisa dicegah.

Baca juga: Berapa Jumlah Ideal yang Harus Diinvestasikan atau Ditabung? Ini Jawabannya

Salah satu hal terpenting dalam hal keuangan adalah persiapan matang jauh ke depan. Oh ya, dan tentu saja, komitmen.

Berikut ini ada 8 hal yang harus dilakukan milenial untuk keuangan mereka tahun ini. Anda sudah melakukan yang mana saja?

8 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini

Tentukan cara mengatur budget keuangan sesuai versi Anda sendiri

5 Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini - 5 Artikel Terbaik Soal Anak Muda dan Investasi Minggu Ini - 4 Cara Sederhana Menghemat Uang Demi Memenuhi Tujuan Finansial - 5 Tips Keuangan untuk Ekstrovert agar Tak Salah Langkah

Langkah pertama yang harus dilakukan apabila ingin mencapai kebebasan finansial adalah Anda harus bisa melacak pendapatan dan pengeluaran Anda.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an Untuk Menjadi Jutawan Pada Usia 30-an

Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah Anda melakukan pengeluaran berlebih atau selama ini dalam tahap yang wajar.

Untuk melacak keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi finansial di ponsel, atau mencatatnya secara manual di buku Anda. Semua tergantung kenyamanan Anda.


Berinvestasilah secara otomatis

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3 - 4 Langkah Mendapatkan Arti Sukses Keuangan yang Sesungguhnya

Tidak ada waktu untuk berinvestasi? Hmm… rasanya kalimat tersebut tidak lagi tepat. Kecanggihan teknologi yang ditawarkan beragam layanan finansial zaman kini tentu akan memudahkan Anda untuk berinvestasi secara otomatis.

Contoh: KoinWorks memiliki fitur RoboLending di mana Anda bisa berinvestasi secara otomatis dengan imbal hasil yang telah terprediksi sebelumnya. Untuk pinjaman dengan tenor 12 bulan, Anda bisa mendapatkan bunga keuntungan 13%.

Apabila Anda menyisihkan sekitar 20% dari pendapatan Anda untuk berinvestasi, jangan heran apabila di tahun-tahun berikutnya nilai uang Anda akan bertambah!


Apa yang harus dilakukan jika punya utang?

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (6) - utang - kartu kredit - 9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros! - tidak perlu berhutang - 5 Alasan Logis Mengapa Anda Memiliki Banyak Utang Sampai Saat Ini - utang - debt - 5 Hal yang Perlu Dipahami Tentang Rencana Pengelolaan Utang

Oke, bukan cuma soal urusan cinta yang meminta Anda untuk move on, untuk urusan utang, Anda juga perlu move on, dong! Berhentilah hidup seperti “gali lubang, tutup lubang”. Hal tersebut hanya akan membuat Anda hidup tidak nyaman.

Baca juga: 3 Hal Yang Membuat Millenial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

Yang bisa Anda lakukan adalah mencatat semua utang yang dimiliki, bunga yang dikenakan, juga tentukan utang mana saja yang mesti Anda lunasi terlebih dahulu. Sisihkan sekian persen dari pendapatan bulanan Anda untuk melunasi segala utang.

Di kemudian hari, Anda juga bisa mencoba untuk memanfaatkan penggunaan uang tunai dibandingkan kartu kredit.


Buat rencana 5 tahun ke depan

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan oleh generasi milenial adalah membuat rencana 5 tahun ke depan. Lengkapilah rencana tersebut dengan cara Anda merealisasikannya.

Sebagai contoh:

  • Tahun 2020 ingin membeli rumah. Tahun ini meminta kenaikan gaji dan berinvestasi lebih banyak.
  • Melunasi utang konsumtif. Caranya, mengurangi jadwal nongkrong di kedai kopi jadi seminggu sekali dan membawa bekal sendiri.

Minta kenaikan gaji

5 Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini - aturan keuangan untuk usia 30 tahun - 3 Keputusan Emosional tentang Keuangan yang Harus Dihindari - 6 Alasan Mengapa Anda Perlu Memenuhi Kebutuhan Sendiri Terlebih Dahulu

Kalau Anda merasa Anda layak dapat gaji lebih, apalagi mengetahui performa di tempat kerja cukup diperhitungkan, jangan ragu untuk meminta kenaikan gaji.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan Peningkatan Gaji

Namun ingat, ketika Anda memiliki pendapatan yang lebih banyak, bukan berarti Anda boleh sedikit lebih  boros. Pendapatan meningkat, bukan berarti biaya untuk gaya hidup juga meningkat.


Bicarakan soal keuangan dengan partner Anda

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Keuangan merupakan salah satu topik yang bisa Anda komunikasikan dengan pasangan secara terbuka. Apabila Anda single, bicarakan saja dengan teman terdekat Anda.

Tanyakan mereka bagaimana kalau mereka memiliki utang, bagaimana mereka mengatur pendapatan bulanan, dan sebagainya.


Jual barang yang tidak pernah Anda gunakan

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Punya baju atau barang-barang yang tidak pernah dipakai? Sering impulsif membeli barang-barang yang sebenanrya tidak terlalu Anda perlukan?

Nah, daripada menumpuk di kamar, mengapa tidak dijual saja? Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari hasil penjualan tersebut.


Pelajari kemampuan baru

pakaian formal - kemeja - perempuan

Usia muda adalah usia potensial untuk mengeksplorasi dunia lebih jauh. Maka dari itu, jangan hanya berfokus pada hal-hal yang sudah Anda kuasai.

Coba deh, untuk mempelajari kemampuan baru yang bisa memberikan manfaat lebih untuk kehidupan profiesional Anda.

Sebagai contoh, teknik negosiasi, public speaking, money management, dan seterusnya.

Nah, itulah dia 8 hal yang bisa lakukan milenial untuk keuangan mereka. Selamat mencoba dan semoga Anda selangkah lebih dekat kepada kebebasan finansial Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.