4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda – Setiap orang pasti merasakan kesulitan untuk mengelola keuangan, termasuk Anda. Bahkan mungkin setiap pendapatan yang Anda miliki selalu tidak mencukupi sampai akhir bulan dan itu sangat membuat Anda kesal.

Apa sih sebabnya?

Salah satunya bisa saja karena Anda masih belum melek finansial, atau Anda terlalu malas untuk menahan pengeluaran demi kebutuhan-kebutuhan konsumtif Anda.

Baca juga: Merdeka Finansial Bukan Lagi Impian, Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

Nah, melihat permasalahan ini, coba yuk ketahui beberapa cara kekinian dalam mengatur finansial Anda! Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!


4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda

1Ubah Pola Pikir Anda

Ubah Pola Pikir - 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda

Masing-masing orang memiliki cara berpikir atau mindset yang berbeda. Sebuah pemikiran idealis seringkali menghalangi seseorang untuk maju mengikuti perkembangan zaman.

Ubah pola pikir Anda agar lebih dewasa dalam mengatasi segala hal, terutama masalah finansial yang akan berdampak pada masa depan Anda.

Memang, generasi milenial saat ini sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya yang lebih mengedepankan keamanan finansial.

Generasi milenial cenderung menyukai sesuatu yang menantang di hidup mereka, termasuk dalam hal ekonomi dan bisnis.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu berpikir positif dan lebih visioner seperti kebanyakan generasi milenial saat ini. Sebab, pola pikir yang positif akan dapat mempengaruhi kehidupan Anda di masa mendatang.


2Gali Informasi Sebanyak-Banyaknya

Gali Informasi - 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda

Sudah banyak sumber-sumber di internet maupun media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai sumber informasi, mulai dari bidang sosial, ekonomi, hingga politik.

Misalnya seperti salah satu tokoh inspiratif, Merry Riana, yang sukses meraih kemapanan finansial. Anda bisa mengikuti jejak Merry Riana dengan mempelajari tips-tips yang ia berikan di akun media sosialnya.

Media daring lainnya, seperti Youtube, dapat Anda gunakan juga untuk menggali informasi tentang perbankan lebih mendalam.

Namun, tetap saja Anda harus pandai memilah mana informasi yang tepat dan mana yang hanya membawa pengaruh buruk bagi Anda.

Pada intinya, carilah pengetahuan sebanyak-banyaknya di berbagai media yang ada di sekitar Anda.


3Catat Pemasukan dan Pengeluaran Secara Rutin

Pencatatan - 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda

Sebenarnya cara kekinian berikut ini termasuk cara sederhana yang sudah diketahui banyak orang tapi sulit diimplementasikan.

Kebanyakan alasannya adalah karena lupa dan malas, yang berujung menyesal saat Anda kehabisan uang untuk keperluan mendadak di akhir bulan.

Usahakan untuk mencatat aliran dana Anda setiap minggu atau setiap bulannya, baik pengeluaran maupun pemasukan.

Pencatatan ini sangat berguna untuk mengatur finansial Anda, sehingga tidak akan ada lagi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang tingkat urgensinya tinggi walaupun sudah di penghujung bulan.


4Manfaatkan Teknologi di Sekitar Anda

Manfaatkan Teknologi di Sekitar Anda

Kecanggihan teknologi saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Segala hal berbasis teknologi bisa Anda temukan dengan mudah di manapun, dan aksesnya pun juga bisa dilakukan kapanpun Anda mau.

Salah satu cara kekinian yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pengelola finansial.

Sudah banyak aplikasi-aplikasi finansial yang berfungsi untuk mencatat dan menghitung keuangan Anda secara otomatis, tentu saja ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur finansial bulanan Anda.

Selain itu, ada pula aplikasi yang menawarkan layanan pinjaman dana dan investasi. Misalnya seperti KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan fintech berbasis peer-to-peer lending yang mempertemukan pendana dan peminjam dalam satu platform online dengan teknologi mutakhir.

Selain mendanai dan memperoleh keuntungan berlipat, Anda juga bisa mendaftar sebagai peminjam dana di KoinWorks.

Khusus bagi Anda yang tengah kesulitan mengembangkan bisnis atau kesulitan melunasi biaya pendidikan di sekolah atau kampus Anda, KoinWorks adalah solusi yang tepat.

Sebab, Anda akan mendapat pinjaman dana di KoinBisnis dan KoinPintar mulai dari Rp 10 juta – Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0.75% – 1.67% per bulannya tergantung tenor waktu yang Anda pilih.

Dengan memanfaatkan teknologi masa kini, Anda tidak akan kesulitan untuk mengatur kebutuhan finansial Anda, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Semoga artikel yang membahas tentang cara kekinian dalam mengatur finansial ini bermanfaat bagi Anda.

Semoga berhasil!



Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.