9 Tantangan Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda – Kondisi keuangan yang tidak baik atau bahkan buruk karena lebih banyak pengeluaran daripada pendapatan bisa disebabkan oleh beberapa hal yang selama ini Anda lakukan.

Atau bisa juga dikarenakan ada beberapa hal yang luput Anda terapkan untuk menjaga kondisi finansial tetap sehat.

Baca juga: 5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Cara memperbaiki kondisi di atas sangatlah mudah, Anda hanya perlu menantang diri sendiri untuk mulai melakukan hal-hal yang terbukti mampu memperbaiki kondisi keuangan. Berikut 9 tantangan memperbaiki kondisi keuangan Anda.

9 Tantangan Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda

1. Mulailah Melakukan Penganggaran

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Anggaran keuangan merupakan alat terbaik yang perlu dimiliki agar bisa mengubah masa depan keuangan yang ada.

Mulai saat ini anggarkan setiap penghasilan bulanan yang didapatkan ke berbagai pos-pos mulai dari biaya bulanan, utang yang harus dibayar setiap bulan, dan tabungan serta investasi.


2. Latih Diri Untuk Mengurangi Makan di Luar

makan mie instan - tidak sehat

Harus diakui bahwa makan di warung makan atau restoran lebih praktis, dibandingkan harus mengolah berbagai bahan makanan untuk dimasak. Namun, jika Anda membiasakan diri makan di luar, akan ada lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Tantang diri Anda untuk memasak makan siang sendiri selama 1 minggu, bulan berikutnya 2 minggu, dan seterusnya sampai 1 bulan penuh.

Saat melakukan perubahan kebiasaan makan, Anda pasti akan terkejut dengan berapa jumlah uang yang bisa dihemat dalam sebulan.


3. Buat Rencana Makanan Selama 1 Bulan

bekal makanan

Tantangan ketiga ini masih sangat erat berhubungan dengan tantangan sebelumnya yang sudah dijelaskan.

Tujuan dari merencanakan menu makanan selama 1 bulan adalah untuk mengurangi kemungkinan berbagai bahan makanan terbuang percuma, karena Anda tidak menggunakannya dengan optimal.


4. Biasakan Diri Anda Membaca Artikel atau Buku tentang Personal Finance

buku bisnis terbaik untuk pengusaha - buku untuk pebisnis online - buku tentang bisnis

Jika Anda ingin memperbaiki kondisi keuangan, namun tidak mengetahui ilmunya, membaca berbagai pengetahuan tentang keuangan pribadi merupakan solusi yang bisa dilakukan.

Baca juga: Rekomendasi Buku Wajib Untuk Investor Pemula

Ada banyak sekali buku-buku yang membahas tentang cara terbebas dari utang, cara mengelola pendapatan, dan cara berinvestasi dengan bijak.

Atau Anda juga bisa membaca berbagai ilmu keuangan dan investasi secara gratis melalui berbagai website keuangan yang terpercaya seperti Blog Koinworks.Pastikan sumber bacaan Anda bisa dipercaya dan kredibel!


5. Mulai Belajar dan Menerapkan Investasi untuk Masa Depan

Cara Menghindari Inflasi Dengan Investasi Online - investasi paling menguntungkan - menurut zodiak

Salah satu kunci dalam membangun kekayaan adalah menjalankan investasi dan mempelajarinya setiap saat. Buku yang dikeluarkan oleh Robert Kiyosaki berjudul “Rich Dad, Poor Dad” bisa menjadi salah satu bahan bacaan terbaik yang bisa dibaca.

Untuk memulai investasi Anda tidak harus menggunakan modal yang sangat besar, sebab hanya dengan uang  Rp100.000 Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks. Imbal hasil yang akan didapatkan juga sangat kompetitif yang mencapai 18% dalam setahun, tergantung resiko yang berani Anda tanggung.

Lewat platform yang ditawarkan oleh KoinWorks, Anda bisa mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan seperti untuk uang pangkal sekolah anak, membayar DP rumah, atau dana berlibur pulang ke kampung halaman.


6. Segera Bayar Utang Anda

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang - 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit

Memiliki banyak utang tidak akan membuat hidup Anda tenang dan biasanya banyak orang yang terjebak dengan kemudahan berutang melalui kartu kredit.

Jika saat ini Anda memiliki utang kartu kredit atau utang yang lainnya, maka segeralah membuat rencana untuk melunasi berbagai utang tersebut.

Dengan semakin cepat utang tersebut dilunasi, maka akan semakin cepat pula Anda memiliki dana lebih untuk berinvestasi dan menabung sebagai rencana di masa depan.


7. Jangan Gunakan Kartu Kredit!

Gestun (Gesek Tunai), Metode Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit - 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak

Memiliki kartu kredit akan semakin memudahkan Anda untuk membeli berbagai keperluan yang tidak mampu Anda penuhi dengan menggunakan uang tunai.

Saat ini terjadi dan Anda tergoda dengan jebakan kartu kredit, maka akan semakin banyak utang menumpuk yang harus dicicil setiap bulan. Belum lagi dengan adanya beban bunga yang harus Anda bayarkan saat memiliki kartu kredit tersebut.


8. Temukan Sumber Penghasilan Tambahan

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan

Jika Anda masih muda dan memiliki banyak waktu luang sepulang bekerja atau di akhir pekan, tidak ada salahnya untuk menemukan sumber penghasilan tambahan baru.

Baca juga: Kecewa dengan Kondisi Finansial Anda? Ini Tips Untuk Memperbaikinya

Dengan memiliki sumber penghasilan tambahan, artinya ada lebih banyak uang yang bisa dikumpulkan setiap bulan. Selain itu dengan adanya sumber penghasilan tambahan Anda juga tidak perlu terlalu bergantung dengan penghasilan utama.

Temukan berbagai ide yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan sampingan di luar pekerjaan utama. Dengan semakin banyak sumber penghasilan yang Anda dapatkan, maka semakin mudah juga Anda membangun kekayaan dan keluar dari jeratan utang.


9. Tingkatkan Keterampilan Anda

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - bebas secara finansial - financial freedom

Keterampilan kerja yang lebih baik artinya Anda akan semakin kompetitif dan produktif dalam bekerja. Dengan demikian, kemungkinan Anda mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar dari perusahaan dan juga pendapatan yang lebih besar akan semakin terbuka lebar.

Ikuti berbagai pelatihan tambahan atau sertifikasi yang mampu mengasah keterampilan Anda menjadi lebih baik. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya mengambil gelar pascasarjana untuk mendapatkan ilmu di perguruan tinggi.

Itulah dia 9 tantangan memperbaiki kondisi keuangan Anda. Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.