5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik – Tujuan apapun jenisnya akan selalu mengarahkan ke sesuatu yang lebih baik di masa depan.

Begitu juga dengan tujuan keuangan yang mampu mengarahkan Anda ke berbagai kemudahan di masa depan.

Tanpa adanya tujuan keuangan, penghasilan yang dimiliki akan terbuang percuma karena ketidakmampuan Anda mengelolanya.

Baca Juga: Krisis Keuangan? Don’t Worry Be Happy Selama Anda Melakukan 6 Tips ini

Untuk itulah sangat penting untuk memiliki tujuan keuangan demi kehidupan yang lebih baik. Berikut ini beberapa tujuan keuangan yang perlu dipertimbangkan untuk ada di dalam daftar tujuan keuangan Anda.

5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

1. Bertekad Untuk Memiliki Dana Darurat

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Dana darurat menjadi salah satu tujuan keuangan yang perlu Anda rencanakan untuk bisa dicapai di masa depan. Dengan adanya dana darurat, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan berbagai masalah keuangan yang bisa saja suatu saat muncul.

Dana darurat bisa Anda gunakan dalam kondisi darurat dan mendesak seperti saat Anda kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba, saat ada keluarga yang sedang sakit dan membutuhkan biaya medis yang besar, atau lain sebagainya.


2. Bertekad untuk Keluar dari Jeratan Utang

sebuah studi daya tarik pria utang

Utang yang dimiliki mengharuskan Anda untuk melunasinya di masa depan dan hal ini tentu saja akan membebani pikiran. Masalah psikologis seperti stres dan depresi sangat rentan Anda dapatkan saat memiliki banyak utang yang menjerat.

Baca Juga: Ingin Semakin Ahli Dalam Mengatur Keuangan? Yuk Pakai 4 Aplikasi Keuangan Gratis Ini!

Segera tekadkan diri Anda untuk keluar dari utang! Dengan terbebas dari utang, Anda bisa terbebas dari beban pembayaran yang harus dibayarkan setiap bulannya, Anda juga memiliki kendali penuh atas penghasilan yang didapatkan.

Tidak hanya itu saja dengan terbebas dari utang artinya ada lebih banyak uang yang bisa ditabung dan diinvestasikan untuk masa depan keluarga.

Anda bisa menyisihkan sebagai pendapatan ke KoinWorks yang merupakan platform investasi peer to peer lending yang terpercaya. Cukup sisihkan uang minimal  Rp100.000 dalam sebulan, maka Anda berpotensi untuk mendapatkan potensi imbal hasil mulai dari 18% dalam setahun.


3. Tambah Arus Penghasilan Anda

cara menghasilkan passive income

Jika Anda memiliki waktu senggang sepulang bekerja atau di akhir pekan, maka pertimbangkan untuk menambah jumlah pendapatan yang bisa dihasilkan.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kebiasaan Kaum Millennial Dalam Mengatur Keuangan?

Anda bisa memulai bisnis sampingan yang bisa saja menjadi pekerjaan utama, saat mampu menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari pekerjaan utama.

Dengan adanya uang ekstra dari pendapatan tambahan, maka dana tersebut bisa Anda gunakan untuk mendanai tabungan pensiun di masa depan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menyisihkan pendapatan tersebut untuk melunasi utang yang ada.


4. Bertekad untuk Hidup di Bawah Kemampuan Anda

cara berhemat yang salah - berhemat di bulan puasa - pengeluaran sehari-hari

Ini merupakan cara selanjutnya guena memenuhi tujuan keuangan demi kehidupan yang lebih baik. Ya, tidak peduli seberapa besar penghasilan yang didapatkan, jika Anda memiliki pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, keuangan Anda akan tetap defisit.

Tekadkan diri untuk memiliki pengeluaran yang lebih rendah dari jumlah penghasilan yang didapatkan. Dengan demikian akan ada lebih banyak dana yang bisa Anda manfaatkan untuk ditabung dan diinvestasikan. Dengan demikian, Anda bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.


5. Rencanakan untuk Melakukan Pekerjaan yang Anda Cintai

menulis blog - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Melakukan pekerjaan yang disukai akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan dan potensi peningkatan pendapatan di masa depan.

Mulailah saat ini merencanakan untuk melakukan pekerjaan apapun yang disukai dan Anda bergairah untuk melakukannya. Jangan pernah melakukan pekerjaan hanya berdasarkan gaji dan pendapatan yang ditawarkan.

Melakukan pekerjaan yang tidak disukai akan membuat Anda memiliki kinerja di bawah rata-rata dan hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah penghasilan yang didapatkan.

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Hal di atas tentu saja berbeda, saat Anda melakukan pekerjaan yang disukai dan Anda bergairah melakukannya.

Kinerja yang bisa dihasilkan akan semakin optimal dan kondisi seperti ini menjadi peluang Anda untuk meningkatkan jumlah penghasilan yang didapatkan.  

Tetapkan tujuan Anda. Merencanakan keuangan di masa depan perlu dilakukan agar Anda bisa mencapai berbagai kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan yang lebih baik itu bisa dalam bentuk terbebas dari jeratan utang, memiliki dana pendidikan yang cukup untuk anak Anda, dan memiliki rumah yang menjadi tempat keluarga berteduh.

Tanpa adanya tujuan keuangan, Anda seperti berjalan tanpa arah dan berakhir pada kondisi keuangan yang buruk.

Anda bisa saja menghabiskan uang secara berlebihan, tidak memperdulikan investasi untuk masa depan, hidup berfoya-foya, dan mengambil utang kartu kredit yang membuat Anda semakin terjerat utang.

Tidak ada orang yang ingin berada dalam kondisi keuangan yang buruk, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mulai saat ini mempersiapkan tujuan keuangan di masa depan.

Salah satu tujuan keuangan penting yang berpotensi meningkatkan nilai kekayaan Anda di masa depan adalah berinvestasi. Sisihkan sebagian kecil pendapatan Anda untuk diinvestasikan ke instrumen yang memberikan tingkat imbal hasil yang kompetitif.

KoinWorks bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan, karena potensi imbal hasil yang didapatkan bisa mencapai 18% dalam setahun.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berkontribusi membangun perekonomian Indonesia saat berinvestasi melalui KoinWorks.

Hal ini dalam terjadi karena KoinWorks merupakan platform  peer to peer lending yang akan mempertemukan pelaku usaha yang membutuhkan pinjaman dan Anda selaku investor yang memberikan pinjaman.

Investasi yang menguntungkan kedua belah pihak!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.