Home » Strategi Bisnis » Kisah Sukses Pebisnis di Bidang Kosmetik yang Bisa Kamu Pelajari

Kisah Sukses Pebisnis di Bidang Kosmetik yang Bisa Kamu Pelajari

Kisah sukses seorang pebisnis kosmetik selalu menjadi topik yang menarik bagi orang-orang yang baru saja merintis usaha. Apalagi kita semua tahu bahwa kesuksesan tidak diraih dengan cara instan. Hal ini juga dirasakan oleh para pebisnis sukses di bidang kosmetik yang mayoritas pendirinya adalah perempuan.

Jika kamu tertarik menjadi pebisnis di industri kecantikan seperti kosmetik, simak artikel di bawah ini, ya! Kami akan jelaskan kisah sukses nan inspiratif dari para pebisnis di bidang kosmetik yang bisa kamu ambil tips dan pelajarannya.

Kisah Sukses Pebisnis di Bidang Kosmetik

Nah, berikut ini adalah berbagai kisah sukses pebisnis di bidang kosmetik yang bisa menginspirasi kamu:

1. Erlyanie

Nama perempuan asal Boyolali, Jawa Tengah ini sudah tidak asing di kalangan pebisnis kosmetik. Ia adalah founder dari B Erl Cosmetics yang kini sudah memiliki lebih dari 50 ribu member di seluruh Indonesia.

Erlyanie mengawali kariernya dengan mencoba jualan online. Mulai dari panci, obat herbal, alat olahraga, hingga handphone. Ketertarikannya dalam bisnis dan penguasaan terhadap teknik copywriting membuatnya berhasil sukses menjadi seorang pebisnis.

Lalu, passion-nya di industri kosmetik membuat Erlyanie memilih untuk menekuni industri tersebut. Sejak itulah, ia mengumpulkan modal dari bisnis online shop hingga akhirnya berhasil membuat brand bernama B Erl.

Produk pertama yang diluncurkan adalah facial serum dengan formula khusus sehingga aman bagi kulit wajah. Ia pun terus berinovasi agar B Erl bisa menjadi brand kosmetik lokal dengan kualitas internasional.

Kini, brand kosmetik milik Erlyanie memiliki 12 produk skincare serta 11 produk make up. Dalam waktu dekat, Erlyanie akan memperluas range produk brand miliknya ke ranah bodycare dan personal care.

2. Lizzie Parra

Pecinta kosmetik pasti tidak asing dengan nama Lizzie Parra. Ia adalah makeup artist sekaligus influencer di bidang kecantikan yang memiliki brand kosmetik bernama By Lizzie Parra (BLP).

Perempuan 31 tahun ini memulai bisnis kosmetik skala kecil. Setelah itu, ia membuat proposal bisnis untuk mengawali bisnisnya. 

Sebelum berhasil menjadi brand kosmetik sebesar sekarang, Lizzie selalu membuat perencanaan yang matang termasuk branding yang akan dilakukan.

Bagi Lizzie, keberhasilan sebuah produk ditentukan dari branding. Makanya, Lizzie selalu mengingatkan pelaku industri kecil untuk memahami branding produk dengan baik.

Sejak awal, brand BLP sudah sangat paham tentang branding, sehingga Lizzie mengerti cara memposisikan brand BLP agar tampak mewah layaknya produk kosmetik internasional.

Selain itu, Lizzie juga kerap mendatangi pabrik kosmetik hingga akhirnya menemukan pabrik yang mau bekerja sama dengannya.

Sejak tahun 2016, BLP Lip Coat menjadi produk best seller yang selalu diserbu pecinta kosmetik. Brand milik Lizzie Parra tersebut sudah mempunyai 28 produk berbeda dengan kualitas internasional.

3. Shandy Purnamasari

Shandy Purnamasari adalah pemilik brand kosmetik MS Glow yang sukses memecahkan Rekor MURI. Bersama partner bisnisnya, Kadek Maharani Kemala Dewi, Shandy telah menggandeng banyak selebritis Indonesia sebagai brand ambassador bisnis mereka.

Ia memulai bisnis kosmetik pada tahun 2010 dengan memanfaatkan media sosial seperti BlackBerry Messenger, Facebook, Kaskus, dan lainnya. 

Sebelum mempunyai brand sendiri, Shandy adalah seorang reseller produk kecantikan milik seorang dokter. Kemudian, Shandy dan Maharani merintis produk kecantikan bernama MS Glow pada tahun 2013. Keduanya kompak memaksimalkan penggunaan media sosial untuk branding dan mengembangkan bisnisnya.

Hingga kini, penjualan MS Glow sudah tembus jutaan pcs per bulannya dan memiliki lebih dari 40 jenis produk kecantikan yang sudah mengantongi sertifikasi halal MUI serta lulus BPOM.

Bagi Shandy, memberdayakan perempuan menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnisnya karena ia ingin membentuk perempuan yang berdaya dan mandiri secara finansial.

Selain itu, bisnis MS Glow memang tampak sangat pandai dalam melihat peluang. Jadi, tidak heran jika kini MS Glow sudah memiliki lebih dari 50 ribu reseller di seluruh Indonesia.

4. Livienne Russellia

Livienne adalah CEO PT Cakra Daya Makmur yang membawahi brand kosmetik Martinez. Ia memulai bisnis tersebut pada tahun 2007 sebagai industri rumahan.

Ketekunannya dalam menjalani bisnis berhasil membuatnya mendirikan pabrik pertama pada tahun 2010 dengan luas mencapai 1 hektar. Adapun motivasi Livienne dalam membangun bisnis kosmetik karena dulu ia banyak menemukan produk kecantikan di Indonesia yang tidak sesuai standar. 

Akhirnya, ia semakin berkomitmen untuk terjun di industri kecantikan dengan membuat produk berkualitas. Kini produk kosmetiknya sudah dijual bebas di pasaran, mulai dari skincare, perawatan rambut, hingga makeup.

Bahkan, kini brand kosmetik Livienne sudah menembus pasar internasional, seperti Korea, Oman, Norwegia, dan Kamerun. Baginya, kerja keras dan selalu berpikir positif adalah faktor yang membawanya mencapai kesuksesan di bidang bisnis kosmetik ini.

Ingin Jadi Pebisnis Kosmetik Sukses di Indonesia?

Itulah 4 kisah sukses pebisnis bidang kosmetik di Indonesia yang bisa kamu ambil pelajarannya. Jadi, kamu akan terus terinspirasi dan termotivasi untuk bisa seperti mereka atau bahkan lebih dari itu. 

Maka dari itu, tetap semangat dan kerja keras agar mimpimu menjadi pebisnis kosmetik sukses bisa terwujud, ya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​