Home » Strategi-bisnis » 8 Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Pakaian Kamu, beserta Harganya

8 Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Pakaian Kamu, beserta Harganya

8 Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Pakaian Kamu, beserta Harganya

Apa saja alat dan perlengkapan yang kamu butuhkan dalam memulai sebuah bisnis pakaian?

Jika kamu akan terjun ke bisnis fashion, ada beberapa perlengkapan bisnis yang perlu kamu siapkan sebelumnya.

Dengan adanya beragam perlengkapan ini, tentu kamu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis pakaian kamu.

Lalu, apa saja perlengkapan yang kamu butuhkan tersebut?


8 Perlengkapan & Kebutuhan untuk Memulai Bisnis Pakaian

Dalam menjalankan bisnis pakaian, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelumnya; mulai dari alat & perlengkapan, hingga kebutuhan-kebutuhan penting lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya kamu butuhkan dalam memulai sebuah bisnis pakaian.

Silakan disimak!


1. Tempat atau lokasi

Sebenarnya, sebuah tempat bukan merupakan bagian dari alat, namun sudah pasti menjadi salah satu bagian dari perlengkapan bisnis yang penting.

Biaya untuk tempat bisa saja gratis, sampai dengan sejumlah nominal tertentu. Jika kamu membuka bisnis pakaian dari rumah, maka tentu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Lain lagi jika kamu harus menyewa tempat seperti kios, ruko, atau lapak. Jika begitu, tentu kamu harus menyiapkan modal tambahan untuk biaya sewa.

Sebagai estimasi, biaya sewa ruko berkisar di angka Rp15.000.000,00 hingga Rp25.000.000,00 per tahun (tergantung luas dan lokasi tempat tersebut).


2. Produk pakaian

Perlengkapan penting berikutnya adalah objek bisnis itu sendiri, yaitu produk pakaian.

Ada berbagai model pakaian yang bisa kamu pilih, tergantung jenis pasar incaran kamu.

Jika target kamu adalah wanita, maka kamu bisa menyiapkan kemeja, kaos, jilbab, celana panjang, rok, blouse, tank top, dan baju dalam.

Sementara itu, apabila target konsumen kamu adalah kaum pria, maka kamu perlu siapkan jas, kemeja, celana bahan dan celana jeans, t-shirt, dan topi.

Perkiraan harga untuk penyediaan aneka pakaian ini berada di angka minimal Rp10.000.000,00.

Namun, agar variasi produk kamu lebih lengkap, dan mampu memenuhi seluruh permintaan calon konsumen, maka sebaiknya kamu memiliki anggaran antara Rp10.000.000,00 hingga Rp 30.000.000,00.


3. Etalase

Etalase adalah alat dan perlengkapan bisnis pakaian yang cukup penting, sebab ini akan kamu gunakan untuk  memajang produk pakaian yang kamu miliki.

Biaya yang harus bisnismu keluarkan akan bervariasi, tergantung pada ukuran dan model dari etalase tersebut.
Tetapi agar lebih mudah, estimasi harga etalase yang perlu kamu siapkan mulai dari Rp4.000.000,00 hingga Rp12.000.000,00.

Adapun bahan etalase dapat terbuat dari berbagai jenis.

Bahan paling umum adalah dari kaca & aluminium. Selain itu, ada pula etalase terbuat dari seng dan kayu. Jenis etalase yang biasanya paling tahan lama dan modern saat ini adalah etalase dari bahan stainless steel.


4. Perlengkapan toko

Selain produk dan tempat untuk memajang pakaian, kamu juga harus memikirkan beragam alat dan perlengkapan bisnis pakaian yang harus ada di dalam toko.

Berbagai komponen ini akan membantu kegiatan operasional harian kamu. Sebut saja berbagai peralatan standar namun penting, seperti meja, kursi, cermin, alat tulis, lemari baju, hanger, dan rak pakaian.

Estimasi modal rata-rata untuk semua perkakas ini dapat berkisar mulai dari Rp6.000.000,00 hingga Rp12.000.000,00.

Kembali lagi, semua itu tergantung pada kualitas dan jumlah perlengkapan yang akan kamu siapkan di dalam toko.


5. Jaringan internet

Mengapa jaringan internet perlu kamu masukkan ke dalam perlengkapan bisnis?

Sebab di masa kini, hampir tidak mungkin kamu terhindar dari promosi menggunakan internet.

Agar lebih banyak pembeli yang mendatangi toko atau melakukan transaksi secara online, penting sekali untuk menyiapkan jaringan internet yang baik.

Untuk itu, kamu perlu membuat anggaran instalasi alat jaringan internet berkisar antara Rp100.000,00 hingga Rp500.000,00 per bulannya.


6. Alat komunikasi digital

Demi menunjang promosi, kamu harus memanfaatkan gadget semaksimal mungkin.

Karena itu, kamu perlu memiliki smartphone, tablet, atau laptop agar bisnis pakaian kamu semakin gencar berpromosi secara digital.

Siapkan perlengkapan komunikasi ini pada kisaran harga Rp3.000.000,00 – Rp5.000.000,00.

Apabila kamu memiliki keleluasaan modal, maka tidak ada salahnya kamu menaikkan anggaran kamu. Sebab, dengan anggaran yang lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan gadget dengan kualitas lebih baik.


7. Peralatan keamanan toko

Faktor lain yang harus kamu siapkan adalah alat dan perlengkapan bisnis pakaian terkait dengan keamanan.

Terlepas dari lokasi, baik bisnis yang kamu jalankan di rumah sendiri atau sewa, kamu sama-sama perlu menyiapkan perlindungan dari kejahatan dan risiko kebakaran.

Siapkan beberapa alat keamanan berikut:

  • Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Harga APAR bervariasi mulai dari Rp200.000,00 – Rp300.000,00.
  • Sistem CCTV. Alat dan peralatan video keamanan ini bisa kamu siapkan anggarannya mulai dari Rp900.000,00 – Rp2.000.000,00.
  • Folding door. Kekuatan dan keamanan pintu sangat penting untuk mencegah kebobolan. Biaya yang perlu kamu keluarkan berkisar antara Rp1.000.000,00 – Rp15.000.000,00.
  • Alarm. Alarm akan memperingatkan pemilik dan orang sekitar akan risiko kejahatan. Variasi harga alarm yang aman berada di kisaran Rp1.000.000,00 – Rp14.000.000,00 per unitnya.

8. Manekin

Manekin adalah patung peraga yang wajib ada saat kamu menjalankan bisnis pakaian.

Pada umumnya ada empat jenis manekin yang bisa kamu gunakan. Di antara jenis tersebut, yang paling umum adalah tailoring atau peraga tanpa kepala, head atau manekin dengan kepala, bagian kepala saja, dan manekin realistik.

Manekin realistik memiliki detail tambahan seperti make up untuk menambah daya tarik, dan agar konsumen mudah membayangkan seperti apa tampilan mereka nanti saat mengenakan busana yang mereka beli dari toko kamu.

Harganya sendiri untuk manekin setengah badan sekitar Rp30.000,00, manekin setengah badan tanpa kepala juga memiliki perkiraan harga yang sama. Sementara manekin yang dilengkapi dengan tiang kayu berada di kisaran harga Rp70.000,00 per buah.


Pentingnya Menyiapkan Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Pakaian

Nah, itulah beberapa alat dan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis pakaian. Semoga bisa membantu kamu menyiapkan bisnis fashion milik kamu sendiri.

Pastikan seluruh modal dan anggaran kamu alokasikan pada keperluan yang tepat. Dengan begitu, kamu mampu menjalankan bisnis dengan lebih tenang dan dengan pijakan yang kuat.

Selamat mencoba ya!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

 

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
8 Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Pakaian Kamu, beserta Harganya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​