Home » Strategi-bisnis » Dapatkan Respon Positif Konsumen Bisnis Pakaian dengan Cara Ini!

Dapatkan Respon Positif Konsumen Bisnis Pakaian dengan Cara Ini!

Dapatkan Respon Positif Konsumen Bisnis Pakaian dengan Cara Ini!

Mendapatkan respon positif konsumen merupakan tujuan dari bisnis pakaian. Dengan adanya respon positif, maka performa penjualan bisnis juga akan meningkat. Lalu, bagaimana cara mendapatkan respon positif pelanggan bisnis pakaian? Simak cara berikut!

Cara Mendapat Respon Positif Konsumen Bisnis Pakaian

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan testimoni positif pada bisnis pakaian. Berikut ini adalah cara di antaranya:

Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan

Pelayanan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis untuk mendapatkan respon dan testimoni positif dari pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang optimal pada pelanggan, maka pelanggan akan merasa puas dan dihormati, sehingga respon positif akan diberikan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan pelanggan:

  • Berpakaian rapi dan sopan ketika melayani pelanggan.
  • Menggunakan panggilan yang sopan pada pelanggan, seperti Anda, Ibu/Bapak, atau Kakak. Hindari panggilan yang santai seperti Agan.
  • Selalu menjaga ekspresi wajah. Pastikan melayani pelanggan dengan senyuman.
  • Melayani setiap keinginan pelanggan selama tidak melanggar aturan dengan baik. 

Jika bisnismu sudah memiliki beberapa karyawan, alangkah baiknya jika kamu mengadakan training pelayanan pelanggan. Kamu bisa bekerja sama dengan lembaga penyedia training, seperti Bina Mutu Bangsa dan Direktori Training. Harga kerja sama mulai dari Rp1.000.000,00.

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan respon positif konsumen bisnis pakaian adalah membina hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini bisa kamu lakukan pada calon pelanggan atau pelanggan yang sudah kamu layani sebelumnya. 

Menjaga komunikasi dengan pelanggan akan membantu bisnismu memiliki kesan baik di mata pelanggan. Adapun beberapa cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah:

  • Menerima komplain dan menanggapinya dengan baik, apabila terdapat komplain pelanggan.
  • Menjawab dengan cepat setiap pertanyaan dari pelanggan yang diberikan, baik secara online maupun offline,
  • Anggap pelanggan seperti keluarga dengan cara memberi ucapan pada hari-hari besar tertentu.
  • Aktif memberikan brosur atau katalog produk terbaru kepada pelanggan.

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang baik, kamu dapat mempelajarinya di sini.

Memastikan Kualitas Produk yang Baik 

Bisnis pakaian merupakan bisnis yang sangat berorientasi terhadap keberadaan produk. Oleh karena itu, penting adanya untuk selalu memastikan kualitas produk yang kamu jual baik. Hal ini dikarenakan, produk yang kamu jual akan mencerminkan performa bisnis kamu.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kualitas produk pakaian agar tetap baik:

  • Memastikan bahan baku kain yang digunakan adalah bahan baku berkualitas. Kamu dapat mempelajari bahan baku pakaian di sini.
  • Selalu up-to-date dan mengikuti tren perkembangan pakaian. Kamu dapat mengikuti akun-akun ootd seperti outfitfromabove.
  • Memperhatikan kondisi penyimpanan produk pakaian yang sudah jadi. Sebaiknya kamu menyimpan di tempat yang kering dan teduh.
  • Selalu menjaga kebersihan di area display produk pakaian.

Kamu juga bisa menerapkan sistem quality control pada bisnis kamu untuk menjaga kualitas produk. Kamu dapat mempelajari sistem quality control secara mendetail di sini.

Mengarahkan Pelanggan untuk Membuat Testimoni Pelanggan

Setelah berbagai upaya telah kamu lakukan untuk memberikan performa yang baik pada bisnis pakaianmu. Selanjutnya kamu dapat mengarahkan konsumen bisnis untuk membuat respon positif atas pembelian pakaian di toko kamu. 

Kamu dapat menggunakan beberapa platform percakapan atau media sosial agar pelanggan dapat memberikan testimoni. Berikut adalah beberapa platform testimoni yang bisa kamu gunakan:

  • Pesan WhatsApp. Kamu dapat menanyakan pengalaman membeli produk pakaian dan menggunakannya sebagai bukti kepada calon pelanggan lain.
  • Ulasan Google. Kamu dapat mengarahkan pelanggan untuk memberikan ulasan pada laman bisnis mu yang berada di Google.
  • Ulasan e-commerce. Hal ini bisa kamu lakukan jika tokomu sudah terdaftar pada e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.

Setelah mendapatkan testimoni, kamu dapat menggunakan testimoni tersebut untuk menarik pelanggan baru dengan cara mengunggah testimoni tersebut di sosial media bisnis.

Memanfaatkan Sosial Media dengan Baik

Selanjutnya kamu dapat mengoptimalkan pemanfaatan sosial media. Sosial media dalam era digital merupakan wadah yang tepat untuk memberikan ulasan pada berbagai bisnis. Kamu juga dapat dengan mudah mencari pelanggan dan calon pelanggan melalui sosial media.

Performa sosial media juga harus kamu perhatikan untuk mendapatkan testimoni positif dari pelanggan. Kamu perlu memperhatikan isi konten, konsistensi unggahan, engagement konten, dan sebagainya. Kamu dapat mempelajari cara meningkatkan performa sosial media di sini.

Ulasan yang bisa didapatkan dalam sosial media bisa berupa pesan singkat, komentar, video review, atau dengan menggunakan fitur question box pada Instagram.

Siap Mendapatkan Respon Positif Konsumen Pakaian?

Berikut tadi merupakan tips dan cara untuk mendapatkan respon positif konsumen pada bisnis pakaian yang sedang kamu jalankan. Masih banyak lagi cara dan kiat untuk membuat bisnis pakaian kamu semakin maju. Oleh karena itu, jangan bosan untuk terus belajar, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Dapatkan Respon Positif Konsumen Bisnis Pakaian dengan Cara Ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​