Home » Strategi-bisnis » Cara Meningkatkan Testimoni Positif untuk Bisnis Hijab

Cara Meningkatkan Testimoni Positif untuk Bisnis Hijab

Cara Meningkatkan Testimoni Positif untuk Bisnis Hijab

Pernahkah kamu menerima testimoni buruk dari konsumen? Faktanya, penilaian konsumen bukan karena kualitas produk saja, lho. Demi meminimalisir hal tersebut terjadi lagi, yuk simak bagaimana cara meningkatkan testimoni positif dari konsumen berikut ini!

Sebelum itu, kamu perlu menyadari bahwa memang saat ini ada beberapa perubahan dalam bisnis produksi barang. Jadi, misalnya hijab, pakaian, tas, dan lain-lain. Perubahan ini meliputi cara pengemasan, pengiriman, hingga harga produk.

Jika kamu menjualnya secara online, hal-hal tersebut bisa sangat berpengaruh pada review atau testimoni yang konsumen berikan. Tentunya ini juga akan berimbas pada penilaian toko di marketplace.

Jadi, kamu perlu memberikan “tenaga” sedikit lebih banyak ketimbang menjual produk secara offline. Sehingga, performa dan nilai tokomu di marketplace tetap tinggi dan stabil.


Cara Meningkatkan Testimoni Positif

Belakangan ini trend hijab semakin beragam, sehingga muncul banyak sekali kompetitor di bidang tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu memberikan value lain yang menjadi selling point bisnis hijabmu dan meningkatkan testimoni positif dari konsumen, seperti berikut ini:

Kualitas dan Harga

Beberapa tahun terakhir ini masyarakat semakin jeli dalam berpenampilan. Mereka tidak segan untuk membeli produk berkualitas tinggi, meski dibanderol dengan harga selangit.

Misalnya, hijab berbahan voal cenderung dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang bahan katun. Satu buah hijab voal print berukuran 110×110 cm bahkan mencapai harga Rp 415.000. Ini jauh berbeda dengan hijab katun yang biasanya hanya Rp 20.000 per buah.

Meski begitu, peminat hijab voal tersebut nyatanya masih banyak. Seperti pada akun Shopee Jeinnarashop, produk Buttonscarves Topkapi berbahan voal seharga Rp 415.000 terjual 158 buah.

Sementara itu, masih di marketplace yang sama, Hijab Marlova berhasil menjual 5,4 ribu pcs hijab katun seharga Rp 20.000. Biasanya konsumen akan memberikan testimoni positif, karena harga produk yang terjangkau.

Nah, kedua faktor ini tentu perlu kamu sandingkan juga dengan target pasar. Jika targetnya adalah pelajar, kamu sebaiknya mematok harga yang ramah di kantong. Namun, jika target pasar adalah pekerja, kamu bisa membanderol harga tinggi dan tentu dibarengi kualitas yang baik.

Pengemasan

Cara meningkatkan testimoni positif selanjutnya, yaitu tentang pengemasan. Dulu pengemasan barang masih sederhana, apalagi jika produk tersebut bukan barang pecah belah seperti hijab. Kamu cukup membungkusnya dengan plastik non-transparan dan barang siap dikirim.

Namun, hal itu sudah tidak berlaku lagi sekarang. Pebisnis semakin kreatif untuk menarik konsumen dengan pengemasan produk yang cantik. Misalnya, dengan menggunakan shredded paper untuk hampers agar terlihat lebih estetik.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan  “thank you card” didalamnya supaya konsumen semakin senang. Lalu, gunakan box kardus untuk membungkus hijab ketimbang hanya plastik biasa.

Demi menambah kesan natural, kamu juga bisa mengikat box tersebut dengan tali goni. Lalu tempelkan stiker brand pada box atau digantungkan pada tali.

Jenis pengemasan seperti ini memang memerlukan biaya tambahan, berikut ini rinciannya:

  • Tali goni (10 meter) Rp6.000
  • Box kardus 20x20x7 cm Rp3.400
  • Thank you card (100 pcs) Rp15.400
  • Stiker brand (70 pcs) Rp10.000

Free Gift

Memberikan free gift atau bonus ke konsumen bisa jadi cara meningkatkan testimoni positif yang anti gagal. Lagi pula ,siapa sih yang tidak suka diberi hadiah?

Kamu bisa memberikan free gift kecil-kecilan untuk konsumen yang order dalam jumlah kecil. Misalnya, jika konsumen membeli 2-3 hijab, kamu bisa memberikan bros, pin, atau satu kotak jarum pentul.

Apabila konsumen memesan dalam jumlah banyak, kamu bisa memberikan bonus 1-2 buah hijab kepada mereka. Hal ini akan membuat mereka senang dan tidak segan memberikan testimoni positif yang panjang, lho.

Pengemasan Produk Cepat

Hal ini cukup krusial dalam online shopping. Pasalnya, konsumen ingin hijab pesanannya dikemas dan dikirim di hari yang sama, ketika mereka melakukan pemesanan. Jadi, kamu perlu management waktu yang baik dalam pengemasan produk.

Terlebih lagi, pengemasan produk ini sejatinya masih dalam kontrol produsen. Lain halnya dengan kecepatan pengiriman yang diluar kendalimu.

Seperti pengguna Shopee @mariadardak memberikan ulasan positif terkait produk hijab yang ia beli. “Thank you seller, akhirnya aku bisa dapetin ini, makasih udah sangat ramah dan cepet kirim dan sampenya. Sukses selalu seller” ujarnya.

Pelayanan yang Ramah

Tidak jarang calon konsumen akan menanyakan stok barang melalui fitur pesan meskipun stoknya sudah tertulis jelas di display produk. Ada pula konsumen yang bertanya-tanya atau konsultasi tentang produk tersebut.

Di kondisi seperti ini, kamu perlu memberikan pelayanan yang ramah supaya calon konsumen tersebut tidak kabur. Ini juga jadi kesempatan untuk memberikan brand image yang positif kepada mereka. Jadi, jangan remehkan cara meningkatkan testimoni positif yang satu ini.

Jika kamu kewalahan menghadapi konsumen dengan berbagai macam karakter, kamu bisa menggunakan jasa profesional seperti admin online shop. Melansir Kitalulus, gaji admin online shop saat ini berkisar Rp 2.500.000 – Rp 3.500.000. 


Yuk, Terapkan Cara Meningkatkan Testimoni Positif Pelanggan!

Demikianlah 5 cara untuk meningkatkan testimoni positif dari pelanggan terhadap bisnis hijab milikmu. Kamu bisa langsung menerapkannya sesegera mungkin, agar angka penjualan produk hijab kamu semakin meningkat.

Butuh satu aplikasi yang bisa membantu mempermudah bisnis kamu mulai dari gratis biaya transfer, invoice dan laporan keuangan otomatis, sampai dengan akses mudah untuk bertransaksi kapan pun dan dimanapun?

KoinWorks NEO adalah jawaban dari semua kebutuhan kamu!

Cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini.

 

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Meningkatkan Testimoni Positif untuk Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​