Home » Strategi-bisnis » Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Dalam Bisnis Hampers

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Dalam Bisnis Hampers

Bentuk Promosi untuk pelanggan Baru dan Lama Dalam Bisnis Hampers

Sebagai penjual, kamu pasti mengharapkan bisnis berjalan dengan lancar serta banjir pelanggan. Agar bisa mewujudkannya, kamu harus memahami bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama, khususnya dalam bisnis hampers yang sekarang ini kamu tekuni. 

Lantas, apa saja strategi yang bisa dilakukan agar bisa membantu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama? 

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama

Berikut sejumlah bentuk promosi yang bisa kamu lakukan untuk pelanggan baru serta lama dalam bisnis hampersmu saat ini, antara lain:

Lakukan Promosi Sesuai dengan Data

Agar bisa menarik perhatian pembeli, ketahui apa saja hal yang mereka sukai, kemudian kamu dapat menyesuaikan promosi sesuai dengan kebutuhan target pelanggan. Untuk mengetahuinya, gunakan data terkini. 

Contohnya, kamu berjualan di marketplace, kamu bisa menggali informasi yang erat kaitannya dengan pengguna potensial yang bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Umumnya, marketplace juga memiliki fitur untuk melihat apa saja barang yang disukai pelanggan serta rata-rata jumlah transaksi. 

Dengan konten promosi sesuai dengan yang mereka sukai, peluang pelanggan untuk tertarik dengan produk kita akan menjadi lebih besar. Kamu dapat menyesuaikan promosi sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan, sehingga tokomu akan mempertahankan mereka yang sudah pernah melakukan transaksi dan lebih banyak pelanggan yang baru.

Gunakan Media Sosial Secara Optimal

Media sosial bukan hanya digunakan untuk melakukan promosi tetapi dapat digunakan secara efektif untuk menjaring pelanggan baru dan berhubungan dengan pelanggan setia. Agar semakin menarik banyak pelanggan, kamu dapat memperluas jaringan dengan menggunakan banyak media sosial. 

Kamu bisa mulai melakukan update konten pada media sosial yang digunakan untuk menjalankan bisnis.sehingga pelanggan akan melihat tokomu selalu aktif dan up to date. Jangan ragu membuat sejumlah variasi konten sesuai dengan tren

Contohnya sekarang ini sedang tren wisuda, kamu dapat membuat konten berkaitan dengan wisuda dan rekomendasi sejumlah hampers yang diberikan ketika wisuda. Semakin sering konten media sosial yang kamu miliki muncul di linimasa, konsumen juga akan lebih mengenal tokomu. 

Mencoba Sejumlah Strategi Marketing

Ketika menjalankan strategi marketing, akan lebih baik bila kamu tidak terpaku hanya dengan satu strategi saja. kamu dapat menggunakan sejumlah teknik marketing yang tidak sama. Memang, teknik ini cukup berisiko, tetapi jika dapat mendatangkan hasil yang menarik, tidak ada salahnya untuk mencobanya. 

Contohnya, kamu dapat menggunakan strategi marketing dengan menggunakan WhatsApp Marketing. Kamu juga bisa membagikan promosi dengan menggunakan WhatsApp Business. Temukan mana strategi marketing yang cocok untuk bisnis hampers. 

Namun, jika sudah menemukan strategi marketing yang cocok, bukan berarti kamu tidak dapat mengkreasikan strategi lainnya. Kamu harus tetap mencoba strategi lain yang bermanfaat untuk bisnis. 

Rutin Berikan Diskon

Kamu dapat memberikan sejumlah diskon serta memberi hadiah. Strategi ini relevan dengan yang terjadi sekarang ini karena media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Ingat-ingat, kapan terakhir kali kamu memberikan diskon khusus pada pelanggan. 

Mulai dari sekarang, kamu bisa memberikan sejumlah diskon, giveaway, hingga penawaran khusus secara rutin ke pelanggan. Jangan lupa, gunakan waktu tertentu ketika memberikan diskon, contohnya seperti HUT RI, Anniversary toko atau hari bersejarah lainnya. 

Tawaran Beli 1 Gratis 1

Bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama lainnya adalah memberi tambahan produk dengan gratis. Memberikan tambahan produk dengan gratis menjadi hal umum digunakan. 

Langkah ini terbukti efektif, untuk konsumen mereka akan senang karena memperoleh value tambahan. Sedangkan untuk pemilik bisnis, promosi seperti beli 1 gratis 1 ini bisa digunakan sebagai strategi untuk memperkenalkan produk baru. 

Ketika melakukan kampanye beli 1 gratis 1, kamu bisa menjual produk dengan jumlah lebih banyak. Tetapi, ketika menjalankan kampanye ini, pastikan jika harga produk sudah kamu hitung dengan baik, sehingga kamu tidak rugi besar. 

Pengumpulan Poin Rewards

Salah satu contoh promosi dengan menggunakan program customer loyalty adalah pengumpulan poin rewards. Dengan pengumpulan poin rewards, konsumen loyal yang berlangganan produkmu akan memperoleh penawaran khusus

Sedangkan pelanggan baru akan berlomba-lomba untuk meningkatkan promosi. Kamu dapat membagikan kartu promo khusus. Sehingga setiap pelanggan membeli hampers, sebanyak 5 kali, akan ada hadiah spesial yang akan mereka dapatkan. 

Membagikan Voucher

Voucher bisa dijadikan sebagai senjata agar dapat menarik minat konsumen. Kamu mungkin pernah memperoleh voucher ketika membeli produk tertentu. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, penggunaan e-voucher juga sudah menggantikan voucher fisik. 

Tidak sedikit pemilik bisnis yang membagikan voucher dari email, atau langsung di aplikasi yang digunakan oleh pelanggan. Contohnya melakukan kerjasama pembagian voucher dengan marketplace atau yang lainnya. 

Berikan Garansi

Konsumen tentu akan lebih nyaman saat memberi hampers yang mempunyai jaminan garansi. Ini alasan mengapa garansi menjadi langkah mempromosikan produk yang begitu sering digunakan. Jenis garansi yang kamu berikan bisa beragam. 

Contohnya garansi kualitas barang atau garansi harga bersaing. Dengan banyaknya kompetitor bisnis hampers, kamu bisa memberikan garansi harga bersaing. 

Setelah melakukan sejumlah bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama, kamu bisa membuat jadwal rutin untuk mengecek feedback dari konsumen.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Dalam Bisnis Hampers

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​