Home » Strategi-bisnis » Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Kuliner

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Kuliner

Cara menciptakan kualitas produk terbaik dalam bisnis Kuliner

Membuat produk makanan yang berkualitas menjadi tugas utama yang harus dilakukan untuk bersaing dengan bisnis lain. Oleh karenanya penting sekali mengetahui cara menciptakan kualitas produk terbaik agar bisa memenangkan persaingan tersebut.

Sebenarnya membuat produk makanan yang berkualitas bisa kamu lakukan dengan mudah asal tahu tahapannya. Jadi, jangan pesimis asalkan mau belajar dan memiliki tekad yang kuat kamu pasti bisa membuatnya dengan baik.

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Kuliner

Langkah paling utama dalam menekuni bisnis kuliner adalah membuat dan menguji coba produk makanan yang akan dipasarkan. Jika, kamu membuat produk makanan secara asal-asalan dan hanya berpegang pada strategi pemasaran dan marketing.

Maka bisnis tersebut tidak akan berjalan lama karena pelanggan setia akan tertarik dengan produk yang memiliki cita rasa tinggi. Supaya bisa membuat produk yang terbaik sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini.

Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan minat calon pelanggan. Dengan mengetahui kebutuhan dan minta mereka kamu bisa membuat produk makanan yang sesuai untuk pelanggan.

Riset pasar bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari mengamati bisnis kuliner di sekelilingmu. Atau bisa juga dengan melakukan survei kepada calon pelanggan baik dilakukan secara langsung maupun secara online melalui platform penyedia survei

Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Melalui hasil riset pasar kamu bisa melakukan identifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan calon target pelangganmu. Dengan begitu kamu bisa menciptakan produk makanan yang diminati mereka.

Misalnya kamu ingin membuka restoran dengan menu utama mie untuk target pelanggan kalangan anak muda maka cari tahu mie seperti apa yang disukai target pelangganmu. Biasanya kalangan anak muda lebih suka mie dengan level kepedasan dengan variasi topping yang kekinian.

Tidak hanya kualitas dan cita rasa produk saja yang harus disesuaikan dengan keinginan calon pelanggan. Harga yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan kemampuan target pelanggan yang kamu tuju. 

Komunikasikan Hasil Analisa ke Tim Pembuat Menu

Jika, tidak ahli dalam bidang pembuatan produk makanan maka kamu membutuhkan tim pengembang produk. Supaya hasil produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pelanggan.

Kamu harus mengkomunikasikan hasil analisa dari riset pasar ke tim pengembangan dengan baik. Bicaralah sedetail mungkin agar tidak terjadi kesalahan informasi yang mengakibatkan kegagalan pemasaran produk di pasaran.

Gunakan Bahan-bahan Berkualitas

Cara menciptakan kualitas produk terbaik selanjutnya, yaitu dengan menggunakan alat dan bahan baku yang berkualitas tinggi. Untuk menciptakan produk makanan yang enak dan berkualitas tinggi tentu dibutuhkan alat dan bahan yang terbaik.

Bahan baku akan mempengaruhi cita rasa dan kualitas produk sehingga harus diperhatikan dengan betul jenis bahan baku yang akan kamu gunakan. Pelajari setiap jenis bahan baku untuk menentukan mana yang paling tepat digunakan membuat produk dalam bisnis kulinermu.

Gunakan Kemasan Food Grade

Kemasan merupakan salah satu komponen produk makanan yang kadang sering diabaikan. Untuk menciptakan produk dengan kualitas terbaik, kamu harus menggunakan kemasan food grade yang aman untuk membungkus makanan.

Karena banyak tempat makan dan penjual camilan tidak memperhatikan kemasan yang mereka gunakan. Sehingga dapat mengurangi kualitas makanan yang mereka jual meskipun sudah menggunakan bahan baku terbaik. 

Karena makanan yang dibungkus dengan kemasan non food grade rawan mengalami kontaminasi dengan zat-zat kimia pada proses pembuatan kemasan tersebut. Hal ini akan memberikan berdampak buruk terhadap kesehatan orang yang mengonsumsi makanan tersebut.

Terima Masukkan Orang-orang di Sekitarmu

Apakah melakukan cara-cara di atas sudah cukup untuk membuat kualitas produk yang terbaik? Tentu saja tidak karena produk yang sudah dibuat bisa saja enak bagimu tapi belum tentu dengan pendapat orang lain.

Coba mintalah orang-orang di sekitarmu untuk menilai dan memberikan masukkan terhadap produk yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa tahu bagaimana pendapat orang lain mengenai produk tersebut dan bisa memperbaikinya dengan lebih mudah.

Buat Peta Masalah

Dalam membuat produk pasti ada saja masalah yang muncul sehingga kamu harus mencari cara untuk mengatasinya. Coba urutan dari masalah yang paling sering muncul hingga ke masalah yang jarang terjadi pada saat pembuatan produk.

Misalnya, masalah yang paling sering muncul adalah sulitnya mencari bahan baku tertentu hingga ke masalah yang lebih sedikit muncul seperti kerusakan alat memasak dan semacamnya. 

Dengan membuat peta masalah kamu bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya dengan cara yang lebih efektif.

Lakukan Uji Coba

Setelah berhasil membuat produk dan sudah siap dipasarkan sebaiknya jangan langsung menjualnya ke pelanggan. Untuk memastikan kualitas dan cita rasanya kamu perlu melakukan uji coba terlebih dahulu.

Cara melakukan uji coba bisa dengan cara membagikan produk makanan tersebut ke pelanggan secara gratis lalu mintalah pendapat mereka. Jangan langsung pesimis jika mendapat respon yang negatif dari pelanggan, coba buat resep baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelangganmu. 

Bagaimana Sudah Siap Menerapkan Cara-cara Tersebut?

Sekarang tidak perlu bingung lagi mencari cara menciptakan kualitas produk terbaik karena kamu bisa menerapkan cara di atas. Dengan cara tersebut kamu bisa membuat produk makanan terbaik yang dapat bersaing dengan kompetitor.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Kuliner

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​