Home » Strategi Bisnis » Tips Memutuskan Siapa Saja Tester Produk Baru dalam Bisnis Ayam Goreng

Tips Memutuskan Siapa Saja Tester Produk Baru dalam Bisnis Ayam Goreng

Tips Memutuskan Siapa Saja Tester Produk Baru dalam Bisnis Ayam Goreng

Tips memutuskan siapa saja tester produk baru tentu sangat dibutuhkan untuk bisa menentukan tester mana yang tepat untuk dipilih. Tester ini seringkali dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kualitas dan rasa dari menu ayam goreng yang akan dijual.

Melalui cara ini, produk akan langsung uji coba pada para konsumen. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan masukan mengenai apa yang kurang dari menu ayam goreng tersebut. Selain itu, ini juga merupakan salah satu teknik pemasaran untuk memperkenalkan menu baru kepada orang-orang.

Tips Memutuskan Siapa Saja Tester Produk Baru untuk Bisnis Ayam Goreng

Meskipun tampak spele, memilih tester yang tepat bisa membantu meningkatkan trafik penjualan, lho! Karena itu, dalam pemilihan tester tidak boleh asal-asalan. Jangan sampai kamu hanya membuang-buang anggaran saja tanpa mendapatkan profit dari hal tersebut. Karena itu, kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

Buka Tester untuk Semua Orang

Faktor utama yang bisa menjadi produk tester ayam gorengmu ialah para pelanggan itu sendiri. Pasalnya, mereka yang akan menikmati dan menjadi penggemar setia dari menu ayam goreng yang kamu hidangkan.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa memilih tester secara random dan tidak perlu menggunakan kriteria yang terlalu detail. Siapa saja bisa mengikuti tester ini dan mencicipi menu baru ayam gorengmu. 

Salah satu contoh dari cara ini yaitu, kamu memberikan ayam goreng gratis saat H-1 franchise dibuka. Hal ini bisa mengundang banyak perhatian dan menciptakan marketing mouth to mouth. Namun, agar tester ini sukses kamu perlu membuat ayam goreng yang sangat nikmat. 

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali lagi di lain hari untuk membeli menu ayam goreng yang kamu sajikan jika rasanya sesuai dengan lidah mereka. 

Pilih Food Tester Profesional

Jika kamu memiliki sisa lebih dari anggaran, tidak ada salahnya jika kamu memilih tester food profesional. Dalam hal ini, kamu bisa memilih orang-orang yang sudah ahli dalam bidang kuliner untuk menilai ayam goreng yang Kamu buat secara objektif.

Selain itu, kamu juga bisa memilih para tester dengan spesifik untuk mencicipi menu ayam goreng tertentu yang akan launching. Kamu tidak akan mengalami kerugian saat memilih para tester food profesional meskipun kamu mengeluarkan biaya lebih.

Pasalnya, mereka tidak hanya dapat membantu menaikan trafik penjualan, tetapi juga akan memberikan penilaian langsung dan pendapat mengenai menu ayam goreng yang disajikan. Masukan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu mengembangkan menu tersebut agar berkembang menjadi lebih baik. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Di samping itu, kehadiran mereka juga bisa kamu dokumentasikan untuk dijadikan sebagai iklan soft selling pada para pelanggan. Hal ini bisa menambah kepercayaan para pelanggan terhadap franchise ayam goreng yang kamu kelola. 

Pilih Influencer yang Suka Makan

Jika kamu berniat untuk menaikan trafik penjualan dengan tester, tentu cara ini merupakan cara yang paling ideal untuk ditempuh. Tips memutuskan siapa saja tester produk baru terakhir adalah memilih influencer. Kita pasti sudah tahu jika pengaruh para influencer sangat besar bagi masyarakat. Karena itu, kamu bisa memilih mereka untuk jadi tester food ayam gorengmu.

Namun, dalam memilih tester ini kamu juga harus cukup selektif. Untuk itu, di bawah ini kami bagikan beberapa triknya untuk kamu.

Pilih Berdasarkan Followers

Dalam memilih influencer untuk dijadikan sebagai tester ayam goreng, kamu bisa memilih mereka berdasarkan followers yang mereka miliki. Dalam hal ini, ada beberapa tipe followes yang bisa kamu pilih, mulai dari nano influencers, micro influencers, macro influencers, hingga mega atau celebrity influencers.

Nano memiliki 1K – 10K followers, micro memiliki 10K – 100 K followers, macro memiliki 100K – 1M followers, dan mega memiliki 1M++ followers. Kamu bisa memilih sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, masing-masing kriteria tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda sesuai jumlah followers-nya. 

Tentukan Target Audience 

Menentukan target audiens merupakan hal penting karena akan menjadi indikator pemetaan teknik marketing tahap lanjut. Jika target penjualan menu ayam goreng ini ialah para kaula muda, maka gaya bahasa yang akan digunakan oleh para influencer saat testi produkmu harus lebih friendly, casual, dan energik.

Perhatikan Gaya Sosialnya

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, saat kamu memilih seorang influencer untuk menjadi tester, kredibilitas produkmu pun akan ikut dipertaruhkan. Sebagai influencer yang akan diikuti oleh para konsumenmu, sudah seharusnya ia memiliki gaya sosial yang baik. 

Pertimbangkan Biaya

Saat memilih influencer sebagai tester produk, tentu kamu harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan. Semakin tinggi followers-nya, maka semakin tinggi bayaran yang akan kamu keluarkan. Karena itu, pilihlah influencer yang memiliki jumlah followers dan harga yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Segera Putuskan Siapa Tester Produk Baru Kamu!

Nah, itu dia beberapa tips memutuskan siapa saja tester produk baru menurut kami. Selain beberapa orang di atas, kamu juga bisa mencoba menawarkan produk barumu pada orang-orang sekitar, seperti keluarga, kerabat, sahabat, atau rekan kerja. Lalu, tanyakan bagaimana pendapat mereka.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​