Home » Strategi Bisnis » Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Thai Tea

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Thai Tea

Sebelum berbisnis Thai Tea, alangkah lebih baiknya kamu memahami cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar. Sebab, ini merupakan salah satu hal krusial dalam bisnis dan bisa memberi manfaat yang tidak terhingga pada bisnis Thai Tea-mu.

Secara gamblangnya, segmentasi pasar ialah sebuah strategi yang berguna untuk mengenali para target konsumen atau calon pelanggan lebih jauh. Dengan begitu, bisnis Thai Tea pun dapat berjalan dengan lancar.

Artikel ini akan membahas tentang cara mengenali serta mengembangkan segmentasi pasar dalam bisnis Thai Tea. Namun, sebelum menginjak pembahasan utama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertiannya.

Ketahui Pengertian Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar merupakan suatu strategi pemetaan calon atau target konsumen menurut karakteristik, kebutuhan, hingga perilakunya supaya bisnis bisa mengenali atau mengidentifikasi kelompok konsumen itu dengan baik.

Lewat adanya segmentasi pasar, suatu bisnis mampu mengetahui calon atau target konsumen yang tepat. Maka dari itu, bisnis bisa berpotensi menghasilkan omset secara maksimal serta mempunyai efektifitas yang tinggi dalam pemasaran.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

Umumnya, terdapat 4 jenis segmentasi pasar. Pertama yaitu segmentasi perilaku. Kedua adalah segmentasi demografis. Ketiga yakni segmentasi psikologis. Lalu, yang keempat ialah segmentasi geografis. Di bawah adalah poin beserta penjelasan ringkasnya:

Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku memiliki acuan pada pengelompokan pelanggan atau konsumen menurut tingkah lakunya pada penawaran produk bisnis. Ini mencakup pengetahuan, sikap, respon atau reaksi, kesetiaan, hingga penggunaan produk terkait.

Jenis ini memiliki kaitan yang erat dengan decision making atau proses pengambilan keputusan.

Segmentasi Demografis

Jenis segmentasi kedua ini merupakan dimana suatu pengelompokan konsumen terfokus pada sejumlah aspek. Contohnya yakni umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, status menikah, serta masih banyak lagi.

Segmentasi Psikografis

Jenis segmentasi ketiga ini memiliki kecenderungan lebih berkaitan dengan psikologis konsumen. Lazimnya, penerapan segmentasi ini lumayan rumit, sebab kamu harus memahami selera dan keinginan target maupun calon konsumen secara detail.

Dalam menerapkan segmentasi ini, pebisnis biasanya melakukan survei. Seperti contohnya yakni membagikan kuesioner supaya bisa mengetahui suatu preferensi konsumen tersebut.

Segmentasi Geografis

Jenis segmentasi terakhir ini merupakan pengelompokan konsumen yang berdasar pada lokasi, contohnya yaitu tempat tinggalnya. Hal ini disebabkan bahwa kebutuhan dan kegunaan produk selalu bergantung pada keadaan, lokasi, hingga cuaca.

Syarat Dasar untuk Segmentasi Pasar

Sebelum menerapkan cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar, hal yang wajib kamu dahulukan adalah memahami persyaratan dasarnya. Berikut merupakan syarat-syarat tersebut:

Bisa Diukur

Hal ini berarti pembagian konsumen atau pelanggan yang diterapkan wajib terukur. Dapat dari luas, besar, jumlah, hingga daya belinya untuk masing-masing kelompok pasar.

Bisa Dibedakan

Ini bermaksud bahwa masing-masing kelompok atau grup target pasar dapat dibedakan secara gamblang.

Bisa Dijangkau dan Logis

Memiliki arti bahwa segmentasi pasar merupakan hal yang terjangkau dan bisa dilakukan oleh suatu bisnis.

Mempunyai Skala

Memiliki ruang lingkup target terhitung cukup besar.

Berpeluang Untung

Target pasar tujuan memiliki peluang dalam memberikan keuntungan untuk bisnis.

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar

Terdapat sejumlah cara untuk mengenali segmentasi pasar. Begitupun dengan mengembangkannya. Maka dari itu, langsung saja pahami poin beserta penjelasannya dalam penjelasan berikut.

Cara Mengenali Segmentasi Pasar

Untuk menentukan dan mengenali segmentasi, kamu dapat melakukan 3 tahapan yang tidak sulit, yaitu survei, analisis, dan identifikasi. Ringkasnya, kamu dapat mengikuti informasi di bawah ini:

Tahap Survei

Cara pertama mengharuskanmu untuk mengeksplorasi calon atau target konsumen guna mengenalnya lebih dalam. Cukup bagikan kuesioner, lakukan wawancara, dan masih banyak lagi.

Melalui tahapan pertama ini, maka kamu bisa mengantongi bermacam data dan informasi yang diperlukan dari orang-orang atau target pasar. Misalnya tempat tinggal, preferensi varian rasa Thai Tea, hingga promo favorit.

Tahap Analisis

Cara kedua yakni melakukan analisis informasi. Apabila kamu sudah mengantongi data yang diperlukan, maka segera lakukan analisis pada informasi tersebut sampai menarik suatu kesimpulan.

Hasil analisa kedepannya dapat dimanfaatkan sebagai acuan pengelompokan konsumen menurut segmennya. 

Tahap Identifikasi

Cara terakhir yang dilakukan adalah mengidentifikasi. Sesudah mengantongi data terkait konsumen lalu menganalisanya, kamu bisa mengidentifikasi masing-masing kelompok atau grup target konsumen itu.

Melalui tahapan ini, kamu akhirnya bisa menemukan jenis konsumen atau pelanggan yang berpotensi menjadi ‘lahan’ pemasaran bisnis Thai Tea.

Cara Mengembangkan Segmentasi Pasar

Setelah mengetahui cara mengenali segmentasi, kini beralih pada cara mengembangkannya. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Langkah Pertama

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagi segmen pasar. Gunakan sejumlah variabel permintaan. 

Contoh variabel permintaan sendiri adalah kebutuhan konsumen, keunggulan dan manfaat yang mereka cari, hingga situasi penggunaan.

Langkah Kedua

Setelah menjalankan langkah pertama, kamu bisa melanjutkannya dengan mendeskripsikan identifikasi segmen pasar melalui penggunaan sejumlah variabel yang bisa membantu bisnis.

Membantu dalam hal apakah? Tentunya dalam pemahaman cara melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen serta cara berkomunikasi bersama mereka.

Kenali dan Kembangkan Sekarang Juga!

Sekarang, kamu tentunya telah mengetahui cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar dalam berbisnis Thai Tea. Jika kamu merasa itu adalah hal yang mudah dilakukan, maka realisasikan sekarang!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​