Home » Strategi Bisnis » Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Kosmetik

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Bisnis Kosmetik

Pengembangan sebuah bisnis kosmetik tak akan bisa lepas dari peran pasar. Penting bagi seorang pebisnis untuk mengenali segmentasi pasarnya dengan baik. Kali ini kita akan belajar seperti apa cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar agar pengembangan bisnismu bisa berjalan lebih lancar sekaligus optimal. 

Bagaimanapun juga tujuan utama dalam berbisnis adalah pasar. Sebagai pebisnis, kamu harus menguasai cara untuk menaklukkan pasar agar produk bisa laris manis terjual. Selain menentukan segmentasi pasar, kamu juga perlu mengembangkannya agar angka penjualan meningkat semakin besar.

Panduan Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar

Melakukan identifikasi segmentasi pasar sebenarnya adalah prinsip penting bagi seorang pebisnis. Jika segmentasi pasar untuk bisnisnya saja tidak diketahui, bagaimana bisa melakukan marketing yang sesuai? Langsung saja, berikut adalah beberapa cara untuk mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar pada bidang bisnis kosmetik:

Lakukan Analisis Pelanggan Lama

Pertama, silakan lakukan analisis pelanggan lama terlebih dahulu. Jika bisnismu sudah berjalan, maka perhatikan siapa saja yang menjadi pelanggan. Cari tahu kelompok konsumen mana yang sudah menjadi pelanggan tetap dan melakukan pembelian produk berulang kali. Dari sini kamu bisa mendapatkan data dari mana saja penjualan terbesar yang dicapai oleh bisnismu. 

Analisis pelanggan lama ini bisa membantu kamu mengidentifikasi siapa saja segmentasi pasar yang sudah berhasil dijangkau. Jadi kamu bisa menyesuaikan strategi marketing sesuai dengan kondisi pasar tersebut. Ini juga penting dimanfaatkan jika kamu akan mengembangkan segmentasi pasar agar kamu bisa mencapai kelompok lain yang belum menjadi konsumen.

Pahami Kebutuhan Konsumen

Coba untuk memahami seperti apa kebutuhan konsumen saat ini. Produk kosmetik yang beredar di pasaran sangat beragam. Setiap orang akan membeli produk sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Coba cari tahu tipe produk apa yang diharapkan oleh kelompok konsumen tertentu. Ini akan membantu kamu menjangkau pasar secara efektif dan benar-benar akurat. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen saat ini. Misal dengan melakukan survei di media sosial. Kamu juga bisa memanfaatkan insight konten di media sosial untuk membuat analisa dan kesimpulan mengenai masalah ini. 

Kenali Perilaku Konsumen

Perlu dipahami bahwa perilaku setiap konsumen bisa saja berbeda-beda. Salah satu cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar adalah dengan mengenali perbedaan perilaku tersebut. Coba lakukan analisis seperti apa perilaku konsumen dari produkmu. Apakah mereka lebih suka membeli lewat website atau e-commerce? Apakah mereka lebih tertarik dengan bonus produk atau diskon harga? 

Mengenali perilaku konsumen secara spesifik akan membantu kamu untuk memberi pelayanan terbaik sesuai keinginan mereka. Kamu bisa menambah metode penjualan produk untuk menyesuaikan perilaku konsumen. Misalnya dengan membuka pembelian lewat website dan e-commerce secara bersamaan. 

Buatlah Kategori Pelanggan

Setelah melalui langkah-langkah sebelumnya tadi, kamu bisa mulai membuat kategori pelanggan. Ini juga menjadi bagian penting yang akan membantu kamu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen, apalagi jika kamu menjual beberapa jenis produk. Semisal kategori produk A disukai oleh kelompok konsumen remaja sampai mahasiswi dan produk B lebih banyak diminati oleh kelompok konsumen ibu rumah tangga. 

Kategori pelanggan ini juga bisa jadi acuan untuk membuat pengembangan segmentasi pasar. Strategi yang kamu lakukan untuk mengembangkan segmentasi pasar nantinya tidak akan sia-sia karena kamu bisa menjangkau kelompok yang berbeda. Selain itu pengelompokkan ini juga akan membantu kamu dalam mengembangkan produk sehingga bisa memuaskan semua konsumen. 

Lakukan Evaluasi Respon Pasar

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah melakukan evaluasi respon pasar. Selama bisnis berjalan dan penjualan berhasil dilakukan, kamu pasti bisa melihat seperti apa respon pasar terhadap produkmu. Ini bisa dijadikan bahan evaluasi sehingga kamu dapat mengembangkan segmentasi pasar ke arah yang benar. 

Misal target pasar sebelumnya memberikan respon yang cukup optimal, maka kamu bisa mencoba mengembangkan segmentasi lebih luas dengan kategori yang sama. Lain halnya jika respon pasar sebelumnya tidak begitu bagus maka kamu bisa menjangkau segmentasi pasar yang berbeda dan potensial. 

Kelola Target Pasar Bisnismu dengan Optimal

Lebih baik mengelola target pasar bisnismu secara optimal. Rangkul konsumen yang sudah ada dan kembangkan lebih jauh lagi agar kamu bisa mendapatkan konsumen baru sebanyak mungkin. Pelajari seperti apa karakter target pasarmu dan coba untuk memenuhi keinginan maupun kebutuhan mereka. Jika langkah ini bisa kamu lakukan dengan baik, maka tak sulit untuk menjangkau penjualan yang lebih tinggi. 

Penting juga untuk menjadikan kompetitor sebagai acuan dalam mengelola target pasar. Amati seperti apa kompetitormu dan siapa target pasar mereka. Analisis kompetitor seperti ini akan membantu pengembangan bisnismu lebih lancar. Ambil nilai positif dari strategi yang diterapkan kompetitor agar bisa memberikanmu keuntungan. 

Penerapan cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar ini bisa segera kamu lakukan. Bisnis kosmetik punya prospek yang sangat bagus di Indonesia. Kedepan, bidang bisnis ini juga dinilai punya prospek yang menjanjikan. Jadi jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi agar bisa mengenali sekaligus mengembangkan jangkauan pasar bisnismu.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​