Home » Strategi Bisnis » Strategi Upsell Bisnis Kosmetik, Ini Tipsnya!

Strategi Upsell Bisnis Kosmetik, Ini Tipsnya!

Strategi upsell mulai banyak dilakukan oleh para pebisnis., apalagi bisnis yang ditekuni adalah kosmetik. Apa alasannya?

Sebab, bisnis kosmetik terus mengalami perkembangan. Brand seringkali menghentikan produksi dari suatu produk karena alasan tertentu. Maka dari itu, penting menggunakan strategi ini untuk menaikkan penjualan produk baru.

Pentingnya Strategi Upsell dalam Bisnis Kosmetik

Teknik upsell adalah sebuah cara penjual mengajak pelanggan membeli produk yang kualitasnya lebih bagus dengan harga lebih tinggi. Ada beberapa hal yang membuat penerapan strategi ini penting pada bisnis kosmetik. Berikut ulasannya:

Banyak Saingan

Bisnis kosmetik makin menjamur di dunia. Riset yang dilakukan oleh Statista.com pada beberapa waktu lalu mengungkap, bisnis kecantikan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

Pada 2020 misalnya, pasar pada industri kecantikan yakni 4,6 miliar dollar AS. Diprediksi pada 2023 mendatang, pasar pada industri ini bakal naik hingga 5,2 miliar dollar AS.

Berkembangnya bisnis kosmetik membuat pebisnis harus memutar otak. Mulai dari meningkatkan kualitas produk hingga melakukan beragam strategi seperti teknik upselling.

Promosi Produk Baru

Teknik upselling juga bisa dilakukan untuk mempromosikan produk baru dengan keunggulan yang lebih baik. Pernah mendengar istilah kosmetik discontinue? Istilah ini sering kamu temukan pada brand yang memutuskan untuk melakukan upgrade pada produk kosmetiknya. 

Sebut saja Urban Decay yang memiliki palet Naked Original. Bisa dikatakan, palet ini menjadi favorit para wanita. Terbukti dari penjualannya yang mencapai 30 juta pcs selama 8 tahun rilis.

Sayangnya Urban Decay memutuskan untuk menghentikan produksi palet ini. Namun mereka juga merilis produk baru dengan nama Naked Reloader. Palet kosmetik ini diklaim lebih unggul dalam segi pigmentasi dan daya tahan. Saat ini, Naked Reloader menjadi salah satu produk favorit beauty enthusiast

Mengangkat Omset

Omset bisnis memang bisa naik turun, tetapi hal ini jadi tidak wajar jika terus mengalami penurunan. Maka dari itu, coba menggunakan teknik upsell.

Teknik ini bisa membawa keuntungan lebih banyak ketimbang produk sebelumnya. Mengapa?

  • Produk lebih unggul dan peluang disukai pelanggan lebih banyak;
  • Harga lebih mahal membuat margin laba jadi lebih banyak;
  • Daya tarik pelanggan lama karena ada produk baru.

Trik Bisnis Kosmetik dengan Teknik Upsell 

Meski menjanjikan, kamu harus tetap menerapkan teknik ini dengan trik berikut agar hasil yang didapatkan optimal.

Pastikan Produk Memang Lebih Baik

Mempertahankan memang sulit. Namun kamu harus bisa jika memang produkmu sudah bagus dan banyak pelanggan. Sebelum merilis produk baru, pastikan kosmetik memang lebih unggul ketimbang produksi sebelumnya.

Hal ini menjadi salah satu keberhasilan dari penjualan. Apabila produk kosmetik kamu benar lebih unggul, bisa dipastikan pelanggan akan tertarik untuk membeli.

Aspek lain yang harus diperhatikan adalah pemberian harga. Idealnya, kenaikan harga produk tak sampai 25% agar jarak harganya tidak terlalu jauh dan masih ramah di kantong pelanggan. 

Pelajari Produk

Kamu harus mempelajari keunggulan dan kekurangan produk kosmetik baru dibanding produk sebelumnya. Kemudian jangan lupa untuk mempelajari macam-macam jenis kulit, baik wajah atau tubuh. Sehingga saat pelanggan menanyakan terkait produk, kamu bisa memberikan penjelasan terbaik.

Dengarkan Kemauan Konsumen

Beri ruang konsumen untuk bercerita apa saja yang mereka butuhkan. Kamu hanya perlu menjadi pendengar yang baik saat pelanggan sedang bercerita.

Setelah itu, barulah mulai melakukan penawaran dengan strategi upsell. Tentu sebelumnya kamu harus menjelaskan jika produk yang dicari mengalami upgrade kualitas. 

Kamu harus memastikan jika budget yang dimiliki oleh pelanggan masih masuk terhadap produk kamu. Jika tidak, pelanggan biasanya enggan untuk membeli kosmetik yang kamu tawarkan.

Bijaksana Saat Memberi Rekomendasi

Menjadi bijaksana sangat diperlukan ketika menawarkan produk baru. Tentu sebelum memberi rekomendasi, kamu harus memastikan produk sudah sesuai dengan kemauan pembeli. Jangan memaksa jika pelanggan tidak mau mendengarkan atau membeli.

Kamu harus tetap tenang dan menerima segala keputusan pelanggan. Sebab, jika kamu memaksa, mungkin pelanggan akan membeli kosmetikmu. Tapi bisa jadi dia tak kembali lagi karena etika penjual yang kurang baik.

Maka dari itu, profesionalisme sangat perlu dalam bisnis kosmetik ini. Jika pelanggan sudah menolak, maka tetaplah berlapang dada.

Buka Ruang Konsultasi

Dalam berbisnis kosmetik, membuka ruang konsultasi wajah itu sangat diperlukan. Kamu bisa mengajak pelanggan untuk mengkonsultasikan wajah, sebelum menawarkan produk dengan teknik upsell.

Treatment ini bisa dilakukan baik melalui online maupun offline. Saat konsultasi itulah, teknik upsell bisa dilakukan kembali untuk lebih meyakinkan pembeli jika produk yang ditawarkan benar-benar terbaik.

Gencarkan Promosi 

Selain melakukan penawaran terhadap pelanggan yang datang, kamu juga bisa gencar melakukan promosi produk baru. Dalam hal ini, kamu bisa membuat artikel atau gambar perbandingan produk kosmetik edisi lama dan baru.

Jangan lupa untuk menonjolkan keunggulan masing-masing produk. Lalu tunjukkan jika produk kosmetik baru ini melengkapi kekurangan produk sebelumnya. 

Langkah yang lebih teknis, kamu bisa mulai menggandeng influencer kecantikan. Tujuannya untuk memberikan review terhadap produk kamu.

Strategi upsell ini bisa kamu gunakan kapanpun, bukan hanya saat omset sedang turun. Sebab tujuan dari strategi ini adalah meningkatkan penjualan dalam bidang kosmetik. Selamat mencoba!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​