Home » Strategi Bisnis » 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan Produk Furniture

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan Produk Furniture

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan Produk Furniture

Bila ingin bisnis furniture kamu berkembang pesat, salah satu caranya adalah mengembangkan produk furniture, baik dari desain, model, maupun utilitasnya. Dalam mengembangkan produk, ada lima hal yang harus diperhatikan. Agar bisa menghasilkan produk yang inovatif dan mampu menjawab kebutuhan konsumen. 

5 Faktor Penting dalam Mengembangkan Produk Furniture

Kamu harus mempertimbangkan lima hal di bawah ini, supaya produk furniture yang dihasilkan lebih fungsional tanpa mengorbankan segi keamanan dan kenyamanan konsumen. Berikut penjelasannya:

Material Pembuatan Produk Furniture

Kayu, bajam atau besi tempa memiliki tujuan yang berbeda dalam hal pengembangan produk furniture. Jadi, jenis bahan yang kamu pilih menentukan jenis desain dan kualitas dari produk furniture itu sendiri. 

Namun, di zaman yang semakin canggih dengan perkembangan industri yang sangat cepat ini, kamu sebagai pengusaha produk furniture harus menggunakan inovasi material dalam mengembangkan produk furniture kamu. 

Kamu bisa mencontoh para pengusaha mebel di Jepara yang menggunakan perpaduan antara satuan kayu yang dikombinasikan dengan material besi dan sofa yang sangat apik untuk menarik perhatian pelanggan. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perpaduan antara kayu jati kualitas terbaik dengan anyaman rotan untuk membuat kursi berkonsep minimalis. Kamu juga bisa melakukan inovasi pengembangan material produk furniture melalui pemanfaatan kembali limbah serbuk kayu. 

Material ini merupakan usaha efisiensi pengganti bahan baku utama kayu jati. Selain lebih ramah lingkungan, inovasi material ini juga menghasilkan desain unik yang mampu memikat pelanggan.

Limbah serbuk kayu ini nantinya bisa kamu satukan dengan lem, membentuk papan partikel. Untuk harganya sendiri juga sangat ekonomis, yakni Rp 10 ribu/kg. 

Kreativitas Pembuatan Produk Furniture

Hal lain yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan produk furniture adalah kreativitas. Apalagi saat ini, kebutuhan akan produk furniture yang fleksibel (seperti knockdown atau bongkar pasang) meningkat, baik untuk rumah maupun kantor.

Pengembangan inilah yang diusung oleh IKEA dalam pembuatan produk furniture-nya. Selain menawarkan keuntungan hemat ruang, furniture knockdown juga menjadi upaya dalam memangkas biaya pengiriman produk kepada pelanggan. 

Hal ini tentu bisa jadi cara yang menguntungkan bagi pelanggan maupun bisnis furniture kamu. Karena pelanggan bisa memaksimalkan ruang interiornya dengan produk furniture yang user friendly.

Sedangkan bisnis furniture kamu bisa menghemat tempat penyimpanan, biaya pengiriman, hingga biaya produksi. Ada banyak jenis furniture yang bisa kamu produksi dengan menggunakan sistem knockdown, seperti kitchen set, dipan, lemari, meja, kursi, dan lainnya.

Fungsionalitas Produk Furniture

Saat ini, sebagian besar hunian, terutama di kota-kota besar memiliki ukuran yang semakin kecil dan semakin terbatas. Hal ini yang kerap menjadi permasalahan setiap pelanggan karena tidak punya cukup ruang untuk banyak kebutuhan. 

Nah, untuk menjawab permasalahan pelanggan, kamu bisa menawarkan furniture rumah atau kantor yang multifungsional. Furniture yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, kini sangat diminati karena dapat menghemat ruang serta desain yang sederhana dan minimalis. 

Misalnya, saat kamu hendak membuat meja kopi. Coba pertimbangkan untuk menambahkan tempat penyimpanan (seperti keranjang rangka) di bawahnya, sebagai upaya pengembangan produk furniture kamu jadi lebih inovatif dan fungsional. 

Tempat penyimpanan ini cocok untuk menaruh barang-barang, seperti koran, majalah, mainan, atau yang lain. 

Selain membuat desainnya lebih menonjol, bobotnya juga lebih ringan dan memberikan kesan lapang. Dengan menambah fungsionalitas produk furniture, hal ini tentu bisa jadi peluang kamu untuk meningkatkan harga. 

Sebut saja meja kopi biasa memiliki harga sekitar Rp 400 ribu, sedangkan meja kopi dengan penyimpanan harganya bisa sampai Rp 2 juta.

Ergonomi

Dalam mengembangkan produk furniture, kamu juga harus senantiasa memperhatikan aspek ergonomi. Desain produk yang unik dan menarik tidak akan laku apabila menghiraukan aspek kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan penggunanya. 

Misalnya, furniture kantor seperti meja dan kursi yang sangat penting dalam menunjang produktivitas karyawan. Penggunaan furniture meja dan kursi yang tidak ergonomis akan membuat para karyawan merasa mudah lelah, bahkan sakit punggung dan leher akibat terlalu lama bekerja berjam-jam. 

Maka dari itu, jangan lupakan aspek ini saat kamu mengembangkan produk furniture. Sebagai contoh, kamu bisa gunakan ukuran 115 x 60 x 75 cm untuk meja kerja. Sedangkan untuk kursi kerja, gunakan ukuran dengan tinggi 85 cm, lebar dudukan 46×40 cm, dan lebar sandaran 25 x 46 cm.

Biaya Produksi Furniture

Dalam mengembangkan produk furniture, anggaran produksi juga harus menjadi perhatian utama. Kamu perlu menganalisis biaya produksi sebelum membuat pengembangan furniture.

Misalnya, biaya bahan baku (40 – 50% dari total biaya produksi), biaya pengiriman (1%), biaya listrik (1 – 2%), gaji karyawan (11 – 13%), dan sebagainya. Hal ini penting untuk kamu perhatikan demi menekan risiko terjadinya kerugian dan meningkatkan laba bisnis furniture kamu. 

Nah, karena pengeluaran dalam bisnis furniture untuk biaya produksi yang notabenenya tidak sedikit. Kamu pasti memerlukan software pembukuan keuangan yang akurat dan mudah diakses untuk mengelola efisiensi biaya produksi.

Ada beberapa software yang recommended untuk kamu gunakan dalam mengelola keuangan ketika proses pengembangan bisnis furniture, seperti Accurate, Jurnal, Hashmicro, dan Zahir.

Sudah Siap Mengembangkan Produk Furniture Kamu?

Itulah lima hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk furniture. Selain memperhatikan faktor-faktor di atas, pastikan kamu juga mempertimbangkan kondisi bisnis furniture kamu, agar pengembangan produk yang dilakukan tetap menghasilkan benefit.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​