Home » Strategi-bisnis » Inovasi Terbaru untuk Bisnis Furniture yang Semakin Maju

Inovasi Terbaru untuk Bisnis Furniture yang Semakin Maju

Inovasi Terbaru untuk Bisnis Furniture yang Semakin Maju

Furniture adalah kebutuhan esensial, khususnya bagi masyarakat modern masa kini. Tidak hanya memiliki fungsi praktikal seperti tempat penyimpanan, furniture juga kerap dimanfaatkan karena fungsi estetikanya. Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis furniture, kamu perlu melakukan inovasi terbaru setiap waktunya.

Inovasi Terbaru dalam Bisnis Furniture

Salah satu pebisnis furniture sukses asal China, Wong Man Li berhasil membuat inovasi berupa furniture dengan bantal busa di tengah penduduk China yang lebih banyak menggunakan furniture kayu yang cenderung keras. Berikut ini ragam inovasi terbaru agar bisnis furniture kamu semakin maju:

Buat Produk Furniture Multifungsi

Produk furniture multifungsi adalah salah satu inovasi yang sangat dibutuhkan di era modern saat ini. Lahan untuk pemukiman pun semakin menyempit dan harganya kian mahal. Mau tidak mau masyarakat pun harus menyesuaikan kondisi ini dengan membuat rumah yang semakin sempit.  

Oleh karena itu, membuat produk furniture multifungsi akan sangat membantu banyak orang, khususnya mereka yang tidak punya cukup ruang di dalam rumah.

Contoh produk multifungsi adalah kasur 2 in 1 yang bisa dilipat menjadi sofa atau ranjang tempat tidur yang terdapat laci penyimpanan di bagian depan atau bawah. Bisa juga membuat sofa 2 in 1 yang langsung berisikan kabinet, rak, atau tempat penyimpanan lain di bawahnya.

Contoh lainnya, yakni meja dapur 2 in 1 yang melekat pada lemari dapur. Sehingga, bisa ditarik ketika dibutuhkan, baik sebagai talenan dengan lapisan anti noda dan anti gores maupun menjadi meja makan minimalis yang kokoh. Namun, ketika tidak dibutuhkan, bisa kamu dorong ke dalam lemari layaknya laci. 

Inovasi ini tentunya sangat cocok untuk rumah masa kini yang minimalis sehingga tidak perlu membeli tambahan furniture yang akan membuat rumah menjadi penuh sesak.

Buat Produk dengan Warna-Warna Kalem

Rumah orang Indonesia identik dengan cat serta furniture yang mencolok, seperti adanya motif Hello Kitty dan Doraemon. Namun, gaya seperti ini kurang cocok dengan konsep rumah minimalis. Furniture dengan terlalu banyak warna serta corak akan membuat rumah terasa sumpek dan sempit.

Rumah-rumah minimalis lebih cocok menggunakan perabotan berwarna kalem atau cerah, seperti warna-warna monokrom dan pastel. Contoh warna-warna pastel atau kalem, seperti pink pastel, kuning cerah, hijau muda, rosy brown, coklat muda, ungu, biru langit, orange, dan masih banyak lagi.

Sedangkan warna monokrom terdiri dari warna hitam, luxury brown, putih, fresh green, elegant burgundy, calm blue, dan passionate red.   

Perabotan dengan warna-warna kalem belakangan ini menjadi incaran banyak sekali orang, khususnya mereka yang mendambakan konsep rumah minimalis.

Jika kamu membuat produk furniture dengan warna-warna kalem, tentunya bisa jadi inovasi yang cukup menarik. Jangan hanya menerapkan cat pernis saja pada produk furniture buatanmu, kamu bisa menambahkan warna-warna, seperti hitam, putih, dan pastel.

Buat Produk Furniture Portable

Produk-produk furniture portable bisa menjadi inovasi yang visioner untuk bisnis furniture kamu. Mengingat tingginya harga bangunan dan tanah membuat orang lebih memilih untuk menyewa hunian dengan harga yang lebih murah.

Ketika menyewa suatu hunian, maka kemungkinan seseorang akan berpindah-pindah tempat pun akan semakin tinggi. Oleh karena itu, membuat furniture portable bisa menjadi salah satu upaya inovasi di bidang furniture yang memudahkan banyak orang.  

Sebagai contoh, kamu bisa membuat model lemari atau rak gantung bongkar pasang atau kasur dan sofa lipat. Hal ini pun akan memudahkan mereka yang suka berpindah-pindah tempat tinggal tanpa perlu kerepotan membawa furniture yang berat dan besar.

Kamu juga bisa membuat inovasi meja kerja portable yang bisa digunakan sambil ‘rebahan’ atau bersantai. Meja kerja ini sangat cocok dipasarkan untuk orang-orang di masa kini yang lebih banyak bekerja dari rumah atau work from anywhere (WFA).

Buat Furniture yang ‘Asyik’

Kamu mungkin kebingungan dengan maksud dari furniture yang asyik. Maksudnya adalah furniture yang punya lebih dari sekedar fungsi praktikal dan estetika, tetapi juga terdapat unsur hiburan di dalamnya.

Salah satu contohnya adalah furniture berupa ayunan gantung. Furniture ini tidak hanya berguna sebagai tempat bersantai, tetapi juga bisa menjadi tempat untuk menghibur kamu di kala penat. Selain itu, ayunan gantung ini bisa menambah estetika rumah, karena bentuknya yang unik.

Kamu bisa tempatkan dua ayunan gantung di ruang keluarga agar kamu bisa bersantai sambil bercengkrama dengan keluarga atau pasangan. Jika tidak ada cukup ruangan di dalam rumah, kamu bisa menempatkannya di teras rumah sambil menikmati udara segar di pagi hari.

Kamu juga bisa membuat furniture yang asyik lainnya, seperti Foosball Table yang bisa digunakan untuk bermain bersama teman. Namun, juga bisa menjadi meja ketika sedang tidak digunakan untuk bermain. Menarik bukan?

Yuk, Buat Inovasi Furniture Lainnya!

Itulah beberapa contoh inovasi dalam bisnis furniture yang bisa membuat bisnis kamu semakin maju. Selain ragam inovasi di atas, kamu juga bisa membuat inovasi kreatif lainnya sehingga dapat menarik lebih banyak customer.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Inovasi Terbaru untuk Bisnis Furniture yang Semakin Maju

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​