Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Menjaga Mutu & Kualitas Produk Bisnis Pakaian Anak

5 Cara Menjaga Mutu & Kualitas Produk Bisnis Pakaian Anak

5 Cara Menjaga Mutu & Kualitas Produk Bisnis Pakaian Anak

Bagaimana cara menjaga mutu & kualitas produk pada sebuah bisnis pakaian anak?

Mutu dan kualitas produk adalah dua hal yang tidak boleh kamu sepelekan dalam menjalani bisnis pakaian anak.

Sebab, kedua indikator itulah yang akan jadi penentu keberhasilan bisnismu.

Sayangnya, beberapa pemilik bisnis justru belum tahu bagaimana cara menjaga mutu dan kualitas produk dalam bisnis pakaian anak.

Bahkan banyak dari mereka yang tidak bisa membedakan kualitas bahan terbaik untuk anak, dengan yang tidak.

Nah, bagi kamu yang punya masalah serupa, simak penjelasan tentang berbagai cara menjaga mutu dan kualitas produk dalam bisnis pakaian anak di bawah ini, ya!


5 Cara Menjaga Mutu & Kualitas Produk di Bisnis Pakaian Anak

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk menjaga mutu dan kualitas produk dalam bisnis pakaian anak yang perlu kamu ketahui, agar bisnis milikmu bisa terus berkembang.

Silakan disimak!


1. Memilih bahan baku secara selektif

Bicara soal menjaga mutu dan kualitas produk pakaian anak tentu tidak terlepas dari kain sebagai bahan baku utamanya.

Maka dari itu, kamu harus memilih bahan baku dengan cermat. Apalagi hasil produksi pakaian ditentukan dari kualitas bahan baku yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, pakaian dari bahan kaos. Tentunya kamu harus memilih bahan kaos terbaik agar nanti hasil produknya juga lebih bagus dan berkualitas.

Apalagi sekarang ini ada banyak bahan kaos yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang berbeda-beda.

Salah satu jenis bahan kaos yang banyak orang rekomendasikan untuk pakaian anak adalah cotton combed. Bahan ini terbuat dari katun combed yang punya karakteristik lembut dan halus.

Jadi, sangat cocok untuk anak-anak yang sering berkeringat dan sedang aktif-aktifnya.

Bukan hanya dari segi jenis kain yang bisnismu gunakan, kamu juga harus memperhatikan kondisi kain yang kamu beli. Apakah ada cacat pabrik, seperti bolong dan lainnya?

Sebab, kondisi kain yang jelek juga akan memengaruhi hasil produksi.

Makanya, kamu perlu memeriksa satu per satu kain yang akan dan sudah kamu beli. Jika nantinya kamu menemukan kain yang cacat, jangan ragu untuk melakukan pengembalian ke pihak supplier.


2. Memantau proses produksi secara berkala

Setelah memastikan kualitas bahan baku yang kamu gunakan, selanjutnya kamu juga harus memantau proses produksi pakaian anak.

Mulai dari tahapan pembuatan pola, pemotongan kain, proses jahit, sablon, hingga tahap quality control.

Setiap proses produksi tersebut wajib kamu perhatikan secara detail, agar nantinya tidak ada produk yang gagal atau cacat produksi, sehingga tidak bisa kamu jual.

Beberapa hal yang tak boleh terlewatkan, antara lain pola pakaian apakah sudah pas, kualitas jahitan, dan pengerjaan sablon.


3. Memperhatikan aspek SDM

Pemilihan bahan yang berkualitas tidak akan menghasilkan pakaian anak yang berkualitas, jika sumber daya manusia yang bisnismu miliki tidak kompeten pada bidangnya.

Oleh karena itu, kamu juga perlu memperhatikan tenaga kerja yang bekerja di bisnis pakaian anak milikmu.

Pastikan jika tenaga kerja sudah memiliki keahlian dalam produksi pakaian anak, dan selalu teliti dalam memeriksa hasil produksi.

Maka dari itu, sangat penting untukmu membentuk tim quality control yang nantinya bertugas memeriksa setiap hasil produksi sebelum masuk ke tahap pengemasan, dan siap kamu jual ke konsumen.

Adapun berbagai hal yang wajib masuk dalam standar quality control pada bisnis pakaian anak; antara lain ukuran baju, warna, bahan kain, dan kualitas jahitan.

Kemudian, perhatikan juga presisi tampilan kaos, kualitas sablonan, hingga label brand yang kamu sematkan pada pakaian anak tersebut.


4. Memperhatikan kualitas sablon

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kualitas cetak atau sablon menjadi salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk bisnismu perhatikan.

Sebab, sablon ini juga akan berpengaruh terhadap mutu dan kualitas produk pakaian anak milik brand kamu.

Apalagi sekarang sudah banyak metode printing pakaian yang bisa kamu gunakan dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Misalnya, metode screen printing yang punya biaya lebih murah, namun kurang cocok untuk pakaian anak dengan warna-warna mencolok.

Kemudian, ada juga metode heat transfer yang dapat mencetak kaos dengan gambar berbeda dalam sekali produksi, tetapi kualitas sablonannya terlalu rendah.

Jika kamu tidak masalah dengan harga cetak dan lebih mengutamakan kualitas hasilnya, maka sebaiknya kamu menggunakan metode cetak DTG (Direct to Garment). Hasil dari metode cetak yang satu ini sangat bagus untuk pakaian anak, dan bisa mencetak pakaian dengan berbagai desain.


5. Memperhatikan desain pakaian

Desain pakaian juga menjadi bagian dari cara menjaga mutu dan kualitas produk pakaian anak, khususnya jika bisnis pakaian anak milikmu sudah punya ciri khas pada setiap produknya.

Saat ini desain pakaian anak juga tidak kalah beragamnya dengan pakaian dewasa. Artinya, mau tidak mau, kamu juga harus terus melakukan inovasi desain.

Namun, selalu pastikan jika desain pakaian yang kamu buat tetap orisinal, dan sesuai ciri khas brand kamu.

Bagi kamu yang masih bingung, bisa juga bergabung ke komunitas desainer yang biasanya kerap membagikan portofolio hasil desain mereka.

Selain itu, kamu juga bisa membeli buku-buku tentang fashion anak yang kini banyak tersedia di toko buku. Beberapa judul buku yang bisa kamu baca, antara lain All About Yves, Coco Chanel: An Intimate Life, dan Vogue: The Editor’s Eye.


Yuk, Jaga Mutu & Kualitas Produk Bisnis Pakaian Anak!

Itulah beberapa cara menjaga mutu dan kualitas produk dalam bisnis pakaian anak yang sedang kamu rintis.

Mulai dari cara memilih bahan baku, memantau proses produksi, memilih tenaga kerja yang kompeten, hingga memperhatikan kualitas sablon & desain pakaian yang akan kamu produksi dan kemudian jual

Semoga bermanfaat, ya.

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Menjaga Mutu & Kualitas Produk Bisnis Pakaian Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​