Home » Strategi-bisnis » 3 Faktor Pemikat Konsumen pada Bisnis Pakaian Anak

3 Faktor Pemikat Konsumen pada Bisnis Pakaian Anak

3 Faktor Pemikat Konsumen pada Bisnis Pakaian Anak

Apa saja faktor yang menjadi pemikat konsumen untuk membeli sebuah produk pada bisnis pakaian anak?

Sebagai pemilik bisnis pakaian anak, kamu harus mengetahui apa saja faktor yang mampu menarik minat beli atau memikat konsumen.

Mengapa demikian? Karena jika kamu tidak mengetahuinya, kamu pasti akan kesulitan untuk mencapai target penjualan, dan konsumen justru akan berpaling pada kompetitor.

Lantas, apa saja faktor-faktor yang berpengaruh tersebut?


3 Faktor Pemikat Konsumen pada Bisnis Pakaian Anak

Dalam perjalanannya, persaingan bisnis tentu menjadi semakin sengit dan ketat; tidak terkecuali pada bisnis pakaian anak.

Karena itu, kamu harus mampu mengenali apa yang membuat produkmu menarik, agar kamu tidak kehilangan konsumen.

Berikut adalah 3 faktor pemikat agar konsumen tertarik membeli produk bisnis pakaian anak yang perlu kamu ketahui.

Yuk, disimak!


1. Kualitas produk

Faktor pertama untuk menarik minat beli konsumen bisnis pakaian anak berkaitan dengan kualitasnya.

Aspek ini sangat penting dan akan berpengaruh pada reputasi sebuah bisnis.

Kualitas di sini tidak hanya berkaitan dengan bahan baku yang kamu gunakan, namun produkmu juga harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Apalagi jika kamu menjual produk berupa pakaian anak.

Setiap konsumen pasti akan mencari pakaian dengan kualitas terbaik agar anak mereka merasa nyaman, dan terlihat menawan. Hal-hal seperti inilah yang wajib kamu perhatikan.

Pastikan bahwa bahan baku yang kamu gunakan aman untuk kulit anak-anak yang mungkin masih sensitif.

Contohnya, untuk bahan baku, kamu bisa menggunakan kain katun bambu yang berasal dari serat alami, sehingga sangat aman dan tidak akan menimbulkan risiko alergi pada kulit anak. Harga kain katun bambu sendiri mulai dari Rp113.000,00 per kg.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, kamu sebaiknya mampu mengikuti dan mengembangkan pakaian berdasarkan tren yang ada.

Sehingga nantinya, kamu bisa menjamin bahwa produk yang kamu jual tidak akan ketinggalan zaman, dan selalu memiliki style paling baru untuk anak-anak.

Misalnya, saat ini tren pakaian anak yang sangat banyak konsumen minati adalah Korean style.

Jadi, bisnismu bisa menyediakan berbagai model baju anak ala Korea, dengan menonjolkan warna-warna lembut yang cocok untuk anak-anak, seperti ungu muda, merah muda, biru muda, dan lain sebagainya.


2. Kredibilitas & kualitas layanan

Kredibilitas dan kualitas layanan juga menjadi salah satu aspek penting yang dapat memengaruhi minat dan loyalitas konsumen.

Berdasarkan laporan WPForms, 80% konsumen mengatakan customer service merupakan elemen yang penting dalam sebuah bisnis, dan mereka akan memilih meninggalkan bisnis yang memiliki layanan buruk.

Karena itu, kamu sebaiknya juga memperhatikan aspek yang satu ini. Jangan pernah merasa malas untuk menanggapi pertanyaan, masukan, atau bahkan komplain dari para konsumen.

Misalnya, kamu mendapatkan pertanyaan seputar ukuran produk yang kamu jual. Maka, kamu perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan sabar dengan informasi yang lengkap.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan langsung chart ukuran baju kepada konsumen tersebut, dan pastikan kamu tidak membuat konsumen menunggu lama. Agar lebih efektif, kamu bisa merekrut seorang karyawan sebagai admin.

Contoh lainnya adalah saat ada konsumen yang datang ke lokasi bisnismu, maka sambut mereka dengan ramah.

Berikan mereka berbagai rekomendasi produk yang mungkin cocok untuk anak mereka. Semakin baik dan solutif pelayanan kamu, semakin besar minat konsumen untuk membeli produk.

Agar lebih optimal dalam memberikan pelayanan, sekaligus menunjukkan kredibilitas bisnismu, kamu bisa merekrut seorang karyawan sebagai pramuniaga atau kasir, yang berpengalaman dan profesional.

Untuk menemukan kandidat pramuniaga terbaik, pastikan kamu telah memberikan syarat yang khusus dan spesifik ketika membuka lowongan.

Contohnya dengan memberikan syarat bahwa kandidat harus memiliki pengalaman profesi sebagai pramuniaga di sebuah bisnis pakaian anak sebelumnya.


3. Promosi & pemasaran

Faktor agar konsumen memiliki minat beli terhadap produk pakaian anak milikmu yang terakhir berkaitan dengan promosi atau pemasaran apa saja yang sudah kamu lakukan.

Bentuk pemasaran seperti ini akan membuat kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. Konsumen juga menjadi lebih mudah untuk menemukan bisnis atau produkmu.

Pemasaran ini bisa kamu lakukan secara langsung di bisnis, atau secara digital. Misalnya, kamu melakukan sales promotion di toko offline seperti memberikan diskon, atau promo buy 1 get 1.

Promosi ini bisa kamu lakukan di hari-hari tertentu. Seperti di Hari Anak atau menjelang perayaan besar, contohnya saat Natal, Lebaran, atau Hari Kemerdekaan.

Sedangkan untuk promosi digital, kamu bisa menggunakan online marketplace, seperti Shopee atau Tokopedia.

Promosi yang kamu berikan bisa berupa diskon atau cashback. Kamu bisa memberikan promo ini ketika ada konsumen yang baru pertama kali melakukan pembelian, atau memberikan promosi saat hari-hari tertentu.

Agar mampu menjangkau lebih banyak konsumen, kamu bisa menggunakan iklan seperti Shopee Ads. Biayanya mulai dari Rp200,00 – Rp12.000,00 per kliknya, tergantung jenis iklan yang ingin kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beragam media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, and YouTube.

Caranya adalah membuat konten yang memperkenalkan produk, sehingga konsumen bisa melihat kelebihannya.

Contohnya adalah konten seputar bahan baku yang bisnismu gunakan, ulasan konsumen, atau informasi seputar promo giveaway untuk meningkatkan brand awareness.


Sudah Tahu Faktor Apa Saja yang Memikat Konsumen di Bisnis Pakaian Anak?

Itulah beberapa faktor yang bisa meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk bisnis pakaian anak milikmu.

Sebagai pemilik bisnis, kemampuan untuk mendorong dan memengaruhi konsumen adalah sebuah hal yang wajib kamu miliki.

Semakin paham kamu tentang faktor-faktor tersebut, semakin cepat juga bisnis akan berkembang.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Faktor Pemikat Konsumen pada Bisnis Pakaian Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​