Home » Strategi-bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi untuk Memperluas Bisnis Pakaian Anak

Faktor Pemilihan Lokasi untuk Memperluas Bisnis Pakaian Anak

Faktor Pemilihan Lokasi untuk Memperluas Bisnis Pakaian Anak

Memperluas bisnis pakaian anak adalah salah satu cara meningkatkan penjualan dan pendapatan yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis. Karena tujuan utamanya adalah meningkatkan keuntungan, maka pemilihan lokasi bisnis untuk memperluas bisnis pakaian anak pun harus dipertimbangkan dengan matang.

Ada enam faktor penting yang mempengaruhi pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis pakaian anak. Kira-kira ada faktor apa saja, ya? Agar tidak penasaran, simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Pentingnya Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Lokasi bisnis adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk memproduksi hingga menjual barang-barang yang sudah diproduksi, salah satunya pakaian anak.

Bagi pemilik bisnis, tentu saja lokasi menjadi pertimbangan utama ketika ingin mengelola sebuah bisnis. Karena lokasi ini nantinya akan menjadi identitas yang akan dikenal dan diingat oleh pelanggan.

Ketika kamu salah menentukan lokasi untuk memperluas bisnis pakaian anak, maka akan menimbulkan dampak buruk. Mulai dari angka penjualan yang tidak sesuai target, jumlah pelanggan yang terus mengalami penurunan, keuangan bisnis menjadi terganggu, hingga menyebabkan kerugian.

6 Faktor Pemilihan Lokasi yang Penting

Bukan hanya sekadar identitas saja, lokasi bisnis pakaian anak yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksesan bisnis yang sedang kamu kelola. Maka ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi untuk memperluas bisnis pakaian anak milikmu, seperti berikut ini:

Aksesibilitas Lokasi

Kemudahan akses menuju lokasi merupakan faktor pertama yang harus kamu pertimbangkan saat ingin memilih lokasi bisnis. Kemudahan akses ini bukan hanya ditentukan berdasarkan letak toko, tetapi juga kondisi jalanan sekitar. 

Hal-hal yang termasuk dalam aksesibilitas lokasi yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • Kondisi aspal jalanan: Perhatikan aspal jalanan dalam keadaan bagus atau rusak dan banyak lubang;
  • Luas jalan: Kamu juga harus memperhatikan apakah jalanan tersebut luas, sedang, atau sempit. Sebaiknya pilih jalanan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Visibilitas Lokasi

Selain kemudahan akses, kamu juga harus mempertimbangkan keberadaan lokasi atau tempat bisnis milikmu berada. Pilih lokasi yang cukup terkenal, seperti lokasi yang berada di pusat kota.

Tata letak bangunan atau toko pun juga harus mudah dilihat melalui akses jalan utama. Hindari memilih bangunan yang berada di dalam pemukiman yang padat atau jauh dari jalan raya.

Lokasi yang tepat adalah bangunan yang berada di pinggir jalan. Biasanya biaya sewa lokasi ini cenderung lebih mahal sekitar Rp 3-6 juta dalam satu bulan.

Tempat Parkir yang Luas

Faktor berikutnya adalah adanya lahan kosong yang digunakan sebagai tempat parkir. Biasanya pengunjung menyukai tempat parkir yang luas, nyaman, bersih, dan tentu saja aman.

Pilihlah lokasi yang menyediakan lahan kosong dengan luas minimal 500 m2. Karena lahan ini bisa menampung sekitar 10 mobil. Jika tersedia parkiran yang luas, maka pengunjung pun akan nyaman untuk berbelanja di toko pakaian anak milikmu.

Ekspansi Bisnis

Jika bisnis pakaian anak yang kamu miliki terus mengalami keuntungan. Tentu saja kamu ingin memperluas bangunan toko agar bisa menampung pakaian anak lebih banyak dan pelanggan tetap merasa nyaman.

Nah, kondisi tersebut adalah istilah dari ekspansi. Meski kamu belum memiliki gambaran kapan ekspansi akan dilakukan, setidaknya hal ini harus kamu pertimbangkan saat memilih lokasi untuk bisnis pakaian anak milikmu.

Jika luas lahan hanya cukup dijadikan sebagai tempat parkir, maka solusinya adalah melakukan ekspansi dengan menambah jumlah lantai. Misalnya, saat ini bangunan masih berlantai 2, maka bangunan tersebut bisa ditambah 3 lantai lagi.

Contoh, lokasi bisnis kamu berada di atas tanah seluas 60 m2, sedangkan bangunan toko kamu seukuran rumah tipe 36. Umumnya, biaya renovasinya sekitar Rp 2,5 juta -Rp 4 juta per m2 untuk sistem pekerjaan borongan.

Apabila kamu ingin menggunakan material terbaik, maka biasanya kisaran biaya renovasi sekitar  Rp 4 juta per m2. Jadi, cara perhitungan biaya keseluruhan renovasi toko untuk menambah 1 lantai, yaitu:

Biaya renovasi tambah 1 lantai= 36 x Rp 4 juta = Rp 144 juta.

Lingkungan Sekitar

Memilih lokasi bisnis juga harus mempertimbangkan lingkungan sekitar. Kamu harus jeli apakah lingkungan tersebut cukup mendukung penjualan pakaian anak yang kamu jual atau tidak.

Pilihlah lokasi yang tidak jauh dari lingkungan sekolah. Mengapa? Sebab, target pasar dari bisnis pakaian yang kamu jual adalah anak-anak. Orang tua yang sedang mengantar atau menjemput anaknya tentu berlalu-lalang di sekitar toko. Keberadaan toko milikmu tentu saja akan menjadi daya tarik bagi para orang tua.

Selain dekat dengan target pasar, pilih lokasi yang bebas dari banjir. Jika tidak, maka kamu harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi seperti kerusakan toko hingga pakaian yang tidak layak dijual karena terendam banjir.

Keberadaan Pesaing

Faktor pemilihan lokasi yang terakhir adalah keberadaan pesaing di sekitar lokasi. Meski persaingan di sektor bisnis pakaian anak tidak begitu ketat, tetap saja kamu harus memperhatikan ada atau tidaknya kompetitor di sekitar lokasi.

Jika keberadaan kompetitor cukup dekat, maka jumlah pengunjung pun bisa menurun dan penjualan tidak stabil. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang jauh dari kompetitor minimal 1 km.

Pilih Lokasi Tepat untuk Perluas Bisnis Pakaian Anak!

Itulah enam faktor pemilihan lokasi yang penting untuk memperluas bisnis pakaian anak yang kamu kelola. Karena lokasi menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis, pertimbangkan enam faktor di atas agar bisnis pakaian yang kamu kelola cepat berkembang!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Pemilihan Lokasi untuk Memperluas Bisnis Pakaian Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​