Faktor-faktor Memilih Lokasi Bisnis Kopi yang Menguntungkan

·
4 menit
Tips Memilih Lokasi Bisnis Kopi

Coffee shop adalah bisnis yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak muda yang ingin mencoba bisnis baru. Besarnya peluang bisnis kopi di Indonesia membuat semakin banyak coffee shop yang berdiri di berbagai daerah. Bahkan kini sudah banyak pemilik coffee shop yang berhasil membuka cabang di banyak kota.

Berbicara tentang bisnis coffee shop, salah satu hal penting yang harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang adalah memilih lokasi bisnis kopi. Lokasi memang menjadi faktor penting untuk pengembangan bisnis kamu. Pemilihan lokasi yang tepat juga menjadi penentu kesuksesan dalam sebuah perjalanan bisnis.

Untuk kamu yang sedang dalam tahap mengembangkan bisnis coffee shop supaya lebih ramai dan menguntungkan, tentu perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi bisnis kopi agar dapat menghasilkan profit yang tinggi. 

Tips Memilih Lokasi Bisnis Kopi

Di bawah ini adalah faktor-faktor memilih lokasi bisnis kopi yang menguntungkan para pemilik bisnis. Simak baik-baik, ya.

1. Tentukan Lokasi Sesuai Target Pasar

Sebelum memilih lokasi untuk coffee shop, terlebih dahulu kamu perlu melakukan survei untuk mengetahui apakah target pasar untuk bisnis kamu ada di lokasi tersebut atau tidak. Beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi antara lain adalah siapa targetnya, menu yang disukai, gaya hidup, dan range pendapatannya. 

Strategi yang seperti ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan kamu agar target pasar sesuai dengan lokasi yang dipilih. Sebagai contoh, jika target coffee shop kamu adalah generasi milenial dan anak-anak muda, maka pilih lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, seperti sekolah atau universitas.

2. Pilih Lokasi yang Mudah Terlihat

Faktor penting lainnya dalam memilih lokasi bisnis kopi adalah memilih tempat yang mudah terlihat dari berbagai sisi. Lokasi yang strategis tentu akan membuat coffee shop kamu mudah ditemukan oleh siapa saja.

Biasanya lokasi yang dianggap strategis adalah tempat yang berada di sudut perempatan dengan suasana yang terbuka. kamu juga perlu mengalihkan perhatian pengunjung supaya tertarik untuk mampir ke coffee shop kamu. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat tulisan besar di depan coffee shop atau desain menarik yang eye catching.

Kamu perlu membuat konsumen merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan coffee shop kamu. Dengan begitu, maka konsumen akan tertarik untuk datang kembali ke coffee shop kamu sehingga persentase pengunjung yang datang semakin tinggi.

3. Pilih Lokasi yang Mudah untuk Diakses

Akses menuju lokasi yang mudah dan bisa dilewati berbagai jenis kendaraan tentu menjadi faktor penentu dalam memilih lokasi bisnis kopi. Lokasi yang mudah diakses biasanya dekat dengan jalan raya dan berada di tengah kota. 

Jika coffee shop kamu berada dekat dengan jalan raya, tentunya dapat lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh target pasar. Dengan begitu, maka coffee shop kamu akan memperoleh keuntungan yang besar.

4. Memperhatikan Fasilitas di Sekitar Lokasi

Infrastruktur bangunan dan fasilitas di sekitar lokasi coffee shop juga perlu menjadi perhatian kamu. Tentu kamu tidak mungkin memilih lokasi bisnis kopi dengan kondisi air yang kotor atau bahkan tidak ada lahan parkir. 

Lokasi coffee shop yang tidak memiliki lahan parkir tentu akan membuat pelanggan kesulitan mencari tempat parkir jika ingin datang ke coffee shop. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih lokasi bisnis kopi yang memiliki lahan parkir dan dapat memuat kendaraan roda dua maupun roda empat.

5. Perhatikan Ada atau Tidaknya Kompetitor di Sekitar Lokasi

Memilih lokasi bisnis kopi yang strategis memang dapat membantu meningkatkan angka konsumen yang datang ke coffee shop kamu. Sayangnya di lokasi yang strategis justru banyak terdapat kompetitor sehingga kerap kali terjadi persaingan yang ketat. 

Mendapatkan kompetitor dengan lokasi bisnis yang berdekatan adalah hal yang sangat mungkin kamu temukan. Oleh karena itulah, ketika memutuskan untuk memilih lokasi bisnis kopi, kamu perlu melakukan pertimbangan ada atau tidaknya kompetitor di sekitaran lokasi.

Jika ada, kamu pun juga harus memastikan bahwa bisnis coffee shop yang kamu jalani bisa bersaing secara sehat dengan mereka. Namun, jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka kamu perlu berpikir ulang untuk memilih lokasi tersebut atau mencari lokasi lain yang tidak ada kompetitornya.

6. Pertimbangkan Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Coffee Shop

Memilih lokasi bisnis kopi yang sesuai memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini karena kamu harus meluangkan waktu saat melakukan survei lokasi. Posisi lokasi coffee shop yang strategis memang menjadi kunci sukses bisnis kamu

Saat melakukan survei lokasi, kamu bisa memilih waktu-waktu tertentu untuk melihat seberapa ramainya lokasi tersebut. kamu dapat melakukan survei pada saat hari kerja dan juga hari libur.

Tidak ada salahnya untuk bertanya tentang lokasi kepada warga sekitar agar kamu lebih familiar dengan lokasi tersebut dan kondisi di sekelilingnya. Biasanya kamu akan mendapatkan saran dan masukan dari warga tentang kemungkinan hambatan yang akan dihadapi, kesesuaian dengan target pasar, dan lain sebagainya.

7. Pertimbangkan Lokasi dan Kebiasaan Orang untuk Minum Kopi di Luar Rumah

Bicara tentang coffee shop, tentunya kamu akan berpikir daerah mana yang biasa ramai dan banyak orang yang keluar rumah hanya untuk minum kopi. Sebagai contoh coffee shop di daerah Yogyakarta. Tentu tidak semua tempat di Yogyakarta cocok sebagai lokasi coffee shop.

Biasanya area Jalan Kaliurang, Demangan, dan Seturan adalah tiga area yang banyak coffee shop karena memang banyak orang yang senang minum kopi di luar rumah. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih kota dan area untuk membuka coffee shop, kamu perlu melakukan riset secara mendalam serta mengenal kebiasan orang untuk minum kopi di sekitaran lokasi yang dipilih.

Apakah orang-orang cenderung lebih suka minum kopi di coffee shop ata di rumah? Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu pendapatan rata-rata dan berapa kisaran uang yang bersedia mereka keluarkan untuk minum kopi di coffee shop.

Bila perlu, kamu dapat meminta data statistik tentang tingkat konsumsi kopi per kapita di daerah tersebut untuk menambah data dan fakta yang kamu miliki. Cara ini memang sedikit rumit, tetapi sangat membantu kamu dalam memilih lokasi bisnis kopi.

8. Ingat Bahwa Kamu Tidak Harus Menyenangkan Semua Orang

Kamu tentu pernah mendengar istilah ‘Jangan berusaha untuk menyenangkan semua orang’, bukan? Hal ini pun berlaku saat kamu sedang memilih lokasi bisnis kopi. Walaupun kamu memilih lokasi yang strategis, infrastruktur yang bagus, dekat dengan gedung perkantoran dan kampus, namun kamu tidak mesti menyasar kedua target pasar itu.

Jadi, kamu harus menentukan fokus target pasar dan menyiapkan strategi yang matang agar dapat menarik perhatian konsumen. Jangan takut dengan tantangan yang akan dihadapi. Selagi kamu tahu nilai jual yang dimiliki coffee shop kamu, maka tantangan tersebut bisa dihadapi dengan mudah.

Sudah Tahu Faktor-Faktor Dalam Memilih Lokasi Bisnis Kopi?

Demikian berbagai faktor dalam memilih lokasi bisnis kopi yang menguntungkan. Jadi jangan asal ya, kamu perlu melakukan analisis terlebih dahulu sebelum mengembangkan bisnis kopi agar tepat sasaran dan mendatangkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih