3 Tips Pemasaran Kepada Millennial Dari Taylor Swift – Keberhasilan usaha penyanyi dan penulis lagu ini memang bukan sesuatu yang mengherankan lagi.

Di luar bakat musiknya, ada ketajaman bisnis yang secara pasti tahu bagaimana memasarkan setiap karya yang dikeluarkan.

Anda harus menjadi seorang pakar pemasaran  hebat untuk melakukan apa yang Taylor dan timnya lakukan.

Ia dapat menjual album CD dan menjual tiket seharga $280 juta ke seluruh dunia, dimana mayoritas fans yang dimilikinya adalah kalangan millenial.

Hal ini tentunya cukup untuk membuktikan bahwa Taylor Swift adalah master pemasaran kepada kaum millenial.

Mencoba belajar dari Taylor, berikut adalah 3 tips yang dirangkum oleh KoinWorks mengenai teknik pemasaran yang dilakukan oleh artis papan atas ini:

3 Tips Pemasaran Kepada Millennial Dari Taylor Swift

1. Gunakan FOMO (Fear of Missing Out) Untuk Selamanya

Fear of missing out - fomo

FOMO, atau dikenal sebagai “takut kehilangan,” adalah kekuatan yang sangat kuat untuk millenial dan berasal dari penciptaan komunitas yang saling memiliki.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Saat Musim Liburan

Seperti halnya kekuatan apapun, FOMO dapat membuat konsumen merasa spesial atau bisa memicu perasaan terisolasi dan harga diri yang melemah jika mereka mengalami kehilangan.

Taylor Swift menunjukkan keefektifan FOMO untuk mendorong keterlibatan konsumen dan loyalitas mereka.

Mengingat akan strategi penjualan album senilai $5 juta yang dia jual sampai saat ini, FOMO adalah faktor pasti dalam pemasaran dan kesuksesan CD Swift. Setiap album yang terjual selalu mencakup foto dan pesan pribadi untuk penggemar.

Album juga selalu disertai setidaknya satu dari lima kumpulan foto polaroid eksklusif. Ditambah lagi, penggemar juga menerima kode khusus yang bisa membuat mereka memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah bertemu langsung dengan Swift. Mereka yang tidak membeli CD melewatkan semua hal eksklusif yang ada.

Pemasaran yang disebabkan oleh FOMO dapat menghasilkan buzz sosial dan publisitas gratis karena penggemar merasa antusias untuk berbagi pembelian eksklusif mereka di media sosial dengan teman mereka.

Faktanya, 70 persen konsumen pria muda (65 persen wanita muda) mengatakan bahwa mereka bisa “terhubung” dengan rasa takut itu.

Untuk alasan ini, produk edisi terbatas dan penawaran khusus adalah cara yang efektif untuk mengundang segmen konsumen yang lebih muda untuk bergabung dengan komunitas Anda sendiri, merasa istimewa dan juga memperkuat ikatan mereka dengan merek Anda.


2. Luangkan Waktu Untuk Menghargai konsumen Anda

wawancara - interview diskusi

Taylor Swift dikenal karena hubungannya yang kuat dengan penggemar. Dia menghormati mereka dan sering berusaha untuk berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram

Sebelum dia merilis 1989, Swift secara pribadi mengundang 89 penggemar ke masing-masing rumahnya untuk mendengarkan musiknya dan memberikan feedback mereka.

Selain aplikasi FOMO yang kuat ini, keramahan yang dia berikan kepada penggemar juga diakui menyebabkan kesetiaan dan dukungan yang banyak atasnya.

Dia terus menunjukkan rasa terima kasih kepada para fans melalui banyak peluang yang ada. Misalnya, dua penggemar Tumblr terbesarnya merasakan cinta ini secara langsung di iHeart Music Awards 2015. Swift meluangkan waktu untuk menemui mereka dan mengundang mereka ke mejanya.

Sementara hadiah dan kesempatan spesial selalu menjadi bonus, waktu masih menjadi salah satu mata uang terbaik sebagai bentuk apresiasi yang bisa Anda berikan untuk konsumen.

Penggemar Swift mencintainya bukan untuk memorabilia eksklusif yang dia berikan, namun fans mencintainya karena keramahan yang dimiliki Swift saat berbicara dengan mereka, mempelajari cerita mereka dan menanggapi kebutuhan mereka.

Kecintaannya pada penggemar menunjukkan peran emosi yang sangat kuat dalam tindakan konsumen. Konsumen lebih cenderung membeli dari teman daripada orang asing.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Jack Ma Dari Kecil Hingga Sukses Membangun Bisnis Alibaba

Itulah sebabnya peluang yang mendorong interaksi pribadi dengan dan penghargaan oleh konsumen akan memperkuat ikatan emosional mereka dengan Anda.

Konsumen yang merasa memiliki hubungan dengan Anda dan komunitas Anda kemudian dapat menciptakan efek riak.

Penggemar ini sering menjadi duta merek asli yang dengan senang hati akan berbagi pesan kepada orang-orang disekitarnya.

Dengan 91 persen generasi di bawah 30 tahun yang bersedia melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi teman, efek riak ini bisa menjadi kekuatan yang sangat kuat untuk Anda.


3. Ciptakan Pengalaman Spesial

skill finansial untuk anak muda

Dengan lebih dari 38 artis tamu yang berbeda, termasuk bintang pop seperti Selena Gomez dan veteran industri seperti The Rolling Stones, Taylor berhasil membuat setiap konser menjadi unik, sehingga ia selalu membuat penggemar yang hadir merasa memiliki memori eksklusif.

Baca Juga: 4 Tips yang Perlu Diikuti Agar Bisnis Anda Mendapatkan Perhatian Gen Z

Singkatnya, Swift memahami bahwa penghargaan yang diinginkan oleh generasi millenial  saat ini adalah suatu pengalaman spesial.

Dia tahu bahwa penggemarnya mendambakan pengalaman dan kenangan yang berarti lebih dari yang mereka lakukan.

Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa tiga dari empat kalangan millenial akan memilih membelanjakan uangnya untuk mendapatkan sebuah pengalaman atau kejadian selama pembelian.

Hal ini tentu sangat masuk akal karena perasaan memiliki barang baru akan memudar dengan cepat, tapi kenangan untuk berbagi dengan teman selalu tersimpan secara istimewa.

Dalam hal ini, penggemar tidak hanya membeli tiket konser dari Taylor Swift, tapi mereka juga membeli ke dunianya.

Mereka bergabung dengan lingkaran dalam dari teman sebayanya yang berpikiran sama untuk berbagi pengalaman unik yang selalu dapat mereka lihat kembali.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Terlebih lagi, bagian terbaik tentang kenangan spesial adalah mereka akan berbagi dengan teman dan keluarga.

Fans akan merasa bangga dan gembira dengan pengalaman spesial mereka dengannya, sehingga secara sukarela mereka akan menyebarkan berita tersebut di media sosial.

Itulah tadi 3 tips pemasaran kepada millenial yang telah dipraktikan oleh Taylor Swift dan sukses menghasilkan pundi-pundi penjualan yang luar biasa.

Lakukanlah berbagai metode seperti penggunaan iklan di media sosial, pemberian hadiah di saat konsumen VIP Anda berulang tahun, atau metode-metode pemasaran lain yang bisa turut digunakan untuk meningkatkan hubungan.

Dalam prosesnya, beberapa cara yang digunakan mungkin akan membutuhkan budget tambahan yang perlu Anda miliki.

Jika Anda kemudian merasa kesulitan dalam hal modal, Anda dapat mengajukan langsung pinjaman mudah melalui KoinWorks.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Saat ini, KoinWorks  hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Tentunya, sangat terjangkau-kan untuk memaksimalkan praktik pemasaran Anda kepada para millenial?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.