Home » Strategi-bisnis » Tips Mencari Bahan Baku Pakaian Berkualitas, Kenali Jenis Bahan

Tips Mencari Bahan Baku Pakaian Berkualitas, Kenali Jenis Bahan

Tips Mencari Bahan Baku Pakaian Berkualitas, Kenali Jenis Bahan

Bisnis fashion seperti pakaian memiliki beberapa kelebihan, seperti tidak ada masa kadaluarsa, tidak perlu membuka toko fisik, dan memiliki banyak peminat. Tentunya, bahan baku pakaian berkualitas menjadi kunci penting dalam suksesnya bisnis pakaian.

Apakah kamu sedang membangun bisnis pakaian? Jika iya, ulasan ini bermanfaat untukmu agar bisa mendapatkan strategi mencari bahan baku pakaian yang terbaik.

4 Tips Mencari Bahan Baku Pakaian Berkualitas

Mengingat bahan baku menjadi poin penting dalam bisnis pakaian, mencari bahan baku untuk produksi pun harus kamu pikirkan dengan teliti. Berikut ini 4 tips yang perlu kamu terapkan saat mencari bahan baku pakaian untuk bisnis:

Kenali Jenis Bahan Pakaian

Ketika mencari bahan baku pakaian berkualitas, kamu perlu menentukan jenis bahan pakaian yang akan kamu produksi. Menentukan jenis ini perlu kamu sesuaikan dengan bisnis pakaian yang akan kamu bangun. Misalnya, pakaian kerja, baju rumah, atau baju untuk pesta.

Setiap bahan pakaian tentu harus sesuai dengan fungsinya. Apabila kamu membangun bisnis pakaian untuk sehari-hari, seperti kaos, kamu bisa menggunakan bahan cotton combed yang terbuat dari serat kapas murni.

Khusus pakaian kerja, bahan yang cocok adalah kain drill, oxford, canvas, dan ripstop karena tahan lama, ringan, dan tidak panas. Sehingga, pakaian dengan bahan tersebut nyaman digunakan untuk bekerja.

Lain lagi jika kamu membangun bisnis pakaian untuk pesta. Kamu bisa menggunakan bahan tulle, lace, crepe, sutera, mikado, dan satin yang terlihat mewah.

Selain fungsi dalam penggunaan sehari-hari, kemampuan bahan kain itu sendiri juga dapat memberikan poin plus pada produkmu. Contoh bahan kain yang memiliki teknologi breathable akan lebih banyak disukai, karena bisa mengeluarkan uap panas dari dalam tubuh. 

Pentingnya memahami fungsi pakaian akan berpengaruh ke penjualan. Calon pembeli akan mencari pakaian dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan fungsi pakaian tersebut.

Lihat Ketahanan Bahan Pakaian

Selain jenis bahan pakaian yang sesuai fungsi, ketahanan bahan pakaian juga penting untuk kamu perhatikan. Karena pakaian tidak memiliki masa kadaluarsa, semakin awet suatu pakaian maka brand kamu akan semakin terkenal memiliki produksi pakaian yang berkualitas.

Bahan baku pakaian berkualitas dapat kamu cek ketahanannya dengan cara meremas bahan tersebut. Sehingga, kamu akan mengetahui apakah bahan tersebut tahan terhadap kerutan atau tidak. Beberapa contoh kain yang tidak mudah berkerut adalah wool, denim, flannel, jersey, dan nylon.

Perhatikan Cara Perawatan

Cara perawatan kain juga akan mempengaruhi kualitas bahan pakaian. Setiap jenis kain memiliki karakteristik sendiri dan cara perawatan berbeda-beda. Tidak hanya merawat kain saat melakukan produksi pakaian, kamu juga perlu mengedukasi pembelimu agar pakaian tetap berkualitas.

Contohnya, bahan katun lebih baik dicuci dengan air dingin dan suhu rendah agar tidak mudah mengkerut. Khusus bahan denim perlu dicuci terbalik agar warnanya tidak mudah luntur. Sedangkan bahan sutra, tidak boleh untuk dicuci menggunakan mesin cuci, karena akan merusak serat kain.

Mencari Supplier Bahan Baku Pakaian

Terakhir, dalam bisnis pakaian tentu kamu akan membutuhkan jumlah bahan baku yang besar. Demi mendukung hal tersebut, supplier bahan baku pakaian berkualitas juga penting untuk kamu perhatikan.

Supaya mendapatkan supplier terpercaya, ada beberapa kriteria seorang supplier yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari sudah memiliki lokasi produksi dan kontak yang jelas, track record baik, stok bahan baku terjaga, layanan pengiriman cepat, dan kualitas produk baik.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan supplier bahan baku pakaian berkualitas, seperti berikut ini:

Memanfaatkan relasi

Adanya kenalan dalam bisnis pakaian dapat membantumu mencari supplier tangan pertama. Caranya, kamu bisa bergabung ke dalam komunitas sesuai dengan bisnis yang kamu bangun.

Datang ke sentra industri pakaian

Kedua, cara mencari bahan baku pakaian berkualitas bisa kamu lakukan dengan datang langsung ke sentra industri kain. Kelebihannya, kamu bisa menyentuh dan mengevaluasi kualitas bahan. Kamu juga bisa mendapatkan harga diskon jika membeli banyak.

Di Indonesia, kamu bisa menemukan industri tekstil di daerah Semarang, Lamongan, Bogor, Bekasi, Purwakarta, Subang, Karawang, dan lain sebagainya. Jika sudah menemukan sentra yang cocok, kamu bisa mengajukan penawaran dan selanjutnya membuat kesepakatan.

Mencari dari pusat grosir

Tidak hanya langsung dari pabrik, bahan baku pakaian berkualitas juga bisa kamu dapatkan dari pusat grosir kain. Contohnya, kamu bisa mencari kain tekstil di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat Blok A, B, dan F.

Di Blok A dan B, kamu bisa menemukan di basement 1 dan 2. Khusus blok F, ada di dalam dan luar ruko. Beberapa rekomendasi toko yang bisa kamu kunjungi adalah Toko Sukses Makmur, Alya Textile, dan Textile Suryadi.

Menggunakan e-commerce

Terakhir, supplier bahan baku pakaian berkualitas juga bisa kamu cari melalui e-commerce. Kamu bisa menghemat waktu tanpa perlu datang ke pabrik. Sayangnya, kamu tidak bisa menyentuh bahan kain.

Contoh marketplace yang bisa kamu gunakan untuk mencari supplier kain adalah Alibaba dan Taobao. Di Alibaba, kamu bisa menggunakan kata kunci garment atau fabric pada mesin pencarian untuk menemukan berbagai jenis kain.

Yuk, Mulai Produksi Pakaian Berkualitas!

Itu beberapa tips untuk mencari bahan baku pakaian berkualitas dalam bisnis pakaian. Semakin tinggi kualitas kain yang kamu gunakan, maka semakin awet baju dan pelanggan pun akan semakin menyukainya.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Mencari Bahan Baku Pakaian Berkualitas, Kenali Jenis Bahan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​