Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting, karena jika tidak ada perencanaan keuangan bagaimana Anda bisa menghitung besarnya pengeluaran dan pendapatan yang Anda miliki. Dalam sistem ekonomi, secara garis besar, pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pendapatan namun pada praktiknya saat ini ada saat-saatnya ketika pendapatan tidak bisa menutupi besarnya pengeluaran. Sebagai contoh saja, saat ini sudah memasuki bulan suci Ramadhan dimana harga barang-barang pokok relatif naik sementara pendapatan bulanan tidak berubah, belum lagi nanti untuk kebutuhan lebaran, dan setelah lebaran masih lagi membutuhkan dana untuk tahun ajaran baru anak-anak yang masuk sekolah.

Itulah yang dimaksud dengan saat-saat kritis, walaupun jika dihitung pendapatan tahunan bisa mencukupi semua kebutuhan namun karena pendapatan tidak di dapat sekaligus secara tahunan namun bulanan, perencanaan keuangan sangatlah penting. Namun jika bahkan perencanaan keuangan juga tidak bisa menutupi kebutuhan-kebutuhan pada saat-saat kritis maka alternatif lain yang tersedia adalah pinjaman.

Berbicara soal dana pinjaman baik jangka pendek atau jangka panjang, kemana biasanya Anda akan pergi? Daftar di bawah ini mungkin jawaban yang paling sering Anda dengar:

  • Meminjam dari saudara
  • Meminjam dari teman dekat
  • Meminjam dari bank
  • Meminjam dari koperasi simpan pinjam
  • Menggadaikan barang

Bagaimana dengan meminjam dana secara online? Di luar negeri sendiri sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa peminjaman uang secara online untuk berbagai kebutuhan mulai dari biaya pendidikan sampai biaya angsuran rumah dan mobil pribadi. Hal ini juga didukung oleh perkembangan teknologi informasi khususnya internet yang semakin pesat, saat ini jenis pinjaman ini juga semakin menjamur di Indonesia, karena selain proses peminjaman yang relatif cepat jika dibandingkan dengan bank atau koperasi simpan pinjam, jangka waktu peminjaman juga bisa diatur sesuai kebutuhan tidak seperti ketika harus meminjam kepada saudara atau teman dekat yang tentunya memiliki jangka waktu terbatas. Satu lagi keuntungannya adalah, beberapa jenis pinjaman justru tidak memerlukan jaminan atau agunan sama sekali namun tetap aman dan minim risiko.

Namun terdapat beberapa hal juga yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika hendak menggunakan jasa peminjaman uang secara online:

  • Kredibilitas perusahaan

Hal ini juga penting walaupun Anda sebagai si peminjam karena yang ditakutkan adalah justru perusahaan-perusaahan tersebut terlibat dalam jaringan keuangan yang ilegal seperti pencucian uang misalnya, jika nama Anda terdaftar maka Anda juga akan menjadi bagian dari tindak kriminal tersebut walaupun hanya sekedar meminjam uang.

  • Sistem pengembalian

Sistem pengembalian juga harus dipelajari dengan seksama. Walaupun tentunya Anda memiliki kewajiban untuk mengembalikan namun segala jenis sistem pengembaliannya harus jelas, misalnya jangka waktu pengembalian, besar bunga yang harus dikembalikan dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari adanya biaya-biaya tambahan yang hanya sekedar modus dari perusahaan saja yang pada akhirnya justru merugikan Anda.

  • Konsekuensi keterlambatan

Jika Anda sudah memutuskan untuk meminjam uang maka sebaiknya Anda juga memilki komitmen untuk mengembalikan uang angsuran secara tepat waktu. Selain hal ini juga baik untuk sejarah kredit Anda sehingga nantinya jika Anda ingin mengajukan pinjaman atau kredit maka Anda akan baik-baik saja karena sejarah kredit Anda bersih. Namun penting juga untuk memahami lebih lanjut mengenai konsekuensi atau sanksi keterlembatan misalnya berapa denda yang harus dibayarkan ketika terlambat dan ataukan ada sanksi lain. Hal ini juga untuk menghindari adanya celah penipuan dari pihak perusahaan ataupun oknum tertentu yang mengambil keuntungan dari ketidaktahuan Anda.

  • Jaminan

Jika pinjaman yang Anda ajukan memerlukan adanya jaminan maka cermati lagi semua poin dalam perjanjian untuk menjamin keamanan aset Anda yang dijadikan jaminan.

Keuntungan yang biasanya di dapat ketika meminjam uang secara online adalah proses yang relatif cepat jika dibandingkan dengan sistem peminjaman dari lembaga keuangan lain. Selain itu Anda juga bisa mengatur jangka waktu peminjaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti contohnya tadi, kebutuhan Anda akan meningkat drastis pada dua bulan kedepan namun pada bulan ke tiga sudah kembali normal lagi, maka Anda bisa mengatur pembayaran sehingga pinjaman Anda bisa cepat lunas dan beban Anda juga berkurang.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.