Yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Pinjaman, Termasuk Dalam Melakukan Pinjaman Secara Online

·
3 menit
Cara Menghitung Bunga dan Biaya Pinjaman di Koperasi

Saat kita membutuhkan uang untuk kebutuhan yang tak terduga disaat keadaan keuangan kita ada dalam kondisi yang tidak baik, solusi terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan meminjam uang kepada kerabat, perusahaan tempat kita bekerja, bank, lembaga perorangan, baik secara langsung maupun online, atau lembaga keuangan lainnya. Jika Anda ada dalam posisi tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda melakukan pinjaman dana agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan pinjaman, berikut penjelasan singkatnya :

  1. Banyaknya Jumlah Pinjaman

Saat Anda mengajukan pinjaman dana kepada pihak pemberi pinjaman ada beberapa syarat yang mesti Anda penuhi. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya maka Anda diharuskan untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan. Biasanya pihak bank akan memeriksa kondisi keuangan Anda dengan melihat latar belakang keuangan Anda. Misalnya dengan memeriksa status pekerjaan, pendapatan yang Anda miliki hingga riwayat pinjaman Anda kepada pihak lain. Oleh karena itu Anda harus bisa mengukur kemampuan Anda sebelum menentukan jumlah pinjaman yang akan Anda ajukan. Sesuaikan jumlah pinjaman tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Serta pastikanlah Anda mampu mengembalikan pinjaman uang Anda sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut juga berlaku jika Anda melakukan pinjaman dari lembaga perorangan, baik secara langsung maupun online. Jangan sampai Anda meminjam uang dalam jumlah yang banyak namun Anda tidak mampu untuk mengembalikannya. Karena jika Anda mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar dan tidak mampu mengembalikannya, pihak pemberi pinjaman bisa mengenakan denda dan menuntut Anda untuk melunasi pinjaman yang Anda ajukan sampai ke jalur hukum.

  1. Jumlah Bunga Pinjaman

Sebelum melakukan pinjaman dana, sebaiknya Anda mempertimbangkan jumlah bunga yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman. Bunga pinjaman yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman tentu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu Anda perlu memilih kreditur yang memberikan bunga rendah pada pinjamannya. Besaran bunga pinjaman sangat berpengaruh terhadap angsuran yang harus Anda bayarkan nantinya. Anda juga harus memahami jenis bunga yang diberlakukan dan cara penghitungan bunganya, agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan Anda dalam membayar angsuran dan merencanakan startegi pembayaran angsuran dari jauh-jauh hari. Sebelum melakukan peminjaman Anda baiknya Anda meminta penjelasan tentang perhitungan besaran bunga secara rinci. Dalam hal ini Anda perlu memahami isi kesepakatan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak agar tidak terjadi kesalahpahaman. Janganlah tergiur dengan semua penawaran pemberi pinjaman yang mungkin akan merugikan Anda. Jika Anda meminjam uang dari pihak bank maka Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya lain yang mungkin diberlakukan, seperti biaya administrasi, penalti, atau potongan-potongan biaya lainnya.

  1. Usahakanlah untuk Melakukan Pinjaman Dana Kepada Pihak-Pihak yang Terpercaya dan Berpengalaman

Anda perlu berhati-hati dalam memilih kreditur atau pemberi pinjaman dana. Pastikan Anda mengajukan pinjaman kepada pihak-pihak yang terpercaya seperti lembaga perbankan, atau lembaga keuangan yang memiliki reputasi yang baik. Namun jika Anda ingin melakukan pinjaman melalui lembaga perorangan maka Anda perlu lebih berhati-hati lagi, apalagi jika lembaga perorangan tersebut menyediakan jasa pinjaman secara online. Di jaman yang serba teknologi ini banyak sekali pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan dengan menawarkan jasa pinjaman uang secara online. Sebelum melakukan pinjaman, Anda sebaiknya meneliti terlebih dahulu latar belakang lembaga tersebut dengan mengecek komentar atau testimoni yang diberikan oleh para peminjam yang pernah meminjam uang kepada lembaga tersebut. Selain itu Anda juga bisa memeriksa latar belakang lembaga tersebut dengan mengunjungi beberapa situs web terkait. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda terhindar dari penipuan pinjaman uang secara online yang kini marak terjadi.

Tiga hal diatas merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman dana. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka Anda pun bisa melakukan pinjaman secara aman pada kreditur yang tepat dan terpercaya hingga proses pengembalian pinjaman nantinya.

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih