Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 5 Ide Inovasi dalam Bisnis Hijab untuk Tingkatkan Omzet Usaha

5 Ide Inovasi dalam Bisnis Hijab untuk Tingkatkan Omzet Usaha

·
3 menit
inilah 5 inovasi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis hijab

Dalam menjalankan sebuah bisnis, para pemilik usaha wajib untuk terus melakukan inovasi terhadap produk dagangannya, tidak terkecuali dengan bisnis hijab.

Bisnis dengan produk hijab menjadi pilihan yang sangat tepat terlebih untuk pasaran lokal di negara kita sendiri.

Seperti kita tahu, Indonesia merupakan penduduk yang mayoritas muslim sehingga para pengguna hijab juga sangat banyak.

Nah, kalian para pelaku usaha harus siap menghadapi tantangan ketika para kompetitor melakukan bisnis yang sama. Dengan melakukan inovasi terus menerus agar tidak tergilas sehingga produk kita tetap menjadi pilihan para konsumen.

Lalu, apa saja ide untuk inovasi bisnis hijab yang bisa menjadi produk hijab tetap menarik hati para konsumen? Berikut penjelasannya!


Ide Inovasi Produk untuk Bisnis Hijab

Beberapa langkah untuk inovasi produk agar produk hijab semakin laris manis di pasaran, antara lain:

1. Memilih Bahan yang Tidak Mudah Kusut

Keragaman kain untuk membuat hijab ini menjadi salah satu tuntutan yang harus terpenuhi oleh pengusaha agar bisa memuaskan selera akan kebutuhan dari konsumen.

Pilih bahan yang tidak mudah kusut bisa menjadi salah satu faktor penting ketika akan memutuskan memilih bahan dasar kain. Ini bisa menjadi salah satu ide inovasi yang penting dalam mengembangkan bisnis hijab.

Seperti contoh nyata, mobilitas wanita berhijab tak membutuhkan waktu yang sebentar.

Bahkan kadang menuntut untuk menggunakannya dalam semua kegiatan, dengan menggunakan bahan kain yang tidak mudah kusut. Hal ini, bisa sangat membantu para hijabers tetap rapi dan stylish dalam setiap kegiatan dan aktivitasnya.

2. Bahan Kain Hijab Stretch

Pemilihan bahan kain yang tidak kaku atau stretch bisa menjadi salah satu ide inovasi produk untuk bisnis hijab. Jenis bahan yang mudah untuk memodifikasi menjadi model apapun menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Ide inovatif untuk menggunakan kain jenis stretch tentunya akan membuat pengguna lebih nyaman. Karena jenis kain hijab lebih lentur sehingga hijabers lebih mudah merapikan kembali jika memang memerlukan.

Jenis kain stretch pun biasanya memiliki karakteristik bahan yang lembut dan dingin jadi lebih membuat nyaman bagi para konsumen pengguna.

3.  Jahitan Hijab Rapi dan Menarik

Jahitan yang rapi dalam sebuah produk jualan terutama hijab merupakan faktor penting untuk menunjukkan kualitas produk jualan kamu. Buat jahitan kamu khas dan menarik bisa menjadi salah satu senjata pamungkas dalam memberikan inovasi bisnis hijabmu.

Inovasi bisnis hijab kamu bisa dengan menggunakan jenis benang yang berbeda dengan produk hijab yang biasa. Misalnya, untuk jahitan di bagian tepi hijab, gunakan warna benang yang berbeda dengan warna hijab sehingga membuatnya lebih unik.

Bisa juga dengan menggunakan benang wol untuk menjahit bagian tepi, jadi benang jahitan bisa terlihat, ini bisa menambah daya tarik produk hijab tersebut.

Jadi, hijab yang awalnya hanya polos saja menambah kesan ada motif atau hiasan tanpa harus menambah manik atau payet pada hijab.

Ini bisa menjadi salah satu solusi yang inovatif bagi pengusaha hijab untuk konsumennya yang menginginkan motif pada hijab namun tidak suka yang terlalu kentara atau mencolok. Ingin desain dengan motif yang simpel dan sederhana namun tetap chic dan stylish.

4. Label-label Variatif dan Unik

Salah satu daya tarik dalam memilih hijab adalah label produk yang menjadi ciri khas dari toko atau desainer hijab tersebut. Pengusaha bisa membuat inovasi baru dengan cara membuat label dengan desain yang menarik.

Misalnya, bisa dengan bordir yang menarik dan matching dengan warna hijab. Apabila desain hijab premium bisa dengan menggunakan plat logam untuk membuat label sehingga terlihat lebih eksklusif sehingga konsumen merasa lebih puas.

Dan yang tidak kalah penting dan masih jarang untuk menyelipkannya dalam hijab adalah label wash care. Mengapa penting?

Sebab berbeda jenis kain dalam mendesain hijab, berbeda pula maintenance-nya. memberikan petunjuk bisa dengan menggunakan bahasa yang unik tapi efektif sehingga bisa menambah daya tarik produk hijab jualan kamu.

5. Shading Warna Hijab Bervariasi

Warna hijab saat ini begitu beragam baik dengan pilihan polos atau menggunakan tambahan motif dan hiasan. Untuk yang tidak terlalu menyukai hiasan pada hijab, pengusaha hijab dapat melakukan inovasi lain pada produknya.

Memadukan beberapa warna yang hampir senada dalam satu jenis hijab bisa menambah kesan colorful pada hijab.

Memadukan warna ini bisa dengan teknik shading warna hijab dan membuatnya dengan banyak variasi.

Dengan shading warna pada hijab seperti ini, dengan satu jenis hijab, konsumen bisa mengaplikasikannya pada berbagai pakaian sebab warna yang ada di dalam hijab tersebut berwarna-warni, sehingga menjadi lebih ekonomis.


Inovasi Apa yang Sudah Kamu Terapkan pada Produk Hijabmu?

Itulah beberapa ide untuk inovasi produk hijab sebagai produk dagang kamu.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari ide agar tetap bisa bersaing dengan para kompetitor. Selamat mencoba!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​