3 Kompetisi Bisnis Lokal Yang Wajib Diikuti Calon Pengusaha – Jika Anda memiliki jiwa kompetisi yang tinggi, maka dunia wirausaha adalah tempat yang cocok. Hal ini karena di dalam dunia usaha, Anda sebagai pengusaha dituntut untuk selalu bersaing dengan para kompetitor.

Baik bisnis jasa atau barang, kompetisi memang tidak bisa dihindari. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti ajang kompetisi bisnis dimana pemenangnya akan mendapatkan banyak hal dimulai dari pemberian modal usaha, dikenalnya produk Anda sampai pada mendapatkan jaringan atau relasi bisnis.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali kompetisi bisnis yang diadakan tiap tahun oleh beberapa penyedia dan sponsor dimana kompetisi bisnis ini diadakan untuk memberikan apresiasi terhadap para pengusaha atau calon pengusaha yang memiliki ide, semangat, antusiasme serta cara yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Sekali lagi, kompetisi ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis serta jiwa kompetisi karena tidak semua pengusaha juga mau ikut dalam ajang-ajang kompetisi karena beberapa alasan. Berikut 3 kompetisi bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan;

3 Kompetisi Bisnis Lokal Yang Wajib Diikuti Calon Pengusaha

1. Diplomat Success Challenge

Kompetisi bisnis ini diadakan setiap tahun secara rutin. DSC merupakan kompetisi bisnis dengan total hadiah bahkan diklaim terbesar di Indonesia karena modal yang diberikan mencapai 2 milyar dimana hadiah tersebut merupakan hibah dan bukan pinjaman.

Program ini diprakarsai oleh Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation. Anda harus mengajukan proposal bisnis atau usaha Anda sehingga Anda akan diterima menjadi peserta. Tentu, sebelumnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Setelah itu, kompetisi akan dimulai. Penilaian akan dilakukan secara menyeluruh oleh para ahli dimulai dari menilai proposal Anda, hingga pada ide serta bagaimana ide tersebut diselesaikan.

Dengan total hadiah mencapai 2 milyar, tentunya ajang kompetisi ini akan diikuti oleh banyak peserta atau pengusaha lain. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengemas proposal Anda dengan baik, disampaikan dengan bahasa yang tepat serta percaya diri yang tidak berlebihan.

2. Wirausaha Muda Mandiri

Kompetisi bisnis ini sudah sering didengar dan diikuti oleh banyak pengusaha. Bank Mandiri terus membuktikan kepeduliannya terhadap para pengusaha muda yang kreatif dan inovatif. Anda juga bisa berpartisipasi di dalamnya.

Ada banyak manfaat dari mengikuti kompetisi ini selain tentunya hadiah utama berupa modal usaha. Anda akan mendapatkan berbagai pelatihan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan bersama para ahli.

Relasi bisnis, jaringan kerja dan lainnya juga bisa Anda dapatkan. Ilmu tentang dunia bisnis yang lebih besar dan lebih luas juga akan dikenalkan kepada Anda dan disampaikan oleh para ahli.

Ajang kompetisi ini lebih dari sekedar ajang kompetisi karena seluruh peserta akan menimba banyak ilmu. Bagi calon pengusaha atau pengusaha yang sedang meniti karir, ajang ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Beruntungnya, ajang ini juga diadakan setiap tahun. Akan ada media yang meliput sehingga produk atau perusahaan Anda juga akan semakin dikenal.

3. Java Business Competition

Kompetisi bisnis ini juga diklaim yang terbesar. JBC adalah event kompetisi bisnis nasional yang diselenggarakan oleh UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa oleh SEARCH Telkom University.

Untuk tahun 2016, tema yang diangkat adalah “Optimalization Young Technopreneurs with Local Wisdom to Face Global Economic Challenge”.

Ada lima rangkaian kegiatan yang diadakan di kompetisi ini yakni Seminar Nasional, Simulasi Bisnis, Call for Paper Competition, Debat Marketing dan E-Fest atau Entrepreneur Festival.

Tentu, Anda harus mempersiapkan dari sekarang jika Anda ingin mengikuti ajang bisnis diatas.

Anda harus update informasi dari setiap ajang bisnis yang akan Anda ikuti kemudian buat proposal bisnis atau persiapkan dulu bisnis jasa atau barang Anda dengan sempurna sehingga dalam penyusuan proposal bisnis Anda bisa mengungkapkan apa yang ingin Anda sampaikan di depan para juri. Anda juga membutuhkan cara untuk menulis proposal yang baik dan benar.

Dari proposal itulah penilaian awal terhadap Anda dan bisnis Anda akan dimulai.

Ingat, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti kompetisi bisnis baik yang bersifat lokal maupun internasional. Kerja keras dan terus perbaiki sistem serta kinerja usaha Anda sehingga akan mendapatkan nilai yang sempurna untuk memenangkan kompetisi tersebut. Selamat berjuang!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.