Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips dan Trik Memulai Bisnis Toko Buah

Tips dan Trik Memulai Bisnis Toko Buah

·
4 menit
Tips mulai usaha toko buah

Untuk memulai bisnis toko buah kamu harus hati-hati. Pasalnya bisnis buah yang buruk hanya akan membuat kamu merugi. Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin memulai bisnis toko buah.

Tips memilih supplier buah untuk toko kamu

Sangat penting bagi kamu untuk menawarkan buah yang sehat dan segar di toko buah kamu. Untuk mendapatkan buah yang sehat dan segar ini, maka pertama kamu harus mencari buah dari supplier yang hanya menjual buah segar pada toko kamu. Untuk mencari supplier yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan ini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:


  • Cari perkebunan terdekat

Memilih supplier buah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan karena supplier yang baik akan membantu memasok produk dengan kualitas. Makin berkualitas produk yang kamu miliki, maka makin banyak orang yang yakin dan akan mengandalkan toko buah kamu untuk mendapatkan buah yang berkualitas tinggi.

Nah salah satu cara untuk mendapatkan buah dengan kualitas tinggi dan segar kamu bisa ambil produk yang akan kamu beli dari perkebunan yang dekat dengan toko kamu. Mengambil buah dari perkebunan akan membantu kamu mendapatkan buah segar karena waktu distribusinya yang lebih singkat. Dengan waktu distribusi yang lebih singkat, maka buah menjadi lebih segar.

Bukan hanya lebih segar. Jika kamu mengambil buah langsung dari perkebunan, maka kamu juga bisa mendapatkan buah dengan harga yang lebih murah. Hal ini disebabkan karena buah diambil langsung dari petani dan tidak melalui banyak tangan. Hal ini membuat kamu bisa memberikan harga yang lebih murah juga untuk para konsumen kamu. Jika produk lebih murah dan lebih segar sudah pasti permintaan akan makin besar bukan?


  • Cari distributor dengan permintaan yang besar

Jika memang perkebunan jauh dari rumah atau tempat kamu membuat toko buah, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mencari distributor yang memiliki banyak permintaan. Sebuah distributor yang memiliki banyak permintaan menjamin kamu akan mendapatkan jaminan produk yang segar. Jika jasa distributor buah kamu banyak berhubungan dengan konsumen, maka produk akan lebih cepat berganti sehingga jaminan buah segar bisa kamu dapatkan.


Pilih lokasi yang tepat

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis toko buah, kamu harus tahu lokasi-lokasi usaha yang tepat untuk menjual buah kamu. Salah satu tempat yang paling cocok untuk membuka kios buah adalah dekat dengan rumah sakit. Ada banyak sekali orang yang membawa buah sebagai buah tangan saat akan berkunjung ke rumah sakit. Hal ini membuat lokasi dekat rumah sakit bisa jadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi karena beberapa waktu belakangan ini tidak banyak orang yang boleh masuk ke rumah sakit, kamu bisa jadikan tempat ini alternatif terakhir. Selain membuat bisnis dekat dengan rumah sakit, ada banyak lokasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis toko buah ini.

Tempat lain yang cocok untuk membuka toko buah adalah di dekat perumahan. Perumahan merupakan tempat yang sangat tepat untuk kamu membuka kios buah kamu. Dengan membuka kios buah di daerah perumahan, mereka yang ingin membeli buah bisa langsung datang ke kios kamu.


Buah yang bervariasi

Selanjutnya adalah mengenai pilihan buah yang kamu pasang di toko buah kamu. Pastikan kamu membuat toko buah kamu lebih berwarna dan lebih bervariasi dengan pilihan buah yang beragam. Jangan lupa sediakan buah yang paling populer seperti buah jeruk dan buah pir di toko kamu untuk menarik lebih banyak konsumen.

Pilihan buah yang bervariasi akan membuat konsumen kamu lebih puas dengan toko buah kamu. Jadi saat mereka membutuhkan buah-buahan, maka toko buah kamu akan menjadi toko buah pertama yang akan mereka pikirkan.

Jika kamu memang ingin membuat toko buah kamu memiliki pilihan buah yang lebih bervariasi, kamu harus tahu bagaimana menyimpan buah agar tetap segar. Untuk membantu menyimpan buah kamu agar tetap segar, kamu bisa dimak ulasan cara menyimpan buah ini di sub bisa kamu beli dengan harga selanjutnya.


Simpan buah dengan baik

Nah, sangat penting bagi kamu untuk tahu bagaimana cara menyimpan buah dengan baik. Menyimpan buah dengan cara yang tepat akan membuat buah kamu menjadi lebih sehari. Jika kamu ingin menyimpan buah dengan baik, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Membuat ruangan buah kamu lebih dingin

Membuka toko buah di tempat yang memiliki hawa cenderung panas akan lebih menguntungkan dari segi marketing. Akan tetapi kamu harus tahu juga bahwa hawa panas bisa membuat buah kamu cepat layu dan tidak segar. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan buah kamu di tempat yang sejuk.

Jika memasukkan seluruh buah ke dalam tempat pendingin adalah hal yang mustahil, maka kamu bisa mencoba membuat toko buah yang tertutup. Toko buah yang tertutup ini bisa kamu lengkapi dengan pendingin udara sehingga membuat buah kamu bisa lebih segar.

Membuat toko yang tertutup untuk toko buah kamu juga akan membantu buah kamu tetap terlihat bersih dan juga memberikan kesan toko buah yang lebih premium dan sehat. Hal ini akan membuat lebih banyak konsumen yang yakin dan memilih toko buah kamu untuk belanja buah.


  • Berikan perhatian khusus

Oh ya, ada beberapa buah tertentu yang umumnya memiliki perawatan yang lebih rumit untuk menjaga kesegarannya. Salah satu contohnya adalah buah yang tumbuh dari tanah dan memiliki kadar air yang tinggi seperti buah semangka dan juga melon. Jenis buah ini membutuhkan penyemprotan air secara berkala untuk bisa menjaga kesegarannya.


Memilih kualitas buah

Sangat penting bagi kamu untuk memilih buah yang memiliki kualitas tinggi jika ingin membuat sebuah toko buah. Untuk memilih buah yang akan kamu jual kembali ini, berikut ini adalah beberapa ulasannya.

  • Tentukan bagaimana proses penanaman tanaman buah, mengenai pupuk, pestisida dan juga mengenai cara panennya. Mengetahui kapan buah ini dipanen bisa membantu kamu untuk tahu bagaimana cara penyimpanan terbaik untuk buah kamu. Jika bisa pastikan buah baru dipetik agar konsumen kamu tidak ragu untuk beli buah dari toko kamu.
  • Sentuh dan perhatikan apakah buah masih dalam kondisi yang baik atau sudah terlalu empuk. Buah yang terlalu empuk merupakan salah satu indikasi buah dalam kondisi layu atau malah busuk.
  • Pelajari lebih banyak mengenai buah-buahan dan cara memilihnya. Hal ini disebabkan karena setiap buah memiliki karakter sendiri saat mereka sudah matang atau masih mentah. Apakah buah bisa matang di luar pohon dan hal penting lainnya.

Mengetahui hal-hal di atas adalah sesuatu hal yang esensial jika kamu ingin membuat bisnis kuliner dalam bentuk buah-buahan. Oleh karena itu, jangan lelah untuk belajar ya!

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​