Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Strategi Jitu Content Marketing Bisnis Sepatu yang Dapat Kamu Tiru

Strategi Jitu Content Marketing Bisnis Sepatu yang Dapat Kamu Tiru

·
4 menit
Strategi content marketing ini bisa kamu tiru dalam bisnis sepatumu untuk tingkatkan penjualan

Content marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan konten mulai dari produksi sampai distribusi.

Konten yang mereka berikan kepada audiens bukan sembarang konten yang bisa kamu buat begitu saja.

Penyampaian materi dalam konten tersebut harus relevan, penting, mempunyai nilai dan konsisten. 

Jika kamu ingin menggunakan content marketing bisnis sepatu, maka topik yang disampaikan tak akan jauh-jauh seputar sepatu atau jenis footwear lainnya.

Tujuan dari menyuguhkan konten tersebut adalah untuk menarik banyak pengunjung dan mengubahnya menjadi pembeli.


Aspek Penting Strategi Pemasaran Konten Bisnis Sepatu

Sebelum mulai menyusun strategi content marketing bisnis sepatu, kamu perlu tahu dulu aspek-aspek penting pemasaran konten sebagai berikut:

1. Target Audiens

Menetapkan target audiens merupakan hal penting dalam strategi pemasaran konten agar konten yang kamu sampaikan nantinya akan lebih fokus, tertarget serta tidak membingungkan.

Semisal kamu menjual produk sepatu perempuan, maka target pembaca adalah perempuan dari berbagai rentang usia (remaja, dewasa), profesi, maupun persona lainnya. 

Meski tertarget, karakter pembaca yang akan kamu sasar tetap punya karakter beragam.

Maka dari itu, mendistribusikan berbagai jenis konten lewat berbagai macam media bisa jadi salah satu cara untuk menjangkau audiens, asalkan konten yang kamu distribusikan tetap relevan dengan produk sepatu kamu.

2. Masalah Target Audiens

Ketika orang-orang sedang dilanda masalah, maka mereka akan berusaha untuk mencari solusi melalui berbagai cara.

Adanya produk atau jasa sejatinya adalah bentuk solusi dari beragam masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Jadi, pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan adalah bentuk solusi yang selama ini dicari oleh konsumen dan calon konsumenmu.

Agar para pembaca tahu jika produk kamu dapat menjawab masalah mereka, maka sampaikan secara jelas dan menarik melalui konten sebagai salah satu bentuk pemasarannya.

Dalam strategi content marketing bisnis sepatu, jadikan konten sebagai media untuk mengedukasi, mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah, hingga menawarkan solusi dengan produk yang kamu jual kepada audiens dan buat mereka tertarik untuk membelinya.

Penyampaian konten yang menarik, menggugah dan dapat menjawab masalah mereka dapat kamu lakukan jika kamu berhasil memahami masalah dari target audiens.

3. Bentuk Konten

Bentuk konten saat ini sudah sangat variatif keberadaannya mulai dari dalam bentuk gambar, video, aplikasi, audio (podcast), tulisan (artikel), dan sebagainya.

Tentukan bentuk atau jenis konten yang akan kamu sampaikan sesuai dengan tipe audiens dan tipe bisnis kamu.

4. Distribusi Konten

Ada beberapa cara dalam mendistribusikan konten kepada target pasar kamu bisa melalui platform serupa Youtube, sosial media dalam bentuk feeds,  sampai melalui email marketing.

Untuk content marketing bisnis sepatu, kamu dapat menggunakan kanal media sosial sebagai media untuk distribusi konten dalam bentuk feeds gambar, infografik, atau video singkat.

5. Partisipasi terhadap Konten

Setelah konten kamu sudah terunggah, aspek penting selanjutnya adalah perlu adanya keaktifan para audiens untuk turut serta berpartisipasi dalam meramaikan konten milikmu.

Bentuk partisipasi dalam content marketing bisnis sepatu yang diharapkan antara lain seperti memberikan komentar pada suatu konten, menyebarkan konten, memberi review, memberikan rating, dan bentuk partisipasi aktif lainnya.

Untuk mengundang partisipasi audiens, kamu perlu juga terlibat aktif dalam menanggapi pembaca dan buat mereka merasa dibutuhkan  dan didengarkan.

Tak lupa, buat konten sebaik dan seatraktif mungkin agar pembaca tergiur untuk membaca, mengikuti sampai akhir, sampai memberi respon terhadap konten kamu.

6. Tonjolkan Keunggulan Produk Milikmu

Setiap usaha yang kamu dirikan pasti tak lepas dengan adanya kompetitor yang akan jadi saingan kamu di pasaran, tak ketinggalan juga dengan bisnis sepatu yang sudah banyak tersebar dimana-mana.

Kebanyakan kompetitor kamu juga menawarkan produk serupa, target pasar serupa atau bahkan lokasi yang hampir berdekatan.

Jika sudah demikian, jangan sampai keseluruhan strategi kamu harus sama dengan strategi mereka. 

Tetapkan keunggulan unik dari produk dan dalam content marketing bisnis sepatu kamu yang sekiranya tidak dimiliki oleh para kompetitor usaha kamu.

Keunikan inilah yang akan menarik minat masyarakat untuk datang dan menjadi konsumen di toko sepatu milikmu.

Pastikan konten kamu menyampaikan keunggulan produkmu secara jelas dan dibuat dengan unik sesuai tren dan tetap relevan dengan keadaan pembaca akhir-akhir ini.


Langkah Strategi Content Marketing Bisnis Sepatu Kamu

Strategi pemasaran konten dapat membantu pemilik usaha mendapatkan banyak traffic sampai dengan leads secara efektif.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, langkah selanjutnya adalah memahami aspek-aspek strategi content marketing diatas dan merencanakan langkah strategi selanjutnya yakni sebagai berikut:

1. Tetapkan Tujuan

Apa yang sebenarnya kamu inginkan dari penerapan content marketing untuk bisnis sepatu kamu?

Jawabannya tergantung dengan tujuan bisnis kamu.

Jika kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka kamu sudah punya gambaran kemana bisnis sepatu kamu akan melangkah.

Namun, jika belum, tidaklah mengapa.

Gali dan cari tahu apa yang kamu mau terhadap bisnis sepatumu.

Contohnya kamu ingin agar tokomu banyak dikenali masyarakat, banyak memiliki pelanggan, bisa bersaing dengan berbagai kompetitor atau tujuan-tujuan lainnya.

2. Identifikasi Target Pasar 

Melakukan identifikasi karakter calon pembeli, konsumen atau audiens yang ingin kamu sasar berguna untuk mengenal dan memahami audiens sebagai informasi yang berguna dalam eksekusi strategi content marketing bisnis sepatu kamu.

Informasi berharga terkait audiens juga perlu kamu perbarui setiap rentang waktu tertentu agar konten yang kamu sampaikan bisa selalu relevan dan mengena dengan keadaan audiens saat ini.

Sebagaimana prinsip ‘tak kenal maka tak sayang’, maka kenali lah audiens kamu agar produk sepatu makin disayang.

3. Tetapkan Medium Distribusi Konten

Tentukan platform yang tepat untuk content marketing bisnis sepatu milikmu sesuai dengan karakter target audience produkmu.

Pemasaran konten dapat kamu lakukan di platform media sosial, blog, video marketing, email marketing, atau wadah-wadah lainnya.

4. Produksi dan Penerbitan Konten

Langkah pertama dalam memproduksi suatu konten adalah brainstorming ide.

Setelah seluruh ide konten tertuangkan, maka pilih yang paling menarik dan relevan dengan target audiens, lalu eksekusi sesuai bentuk konten yang telah kamu tetapkan.

Setelah tahap produksi konten selesai, langkah content marketing bisnis sepatu selanjutnya adalah penerbitan atau pengunggahan konten.

Sebelum kamu unggah, kamu harus sudah menyiapkan kalender konten agar memudahkan jadwal terbit kedepannya.

Kalender konten perlu ada sebagai acuan agar konten dapat didistribusikan secara rutin dan tetap terjadwal.

Selain itu, fungsi lainnya adalah agar tim bisnis sepatu kamu konsisten melakukan content marketing agar tujuan bisnis kamu dapat segera tercapai.

5. Evaluasi Konten

Setelah konten terbit, apakah strategi content marketing bisnis sepatu berhenti sampai disitu saja?

Tentu tidak.

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu melakukan audit konten lama sebagai bahan evaluasi untuk konten-konten kedepannya.


Orang-orang dibalik suksesnya strategi pemasaran melalui konten selalu mengamati, update, dan bereksperimen agar bisnis mereka selalu bisa melangkah ke depan.

Pemilik bisnis sepatu seperti kamu juga bisa belajar teknik atau strategi pemasaran konten milik badan usaha lain.

Salah satu contoh strategi yang bisa kamu tiru datang dari produsen sepatu, pakaian dan alat olahraga besar, Nike.

Nike berusaha memberikan layanan dan aktif membangun interaksi positif kepada pelanggan melalui salah satu media sosial secara interaktif, ramah, dan menyenangkan.

Mereka bahkan membuat tiga akun secara terpisah dan punya tujuan yang berbeda-beda.

Hal ini tentu agar konten yang berikan lebih bisa terfokus dan tidak menjalar kemana-mana.

Wah, bisa nih kamu terapkan dalam content marketing bisnis sepatu kamu!

 

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​